Cara Menuju Cappadocia untuk Menikmati Atraksi Naik Balon Udara

Untuk informasi tambahan mengenai lokasi dan moda transportasinya. Kota
Cappadocia berada di kawasan pusat Anatolia, masuk Provinsi Nevsehir. Sangat dekat dengan Kayseri, dekat dengan Stasiun Kereta Kayseri. Lokasi Terminal Bus Kayseri hanya 8 km dari stasiun kereta itu.

Nevsehir itu jaraknya 70 km dari Cappadocia. Ada bus yang setiap jam melayani rute Nevsheri-Cappadocia sementara itu, untuk transportasi antara Cappadocia dengan kota terdekat, ada pilihan minibus, yang beroperasi sepanjang hari. Kota-kota itu antara lain Urgup, Goreme, Ihlara Valley, Uchisar, Avanos dan Zelve.

Berapa lama sebaiknya saya berada di di Cappadocia? Kalau benar-benar ingin menuntaskan menikmatik kecantikan tempat ini, waktu 2-3 hari sangat disarankan. Bukan hanya naik balon udara tapi dapat mengeksplorasi lainnya, seperti hiking, rumah batu, gua, museum, naik kuda dan sebagainya.

Waktu terbaik berkunjung ke Cappadocia adalah di bulan paling ramai (peak season), antara Juli dan Agustus. Suhu sangat bersahabat, 32 derajat, agak dingin, dengan pemandangan yang cerah. Siapkan saja budget untuk penginapan, akomodasi, dan menikmati transaksi.

Kalau kata warga setempat sih, selama Maret-Mei (musim semi) dan Oktober-November (musim gugur) adalah yang paling ideal, karena suhunya nyaman dan tidak terlalu ramai.

Dari sejumlah sumber, admin mo-trans memperkirakan, biaya hidup selama seminggu di Cappadocia kurang lebih menghabiskan $106 untuk satu orang ya gaes. Kalau dua orang, bisa $212 selama seminggu, dan untuk dua minggu, $423 per dua orang.

Biaya naik balon udara di Cappadocia berkisar antara $140 hingga $250 (€125 – €220) per orang ya. Tapi, coba cek lagi, kalau dari Indonesia, mungkin bersedia mengecek di sini. Harga mungkin lebih kompetitif.

Apa saja yang dapat saya eksplorasi selama di Cappadocia?
1. Underground Cities di Kaymakli
2. Goreme Open Air Museum
3. Pasabag (Monks Valley)
4. Devrent Valley
5. Pottery and Ceramics Shop di Avanos
6. Tinggal di Cave Hotel
7. Horse Riding
8. Turkish Night

Data dan Fakta Cappadocia
Bahasa : Turki, sebagian lain Kurdi, beberapa warga menguasi bahasa Inggris.
Waktu : Selisih 4 jam lebih cepat dari Indonesia
Mata uang : Lira Turki (TRY), kalau TRY100 = $26.4
Pembayaran : sebagian besar tunai.

Saran Tempat Menginap
Kamu bisa tinggal di daerah Goreme, Urgup, Avanos, Nevsehir, Uchisar, Ortahisar, dan Cavusin. Paling ideal ya di Göreme, karena tersedia banyak pilihan akomodasi, restoran dan toko. Pengelola penginapan terutama di Goreme dan Urgup minta dibayar pake mata uang euro.

Harga kamar semalam, untuk Bunk Bed: €7-8, sedangkan Budget Twin/Double Room: €12-35 (tergantung tipe kamar dan lokasi penginapannya ya). Beberapa teman admin mo-trans merekomendasikan Historical Goreme, yang harganya €25 per malam.

Rekomendasi penginapan lainnya. (Maaf, admin mo-trans menggunakan Agoda untuk mengeceknya).
1. Anatoliacave Pension
2. Homestay Cave Hostel
3. Agarta Cave Hotel
4. Feel Cappadocia Stone House
5. Caftan Cave Suites
6. Cappadocia sightseeing Hotel

Bagaimana cara saya menjelajah Cappadocia?
Tidak seperti di Bali atau Yogyakarta, kawasan Cappadocia itu luas dan jarang penduduk. Pilihan transportasi umumnya sangat terbatas. Seorang teman backpacer menyebutkan, kalau lagi sepi, jarang sekali terlihat bus atau taksi. Warga setempat mengendarai mobil mereka sendiri, dan jumlahnya tidak banyak.

Sewa kendaraan (perusahaan car rental) di Cappadocia, beberapa bermarkas di bandara. Yang terkenal, EuropCar dan SIXT, yang menawarkan pinjaman kendaraan dengan biaya €35 per hari. Mobilnya, Renault Symbol (isi 5 penumpang). Kalau, pengelola lokal, dengan mobil sama, harganya €20.

Situasi ini, sedikit banyak, ‘memaksa’ para traveller harus ikut grup tur. Ya, itu pilihan yang paling masuk akal untuk menjelajah Cappadocia. Kecuali, kamu mau mengendarai mobil sendiri. Beberapa spot destinasi terbaik, tersebar berjauhan. Sehari paling dapat menikmati 5 atau 6 tempat.

Tinggalkan Balasan