Inilah Aturan Resmi Bagasi Lion Air dan Wings Air

MASKAPAI Lion Air (kode penerbangan JT) dan Wings Air (IW) memberlakukan kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis atau cuma-cuma (free baggage allowance) efektif per 8 Januari 2018 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Free Baggage Allowance (FBA) adalah kuota bagasi dengan jumlah tertentu yang diberikan kepada penumpang pesawat terbang, sesuai golongan maskapai. Konsep untuk bagasi cuma-cuma adalah konsep potong (piece concept), dengan memberikan kuota bagasi secara cuma-cuma berdasarkan banyaknya piece tertentu yang dibawa.

Ada yang menganut konsep berat (weight concept), yakni memberikan kuota bagasi secara cuma-cuma berdasarkan berat bagasi tertentu. Konsep lainnya, merupakan gabungan dari potong dan berat (piece and weight concept). Kuota bagasi cuma-cuma yang diberikan berdasarkan perbandingan berat dan piece.

Free Baggage Allowance untuk maskapai pada Lion Group memilih konsep yang terakhir. Perusahaan ini menggabungkan konsep berat dan item yang dibawa oleh si penumpang. Nah, rinciannya kurang lebih seperti di bawah ini :

  • Kode Penerbangan JT : Kelas Ekonomi : 0 kg (rute domestik) dan 20 kg free untuk rute internasional.
  • Kode Penerbangan IW : Kelas Ekonomi : 0 kg (rute domestik) dan 10 kg free untuk rute internasional.
  • Kode Penerbangan ID : Kelas Bisnis : 30 kg free untuk rute domestik dan internasional, Kelas Ekonomi : 20 kg free untuk rute domestik dan internasional.
  • Kode Penerbangan SL : Kelas Ekonomi berdasarkan sistem yang ada baik untuk rute domestik dan internasional.
  • Kode Penerbangan OD : Kelas Bisnis dan Ekonomi berdasarkan sistem yang ada, baik untuk rute domestik maupun internasional.

FBA hanya diberikan sejumlah aktual penumpang yang berangkat. Contoh : Stretcher – Batik Air (ID) hanya FBA untuk 1 (satu) orang. Rute transit interline mengacu kepada bagasi cuma-cuma terbesar (kode penerbangan OD) setelah dibandingkan antara dua atau lebih maskapai yang digunakan.

Contoh :
1 ID 6886 C 15DEC UPGKNO 0630 1150 (FBA 30 KG)
2 IW1260 X 15DEC KNOGNS 1425 1525 (FBA 0 KG)
Maka, FBA yang diperoleh penumpang adalah 30 kg untuk UPG-KNO-GNS.

Pembayaran bagasi untuk semua sektor dilakukan di station origin. Perhatikan ketentuan special baggage (di luar FBA) untuk JT, IW, ID & SL. Timbangan bagasi dengan berat 0,1kg s/d 0,4 kg dibulatkan ke bawah, sedangkan berat 0,5kg s/d 0,9 kg dibulatkan ke atas. Pooled baggage diperbolehkan selama masih dalam satu penerbangan (PNR).

Contoh: Dalam 1 penerbangan terdiri dari 3 penumpang. A= membawa 10 kg, B=15 kg, C=20 kg. Penginputan digabung atas nama penumpang A (10+15+20).

Untuk alur pembayaran bagasi yakni, bagasi penumpang akan ditimbang lebih dulu oleh staff check-in counter. Petugas mengecek keberadaan Prepaid baggage, jika berat bagasi melebihi baggage allowance, menginformasikan jumlah kelebihan bagasi kepada calon penumpang dan staff check-in counter menambahkan ancillary ‘excess baggage’.

Konfirmasi kembali ke calon penumpang sebelum issued EMD dan memeriksa keaslian uang yang diterima. Issued EMD dan periksa kembali status ancillary pada sistem, ancillary yang sudah terbayarkan berstatus HI (fulfilled).

Ketentuan Remove Bagtag, menggunakan form yang sudah disediakan dengan mengisi data dan reason (alasan) yang diperlukan beserta tanda tangan Supervisor on duty dan KK/ Asmen sebagai bentuk persetujuan. Form tersebut diserahkan paling lambat 2×24 jam setelah STD. Penyerahan form melewati batas yang di tentukan, maka akan diberikan sanksi tegas oleh manajemen.

Lion Group juga memberikan catatan untuk Special Baggage, dengan menyesuaikan jenis barangnya dan tipe maskapainya (kode penerbangan), termasuk syarat dan ketentuannya. Misalnya, air zam-zam (JT, IW, ID), free 15 kg, untuk rute JED-CGK dan rute lanjutan dalam satu penerbangan.

Baby Trolley, Wheel Chair (JT, IW, ID), free 1 piece untuk penumpang yang menggunakannya. Harus gunakan SSR, jika tidak ada bayi atau orang yang sakit, maka termasuk FBA. Live Animal (AVI) hanya untuk JT saja yang rute domestik. Free 1 piece yang penumpang yang menggunakan. Minimal yang dibayarkan 5 kg, selebihnya sesuai berat.

Untuk jenis barang bagasi kabin (JT, IW, ID, SL, OD), satu tas kabin dan satu item personal. Satu tas jinjing beratnya tidak melebihi 7 kg, dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm, dan satu personal item (tas laptop, perlengkapan bayi, bahan bacaan, tas jinjing wanita, binocular).

Rush tag (JT, IW, ID, SL, OD), hanya untuk mishandle baggage, lost & found and company mail/material. sedangkan untuk Sport Equipment (JT, IW, ID, SL, OD), hanya boleh satu item saja pula. (*)

Tinggalkan Balasan