Ini Cara Memilih Moda Transportasi di Maroko

KERAJAAN Maroko adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik. Secara geografis, memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal.

Maroko telah memikat banyak seniman dan penulis selama beberapa dekade dan terus memikat banyak turis. Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai keemasan di kota-kota tepi laut seperti Essaouira dan Asilah hingga pemandangan gersang yang indah di gurun Sahara.

Waktu penerbangan rata-rata antara Indonesia dan Rabat (ibu kota Maroko), adalah 21 jam 20 menit. Ini dihitung berdasarkan perjalanan yang berangkat dari Jakarta. Biaya hidup di Maroko (mata uang dirham) adalah 1:23 kali lebih murah ketimbang Jakarta.

Bagaimana dengan moda transportasi di Maroko? Seorang teman membagikan pengalamannya ketika menjelajahi rute Casablanca-Marrakech-Chefchaouen-Fez pada Juni 2013. Dia mengaku ke Maroko tanpa informasi sama sekali, tidak ada kenalan dan berangkat tanpa ada uang dirham.

Teman ini memperoleh semua informasi transportasi dari bertanya langsung di jalan dan mempertimbangkan jawaban terbaik dari berbagai sumber (saran dari staf bus station beda dengan saran staff train station, beda lagi dengan saran tourist information dan beda saran dari God’s envoy : Oom Google).

Dari pengalaman itu, beliau membagikan tips untuk yang baru ke Maroko, terutama melakukan update informasi di bawah ini.

Cara jitu bagi female travelers untuk tanya ke orang di Maroko. Cari gadis yang kelihatan berpendidikan.

  • Biasanya mereka bisa bahasa Inggris (tak hanya Prancis), dan jarang gadis-gadis itu cari kesempatan mengantar dengan minta bayaran.
  • Anak-anak di tourist destinations biasanya suka mengerubuti dan memaksa mengantar dengan minta bayaran.
  • Cukup bilang “No pay!” ke mereka, dijamin ampuhnya seperti mosquito repellant : mereka langsung menghilang tak berbekas.

Selama di Maroko, karena pernah mendapat pengalaman pahit diperas di dalam taksi di Indonesia dan Vietnam, sebagai solo female traveler, beliau merasa dan memilih lebih aman menggunakan bus daripada taksi.

Memang, di beberapa tempat terpaksa naik taksi patungan dengan backpacker lain atau penduduk lokal, karena tidak ada bus yang melayani rute itu. Prinsip beliau: saya menghindari sendirian di dalam taksi, apalagi malam hari. Big no no!

Rute Casablanca-Marrakech
Untuk ke Marrakech, satu-satunya moda transportasi adalah kereta api di Casablanca Airport ke Casa Voyagers, lalu beli tiket keretanya di Casa Voyager ke Marrakech.
Casablanca-Casa Voyagers : 40 dirham, durasi 30 menit.
Casa Voyager-Marrakech: 120 dirham, 6 jam perjalanan.

Marrakech Train Station-Medina Jma al Fna: naik bus nomor 6, 8, 10, harga tiket 4 dirham. Tidak ada halte di Marrakech, jadi keluar dari stasiun kereta via pintu utama lalu menyeberang, jalan lurus hingga ketemu McDonald.

Di seberang, McDonald, biasanya ada orang-orang berkumpul. Nah, di situlah haltenya. Kalau tidak ada orang yang kumpul-kumpul, ya berarti lagi tidak ada orang yang hendak naik bus. Jangan ragu tanya orang.

Rute Marrakech – Chef Chaouen
Naik night train (kereta malam) ke Tangier. Berangkat pukul 21.15 dan tiba pukul 07.00. Harga tiketnya 350 dirham. Bed cushion-nya lebih empuk daripada night train Dusseldorf (Jerman)-Vienna (Austria).

Dari Tangier naik bus CTM ke Chef Chaouen, tiket 70dh. Ada beberapa waktu keberangkatan, waktu keberangkatan terpagi dari Tangier ke Chef Chaouen pk 08.00. Lama perjalanan 4 jam. Dari Chef Chaouen bus station ke Medina : (petite) taksi seharga 10 dirham.

Rute Chef Chaouen-Fez
Naik bus CTM, tiket 70 dirham, durasi 5 jam perjalanan. Waktu keberangkatan: 13.00, 15.00, 18.00. Tolong dicek lagi ya, sepertinya ada informasi tertera di tempat pembelian tiket, ada yang berangkat jam 10.00.

Tapi info dari staf di station tidak memberikan data pukul 10.00. Jadi, nanti ditanya aja begitu sampai di stasiun bis Chef Chaouen.

Fez Bus Station-Medina: petite taxi 50 dirham. Bisa saweran dengan backpacker lain yang memiliki tujuan sama. (Coba cek lagi, mungkin ada alternatif transportasi, seperti bus).

Fez Medina-Fes Sais Airport: Petite taxi 120 dirham atau City Bus ke perempatan terdekat train station, lama perjalanan 20 menit, tiket 4 dirham. Jalan saja ke train station kurang lebih 1 km.

Dari train station naik bus nomor 16 ke airport, lama perjalanan 30 menit. Kemungkinan harga tiket 4-20 dirham. Tapi bus ini suka ngaret datangnya, jadi siapkan uang sekitar 120 dirham ke airport dengan petite taxi seandainya bus ngaret.

Patungan saja dengan orang-orang yang bertujuan sama. Usahakan dengan orang lokal supaya dapat harga murah. Kalau patungan dengan turis lain akan dinaikkan harganya oleh sopir taksi.

Teman mo-trans ini saat itu, terpaksa naik petite taxi karena bus datang telat, dan patungan dengan sekelompok (5 orang) bapak-bapak lokal yang akan tugas keluar negeri. Setiap orang cukup bayar 10 dirham. (*)

Tinggalkan Balasan