Membuat Itinerary Sebuah Perjalanan

ITINERARY adalah jadwal yang sengaja disusun untuk memudahkan, sekaligus menjadi panduan perjalanan. Itinerary meliputi waktu, rute, how to get there, serta info singkat tentang tempat yang dituju. Harus telaten bikinnya, biar detail, sehingga meminimalkan terjadinya salah jalan dan salah anggaran.

Pembuatan itinerary ini bisa untuk solo travelling, perjalanan keluarga, group travelling yang kamu gaes, adalah leadernya. Jadi, sedikit banyak, kamu sebagai leader punya susunan atau jadwal perjalanan buat pegangangan semua yang ikut dalam travelling itu.

Setelah waktu, rute dan destinasi, ada baiknya mempertimbangkan faktor budget, kemampuan fisik traveller atau anggota travelling, serta perkiraan cuaca di tempat yang hendak dikunjungi. Tentu saja, itinerarynya keluarga muda, dengan solo travelling pasti beda, apalagi kalau mengajak orang tua.

Hindari itinerary dengan banyak tempat kunjungan ketimbang tidak semuanya dapat dicapai dalam sehari, misalnya. Kalau harus banyak tujuan, maka yang lainnya, hanya semacam opsi saja. Bisa saja tujuan utama ternyata tidak seperti harapan, jadi akhirnya harus belok ke tujuan alternatif.

Atau, tiba-tiba transportasi ke arah tujuan utama meleset dari perkiraan, ada kejadian luar biasa di daerah tujuan, atau faktor cuaca, tiba-tiba badai atau hujan deras seharian. Jadi, akhirnya, itinerary tidak melulu soal jadwal dan waktu, banyak hal dan kemungkinan yang harus diperhitungkan.

Contoh : Itinerary Sederhana India (Jaipur+Agra)
16/11/2018
*Jakarta-KL-Jaipur
*Tiba+Imigrasi s/d 23.00 waktu setempat
*Cek in hotel

17/11/2018
*Sarapan pagi
*Hawa Mahal, City palace, Amber fort + elephant rides, Jaigarh Fort,Jal Mahal.

18/11/2018
*Perjalanan pagi ke Agra
*Cek in hotel

19/11/2018
*Sunrise tur Taj mahal
*Kembali ke hotel sarapan pagi
*Mehtabh Garden, Agra fort

14 thoughts on “Membuat Itinerary Sebuah Perjalanan

  1. Sempat kepikiran juga bagaimana membuat jadwal yang bagus. Mengingat beberapa kali berlibur denan keluarga, jadwal dan rutenya amburadul. Dan artikel ini bisa menjadi jawaban.

  2. wah…. selama ini saya liburan degnan salah ya, kalau pakek ITINERARY jadi tidak buang buang waktu dan lebih pas ya

  3. Mau tanya nih gan , sebelum membuat itinerary hal apa saja yang harus di persiapkan? Mengingat bahwasanya dalam pembuatan jadwal ada saja kendala sehingga jadwal yang telah disusun sedemikian rupa menjadi berantakan

    1. yang penting tujuannya, alat transportasinya, dan pilihan tempat menginapnya. Yang lain sebagai faktor pendukung saja. Namanya juga rencana, bisa saja meleset, tapi kalau di luar negeri, dari pengalaman, itinerary saya selalu jalan lancar kok karena di sana tertib.

    1. itinerary bukan mutlak kok, hanya buat memudahkan. kalau level sudah pakar, ya gak perlu itinerary lah. Asal ada duit, berangkat gitu.

Tinggalkan Balasan