Keliling Jepang dengan Japan Rail Pass (JR Pass)

JAPAN Rail Pass atau JR Pass, adalah kartu integrasi dari enam perusahaan di bawah Japan Railways Group (JR Group). Inilah kartu paling ekonomis untuk menemani bepergian ke seluruh Jepang dengan kereta api.

Tapi, ada beberapa batasan penggunaannya, misalnya JR Pass tidak bisa dipakai untuk perjalanan dengan kereta NOZOMI dan MIZUHO di jalur Tokaido, Sanyo, dan Kyushu Shinkansen.

JR Pass yang dapat dibeli secara online dari Indonesia, adalah kartu khusus yang berfungsi sebagai tiket (kereta api), dan tersedia hanya untuk wisatawan asing yang mengunjungi Jepang. Untuk memiliknya, kamu harus punya satu dari dua syarat berikut :

1. Kamu adalah turis asing yang mengunjungi Jepang alias berkategori “pengunjung sementara”. Sesuai UU Imigrasi Jepang, yang namanya pengunjung sementara itu tinggal di Jepang 15 hari atau 90 hari. Itu dibuktikan dengan stempel di paspor.

Kalau paspormu tidak ada stempel atau stiker itu, jangan berharap bisa menerima atau menggunakan JR Pass. Jadi, jika kamu menggunakan gerbang otomatis di bandara, sebisa mungkin, caari petugas, agar menyematkan stempel ke paspor kamu.

2. Syarat kedua, ketentuannya, berlaku untuk orang Jepang tinggal di luar negeri. Syarat-syarat diatur tersendiri. Kita nggak usah ikut-ikut gaes. Persyaratan kelayakan itu berlaku mulai 1 Juni 2017.

Jenis dan Harga JR Pass
Ada dua jenis JP Pass : Warna Hijau (untuk superior class Green cars), dan yang Biasa. Masing-masing jenis ini tersedia sebagai pass selama 7 hari, 14 hari, atau 21 hari.

Berikut harga yang berlaku mulai Oktober 2017.

Type:
Green
Ordinary
Duration
Adult
Child
Adult
Child
7-day
38,880 YEN
19,440 YEN
29,110 YEN
14,550 YEN
14-day
62,950 YEN
31,470 YEN
46,390 YEN
23,190 YEN
21-day
81,870 YEN
40,930 YEN
59,350 YEN
29,670 YEN

Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Harga yang berlaku adalah harga mata uang (jika kamu pakai rupiah) yang berlaku pada tanggal saat pembelian. Masa berlaku JR Pass dimulai sejak tanggal atau waktu pertama digunakan.

Layanan Transportasi dari JR Pass

RAILWAY
Semua kereta api di bawah kelolaan JR Group Railways dan bullet train Shinkansen (kecuali kursi yang telah dipesan atau tidak dipesan di kereta “NOZOMI” dan “MIZUHO”) atau kereta ekspres terbatas, kereta ekspres dan kereta cepat atau lokal, dan BRT (dengan beberapa pengecualian)

  • Pemegang JR Pass juga bisa menggunakan Monorail Tokyo.
  • Layanan KA Aoimori untuk rute Aomori dan Hachinohe (tapi hanya untuk perjalanan dengan kereta api layanan lokal atau cepat yang mencakup segmen antara Hachinohe dan Aomori, Aomori dan Noheji, dan Hachinohe dan Noheji. Layanan tidak berlaku kalau kamu turun di stasiun lain di jalur Aoimori, selain Aomori, Noheji, dan Hachinohe.
  • Jalur IR Ishikawa antara Kanazawa dan Tsubata, hanya perjalanan harus dilakukan di kereta ekspres lokal atau terbatas dan harus mencakup segmen penuh antara kedua stasiun ini.
  • Layanan tidak berlaku kalau kamu turun di stasiun manapun di jalur IR Ishikawa Railway, di dalam atau di luar segmen (tidak termasuk Kanazawa atau Tsubata.
  • Jalur kereta Toyama Ainokaze antara Toyama dan Takaoka. Ingat gaes, perjalanan harus dilakukan di kereta lokal dan harus mencakup segmen penuh antara kedua stasiun ini. Kartu tidak berlaku kalau kamu turun di stasiun manapun di jalur KA Toyamaokaze Toyama, di dalam atau di luar segmen (tidak termasuk Toyama atau Takaoka).

Silakan cek untuk Nation JR Route Map
Cek untuk Shinkaseen bullet train railway map

BUS
JR Pass valid untuk jalur lokal bus (bukan highway bus, tidak termasuk beberapa jalur lokal. JR Pass valid untuk rute yang dapat berubah sewaktu-waktu.)

Memang tidak banyak gaes, hanya beberapa seperti jalur untuk turis : Yamaguchi-Hagi, Kyoto Station-Ryoanji-Takao, Kanazawa Station-Kenrokuen, JR buses to Lake Towada, JR tourist loop bus in Hiroshima, JR city buses around Sapporo, JR local bus to Kusatsu Onsen, JR Hokkaido bus, JR Tohoku bus, JR Kanto bus, JR Tokai bus, JR West Jepang bus, JR Chugoku bus, JR Shikoku bus, JR Kyushu bus

*JR Pass tidak berlaku untuk perjalanan dengan rute bus ekspres yang dioperasikan oleh JR Bus.

KAPAL FERI
Hanya berlau untuk kapal feri Miyajima JR-WEST. dan TIDAK BERLAKU untuk layanan feri Hydrofoil yang dioperasikan oleh JR-KYUSHU antara Hakata dan Pusan (Korea).

Kereta JR Utama yang Berjalan Melalui Jalur Non-JR dan Bagian tertentu

Train
Main route
Section requiring separate fares – charges
Private railway company involved
Shirayuki Niigata – Joetsumyoukou/Arai Naoetsu – Joetsumyoko/Arai Echigo TOKImeki Railway
Odoriko, Super View Odoriko Shinjuku/Tokyo – Izukyu-Shimoda Ito – Izukyu-Shimoda Izukyu
Odoriko Tokyo – Shuzenji Mishima – Shuzenji Izuhakone Railway
Asagiri Gotemba – (Odakyu) Shinjuku Matsuda – (Odakyu) Shinjuku Odakyu Electric Railway
Nikko Shinjuku – Tobu Nikko Kurihashi – Tobu Nikko Tobu Railway
Kinugawa, Spacia Kinugawa Shinjuku – Kinugawa Onsen Kurihashi – Kinugawa Onsen
(Wide View) Nanki Nagoya – Shingu Kawarada – Tsu Ise Tetsudo Railway
Rapid “Mie” Nagoya – Toba
Hashidate, Tango Relay Kyoto – Amanohashidate/Toyooka Fukuchiyama – Toyooka Kyoto Tango Railway
Kounotori Shin-Osaka – Amanohashidate
Super Hakuto Kyoto – Tottori/Kurayoshi Kamigori – Chizu Chizu Express
Super Inaba Okayama – Tottori
Nanpu, Shimanto, Ashizuri Okayama/Takamatsu/Kochi – Nakamura/Sukumo Kubokawa – Nakamura/Sukumo Tosa Kuroshio Railway

Akomodasi JR Pass
Sebagian besar kereta JR punya Ordinary Cars (coach class) sementara banyak kereta jarak jauh juga menawarkan Green Cars (superior class).

Dengan kartu tipe Green, kamu bisa menggunakan JR Pass di Ordinary Cars tanpa dikenani biaya tambahan.

Coba cek tanda bulat dan bintang di bawah ini ya gaes. Mana yang harus menambah biaya dan mana yang tidak.

Trains
Accommodations
Green
Ordinary
“NOZOMI” and “MIZUHO” trains on the Tokaido, Sanyo and Kyushu Shinkansen*1
Green Car
×
×
Ordinary Car
×
×
“HIKARI,” “SAKURA,” “KODAMA” and “TSUBAME” trains on the Tokaido, Sanyo and Kyushu Shinkansen and any trains on the Tohoku, Yamagata, Akita, Hokkaido, Joetsu and Hokuriku Shinkansen.
GranClass *4
Green Car
*2
Ordinary Car
Ordinary private Compartment
Limited express and ordinary express
Green Car
*3
Ordinary Car
Green private Compartment
Ordinary private Compartment
Sleeping Car
Local and rapid trains
Green Car
Ordinary Car

Keterangan untuk tabel
*1. JR Pass tidak valid untuk semua tempat duduk, kecual yang sudah dipesan (termasuk Green Cars) atau belum dipesan tapi di kereta NOZOMI dan MIZUHO
*2. Tidak ada Green Cars di sebagian besar kereta “HIKARI” dan “KODAMA” pada jalur Sanyo Shinkansen (Shin-Osaka-Hakata), atau pada beberapa kereta api “SAKURA” dan “TSUBAME” seri kereta 800 pada jalur Kyushu Shinkansen.
*3. Kalau kamu menggunakan “DX Green” (yangdioperasikan oleh JR Kyushu), kamu harus membayar biaya ekspres terbatas dan biaya tambahan DX Green itu.
*4. Kalau kamu menggunakan GranClass car, hanya ongkos dasar yang dicover JR Pass, baik untuk Green Car atau Ordinary Cars. Kamu harus membayar biaya ekspres terbatas dan biaya tambahan GranClass car.
· Kompartemen pribadi tersedia di beberapa kereta “HIKARI” di jalur Sanyo Shinkansen.
· Green Kompartemen Pribadi ada tapi tertentu saja di kereta ekspres, seperti “Super-view Odoriko.”
· Penggunaan “Home Liner” dan kereta “Liner” lainnya memerlukan biaya tambahan.

Tinggalkan Balasan