Ini Ketentuan Resmi Bagasi Berbayar Citilink

MASKAPAI Citilink Indonesia tidak memberikan Free Baggage Allowance (FBA) dan menerapkan kebijakan bagasi berbayar untuk penumpang Citilink dengan Tiket Data of Issued (DOI) dan Date of Travel (DOT) mulai 8 Februari 2019.

FBA hanya diberikan untuk bagasi kabin sebesar 7 kg, dengan ketentuan dimensi Panjang : 56 cm Tinggi : 36 cm dan Lebar : 23 cm, dan barang tambahan yang berupa laptop, mantel/selimut. tongkat jalan, kamera kecil dan teropong, dan tas tangan (pria/wanita)/

Untuk tiket Citilink dengan DOI sebelum 8 Februari 2019, dengan DOT kapanpun mengikuti kebijakan bagasi sebelumnya, dengan tetap mendapatkan FBA sebesar 20 kg untuk bagasi tercatat dan 7 kg untuk bagasi kabin.

Bagasi berbayar berlaku untuk seluruh penerbangan rute domestik Citilink. Untuk pembelian paket bagasi dapat dilakukan di sistem B2B travel agent pada saat reservasi, atau sesudahnya melalui menu modify, dengan harga yang lebih murah 40% dibandingkan harga pembelia bagasi di check in counter.

Pembelian paket bagasi di sistem B2B travel agent dapat dilakukan maksimal 4 jam sebelum jam keberangkatan penerbangan. Setiap penumpang hanya dapat memilih paket bagasi satu kali dalam setiap paket bagasinya.

Paket yang ditawarkan kepada penumpang, yaitu mulai dari 5 kg, 10 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg. Harga paket bagasi berbeda-beda untuk setiap rutenya, tergantung dari lama waktu penerbangan pesawat di rute itu.

Kalau bagasi yang dibawa terdapat kelebihan berat dari paket bagasi yang sudah dibeli, maka penumpang wajib membayarkan kelebihan bagasi per kg, sesuai dengan tarif yang berlaku di check ini counter.

Jika terdapat sisa penggunaan dalam pembelian paket bagasi yang dilakukan penumpang, maka sisa penggunaan itu tidak dapat dilakukan refund, dengan alasan apapun.

Paket bagasi hanya bisa direfund bersamaan dengan refund tiket dan selama penumpang belum menggunakan manfaat dari bundling itu, dan status tiket belum no show. Proses pengurusan refund dapat melalui website refund travel agent di https://refund.co.id.

Paket bagasi tidak boleh untuk penggunaan bagasi alat olahraga seperti sepeda, peralatan golf, peralatan diving, papan selancar, dan peralatan paralayang. Bagasi berupa peralatan-peralatan itu (selain Citisport member) akan dikenakan biaya bagasi khusus alat olahraga (sport equipment).

Pembukuan group melalui groupdesk Citilink yang telah melakukan pembayaran sebelum 8 Februari 2019, mengikuti kebijakan bagasi sebelumnya, dengan tetap mendapatkan Free Baggage Allowance (FBA) sebesar 20 kg untuk bagasi tercatat dan 7 kg untuk bagasi kabin.

Pembukuan group melalui groupdesk Citilink yang melakukan pembayaran deposit pada 8 Februari 2019, atau sesudahnya, mengikuti kebijakan bagasi berbayar.

Untuk penerbangan rute internasional, Citilink tetap memberikan FBA bagasi kabin sebesr 7 kg dan bagasi tercatat sebesar 10 kg. (*)

 

Tinggalkan Balasan