Bike Sharing di Monas Jakarta, Gratis Dulu Sebelum Berbayar

MAKIN mudah berkeliling atau mengelilingi Monas gaes. Tak perlu lagi, kaki sampe gempor, dan menambah anggaran pijat begitu tiba di rumah. UNIT Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Unit Pengelola Jakarta Smart City menggandeng aplikasi GOWES menyediakan layanan peminjangan sepeda berbasis aplikasi daring (online) di kawasan Monas.

Sebanyak 100 unit sepeda berwarna kuning siap dipakai. Saat ini, posisi sepeda tersebar di tujuh titik kompleks Monas. Sepeda diparkir di lokasi yang diberi garis kuning. Masing-masing lokasi mempunyai jumlah sepeda yang bervariasi. Ukuran sepedanya bervariasi, dari yang berjok rendah untuk anak-anak, hingga jok agak tinggi untuk orang dewasa.

Untuk dapat menikmati sepeda yang sementara masih gratis ini gaes, kamu cukup mengunduh aplikasi Gowes yang besarnya 25 MB. Longgarkan memori internal di ponselmu ya. Masuklah ke Playstore atau AppStore. Setelah mengunduh, lakukan registrasi akun dengan melengkapi data diri, termasuk nomor ponsel.

Lewat aplikasi Gowes, kamu bisa menemukan lokasi sepeda Gowes (Bike Sharing) di area Monas. Untuk sementara, hingga awal Agustus 2018. Begitu mendapatkan lokasi dan sepedanya, pindai QR Code untuk membuka kunci sepeda. Setelah berhasil, sepeda bisa digunakan di dalam area Monas, tanpa ada batas waktu dan biaya.

Ingat gaes, hanya di dalam area Monas. Kalau melewati batas, sepeda yang dilengkapi alarm, GPS dan sistem lock itu, alarmnya secara otomatis akan menjerit. Jadi, putar-putarlah di area yang diminta saja. Jangan kebablasan dibawa pulang. Setelah mengendarai, kamu harus mengembalikan sepeda ke area parkir (tidak harus di pos yang sama), dan kunci secara manual.

“Niatnya emang mau nyobain sepeda yang ada di Monas, tapi agak susah buat unlock sepedanya karena pas discan barcodenya stuck di 80% dan harus dicoba berkali-kali, baru bisa,” kata Faisal dalam cuitan di twitternya.

Menurut info yang diterima mo-trans, keberadaan Bike Sharing ini sudah ada di Bali dan Perumahan Bintaro. Untuk di Monas masih uji coba hingga 3 bulan mendatang. Sepeda gowes dapat disewa setiap hari dari pukul 07.00-24.00 WIB di area Monas.

Pogram sepeda gratis ini buat 3 bulan, setelahnya rencananya berbayar dan bakal diperlebar ke berbagai titik di Jakarta. Jadi, gaes. cobain Bike Sharing ini. Recommended buat olahraga dan keliling Monas sepuasnya. (*)

Cara Meminjam Bike Sharing
1. Download aplikasi
2. Daftar dan buat akun
3. Cari sepeda
4. Pindai QR Code
5. Jangan lupa kembalikan sepeda

Tinggalkan Balasan