Malang Menyapa : Tempat Wisata dan Berita Terbaru

PEMKOT Malang mengembangkan aplikasi berbasis Android bernama Malang Menyapa. Aplikasi untuk memperkenalkan pariwisata, yang meliputi tempat wisata, promo paket wisata, dan berita terbaru dari Kota Malang.

Aplikasi yang sudah tersedia secara gratis di Google Play Store, dan terus dikembangkan kontennya. Setidaknya, berisi tujuh fitur seperti destinasi, belanja, hotel, makanan, travel, oleh-oleh, dan hiburan.

Rencananya, pengelola usaha pariwisata di Kota Malang, boleh bebas melakukan promosi di aplikasi itu. Tinggal mendaftar dan membubuhkan konten. Gratis tis.

Tapi, pengguna yang mendaftar harus mencantumkan alamat lengkap lokasi usaha dan terdeteksi di aplikasi Google Maps. Hal itu untuk mengarahkan wisatawan jika tertarik mengunjungi lokasi usahanya.

Tidak hanya itu, di dalam aplikasi itu juga terdapat fitur kalender event. Fitur itu untuk mengabarkan kepada semua wisatawan terkait event-event wisata yang akan berlangsung di kota Malang.

Pemerintah Kota Malang juga sudah mengembangkan SMS yang secara otomatis akan terkirim kepada ponsel wisatawan yang baru saja menginjakkan kaki di Malang.

Bukan hanya Malang Menyapa, ada Roy, si pembuat aplikasi, “Jelajah Malang Raya’ sejak 2012. Saat itu, pria kelahiran 1966 ini aktif mempublikasikan informasi wisata Malang Raya melalui Tourism Information Magazine (TIM).

Dia beralih ke website. Ternyata respons sangat positif, karena website lebih dinamis dan bisa diakses kapanpun dan di manapun. Berbeda dengan majalah atau media cetak.

Akhir 2015, Roy mulai mengumpulkan data-data untuk pembuatannya. Pada akhir Maret 2016, aplikasi pertama ini rilis. Sekarang sudah update dan dapat digunakan di OS Android N.

Fitur aplikasi itu cukup lengkap, berbagai informasi terupdate seputar objek wisata di Malang Raya, mulai wilayah timur, barat, selatan, utara dan tengah, semua tersedia. Ada juga info kuliner khas Malang, akomodasi, suvenir, berita dan nomor telepon penting.

Cara kerjanya sangat mudah. Kamu, gaes, cukup memilih lokasi wisata yang dituju. Kemudian aplikasi secara otomatis akan membuka Google GPS yang langsung menunjuk arah jalan dari lokasi pengguna ke lokasi tujuan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga disertai informasi berita terkini. (*)

Tinggalkan Balasan