Suroboyo Bus Layani Terminal Purabaya hingga Rajawali

KOTA Surabaya punya Suroboyo Bus, bus reguler yang berhenti di sejumlah titik halte. Bus warna merah ini melayani rute Surabaya Selatan (Terminal Purabaya) hingga Surabaya Utara (Kawasan Rajawali).

Bus seharga Rp 2,4 miliar ini punya sejumlah fasilitas canggih seperti terkoneksi langsung dengan Surabaya Intelegent Transportasi System (SiTS). Setiap jarak beberap meter sebelum traffic light, lampu akan menyala hijau, sementara traffic light di seberang akan menyala merah.

Dengan demikian, bus melaju terus tanpa hambatan. Bus juga dilengkapi 12 CCTV, 8 di dalam bus sementara 4 di bagian luar. Kalau ada perampokan, penjambretan, atau pencurian lainnya maka akan tertangkap di halte selanjutnya

Suroboyo Bus dengan panjang 12 meter dan lebar 2,4 meter itu merupakan bus low deck, artinya pennumpang bisa turun langsung ke area pedestrian kota Surabaya. Konsep ini memudahkan ibu hamil, disabilitas, lansia, dan bagi mereka yang menggunakan kursi roda masuk ke bus.

Kursinya single seat. Penumpang perempuan dapat duduk di tempat duduk warna pink, ibu hamil dan lansia di tempat duduk warna merah, dan disabilitas di bagian tengah, dengan mengikatkan kursi roda dengan sabuk pengaman yang sudah disiapkan.

Fasilitas lain? Suroboyo Bus ada panic button, yaitu tombol darurat saat kebakaran. Jika tombol ditekan, otomatis bus beserta mesin akan berhenti dan mati sedangkan pintu terbuka otomatis. Jendela bus juga lebih besar sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan kota Surabaya.

Bus dengan logo Suro dan Boyo berangkat Terminal Purabaya dan dari kawasan Rajawali. Bus berkapasitas 70 penumpang dan berangkat setiap 20 menit sekali. Untuk sementara sejak launching Sabtu (7/4/2018), penumpang wajib membawa sampah plastik agar dapat naik bus baru ini.

Caranya, kamu cukup menukarkan 10 platik gelas atau botol kecil atau ukuran sedang sebanyak 5 botol, atau 3 botol ukuran besar. Nantinya, ada petugas yang akan memverifikasi dan menggantinya dengan tiket.

Selain itu, kamu gaes dapat menukarkan sampah itu ke bank sampah sebelum memperoleh kartu khusus Suroboyo Bus, yang semacam kartu e-payment. Lalu kartu itu, bisa di-tap di bus.

Tinggalkan Balasan