Octopus Card, Kartu Serbaguna untuk Apa Saja

KARTU Octopus (Octopus Card) meluncur perdana tahun 1997. Kartu ini berbasis sistem smartcard contactless pertama di dunia dan dengan cepat menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari Hongkong.

Kalau hanya menghabiskan beberapa hari di Hongkong, ada baiknya untuk menggunakannya. Manfaatnya luar biasa. Cukup gesek atau “lambaikan” kartu saat memasuki stasiun MTR dan menggeseknya begitu tiba tujuan (gerbang keluar).

Kenapa namanya Octopus? Ceritanya, ini gurita denga 8 tentakel. Angka 8 menjadi jumlah manfaat kartu ini, terutama 8 sistem transportasi umum di Hongkong (kereta MTR, KCR, Bandara Express, Trem, Tram Peak, Star Ferry, di luar pulau feri dan bus yang berbeda).

Selain itu, aplikasi lainnya termasuk mesin penjual, supermarket, mesin parkir, membayar di kios dan toko serbaada seperti 7-11 atau Circle-K, atau restoran seperti McDonalds, Starbucks, Café de Coral dll.

Nah, yang ini, harus kamu perhatikan gaes. Bagi wisatawan, ada dua jenis kartu Octopus : On-Loan Octopus Card dan Sold Octopus Card. Apa bedanya?

Kartu On-Loan Octopus bersifat PINJAMAN. Kamu harus mengisi deposit, termasuk mengganti biaya jika karu hilang atau rusak, atau jika minus karena penggunaan.

Tidak perlu menyertakan informasi pribadi, rincian atau registrasi yang ketika membeli kartu ini, kecuali yang dipersonalisasi. Jika nantinya, masih ada saldo, kamu boleh menariknya kembali (refund).

Ada tiga jenis On-Loan Octopus Card
1. DEWASA – biaya : HK $ 150 (saldo awal = HK $ 100 ditambah deposit HK $ 50)
2. ANAK (umur 3-11) – biaya : HK $ 70 (saldo awal = HK $ 20 ditambah uang HK $ 50)
3. ELDER (65 atau lebih) – biaya : HK $ 70 (saldo awal = HK $ 20 ditambah uang HK $ 50)

Kartu On-Loan Octopus memberikan toleransi penggunaan hingga minus hingga HK $ 35. Jika lebih, tentu saja kartu tidak dapat digunakan, dan kamu harus mengisinya lebih dulu.

Tinggalkan Balasan