Murah dan Nyaman Naik Songthaew

SONGTHAEW berarti dua baris adalah kendaraan penumpang di Thailand dan Laos, yang merupakan modifikasi dari pikap atau truk dan berfungsi sebagai taksi. Kendaraan ini punya atap dari terpal di bagian belakang.

Tempat duduk tersedia, bahkan termasuk yang harus berdiri. Di Chiang Mai dan sekitarnya, dari pengalaman admin gaes, warga setempat menyebut ‘si merah’, karena banyak songthaew dicat merah, dengan mesin menderu-deru dan musik keras.

Songthaew menjadi salah satu pilihan moda transportasi di kota maupun di pinggiran kota, dan biasanya melayani rute yang lebih panjang antara kota dan desa. Jadi, beda dengan tuk tuk, ya gaes.

Di Phuket, ada beberapa layanan bus songthaew (warna biru) yang menghubungkan resor pantai dengan pusat kota. Mereka beroperasi setiap 30 menit dari Ranong Road di Phuket, mulai pukul 06.00 dan kendaraan terakhir, pukul 17.00.

Tarifnya 50 baht. Kalau mau nyegat, ya, seperti di Surabaya gaes, kamu tinggal melambaikan tangan. Bila perlu sertakan lembaran bahtmu, hahaha. Berikut rutenya :

  • Phuket Town-Choengtalay (for Bangtao Beach & Laguna Resort)- Surin Beach-Kamala. Di Choengtalay, bus melewati pos polisi.
  • Phuket-Patong
  • Phuket-Kata

Sebelum menggunakan songthaew, kenali karakter moda transportasi yang satu ini.

  • Songthaew adalah bagian dari sistem transportasi umum informal dan melayani rute yang ditetapkan di sebagian besar wilayah perkotaan dan banyak daerah pantai.
  • Di beberapa daerah, songthaew punya tanda yang menunjukkan rute mereka. Di tempat lain, penumpang membedakan lewat warnanya.
  • Sistemnya mungkin dapat membingungkan, jadi sebaiknya, beberapa kali memastikan tujuan kepada drivernya. Tapi, kalau ingin tersesat ya gak papa.
  • Tidak perlu sungkat memberi tanda kepada driver songthaew, kalau kamu mau naik. Bergayalah seperti saat mencegat taksi. Saat berhenti, lompatlah di belakang songthaew dan duduklah di salah satu bangku.
  • Kalau ingin turun, tekan saja bel di dalam kabin. Biasanya di langit-langit depan atau di belakang, atau dua-duanya. Beberapa menempel di salah satu panel samping.
  • Saat songthaew berhenti, keluar, turun dengan kaki kiri, dan berjalanlah ke jendela samping driver, untuk membayar ongkos. Jangan terus ngacir, bikin malu Indonesia saja.
  • Tarif songthaew biasanya jelas dan tetap. Driver akan memberitahu kamu, berapa banyak yang harus kamu bayar saat turun. Harga bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.
  • Kalau kebetulan tidak ada penumpang lain, kamu tetap dapat meminta driver membawa kamu ke tempat tujuan. Tapi, tentu saja, ongkosnya bisa lebih mahal sedikit.

Catatan untuk Safety : naik songthaew, berarti naik kendaraan dengan cara duduk di bangku panjang, yang tidak memiliki sabuk pengaman. Nyaris semua songthaew juga tidak punya perlengkapan keselamatan lainnya seperti kantung udara. Kamu akan duduk berjejalan dengan banyak orang di dalam, beberapa yang lain berdiri atau tergantung di luar kendaraan. Tapi jangan khawatir, kalau sudah seperti itu, biasanya driver melaju cukup lamban, tidak liar dan ugal-ugalan.

Tinggalkan Balasan