Singapura Hanya Wajibkan Tes Antigen Mandiri Pengunjung yang Masuk lewat Jalur VTL

PEMERINTAH Singapura melakukan pelonggaran ketentuan tes bagi para pengunjung yang masuk melalui VTL (Vaccinated Travel Land) setelah memantau perkembangan kasus COVID-19 varian Omicron.

Regulasi atau aturan ini mulai berlaku 23 Januari 2022 pukul 23:59 waktu Singapura. Pengunjung yang masuk setelah waktu itu hanya diwajibkan melakukan tes Antigen mandiri di hari kedua hingga ketujuh, hanya jika mereka perlu untuk keluar dari tempat tinggal/akomodasi mereka.

Hasil tes Antigen ini tidak perlu dilaporkan, namun wajib mempunyai hasil negatif.

Pengunjung yang tiba melalui VTL sebelum waktu itu tetap diwajibkan melakukan tes Antigen, diawasi pada hari ketiga dan ketujuh, dan tes Antigen mandiri di hari kedua, keempat, dan keenam, sejak kedatangan mereka.

Apabila hasil tes Antigen dinyatakan positif (masuk sebelum aturan VTL), pengunjung tidak lagi diwajibkan melakukan tes PCR konfirmasi dan diperbolehkan melakukan penyembuhan di tempat tinggal/akomodasi.

Kalau pengunjung, termasuk dalam risiko tinggi, maka Pemerintah Singapura melalu Singapore Tourism Board (STB) menyarankan, untuk tetap mencari bantuan medis jika hasil tes itu positif.

Melalui VTL per 23 Januari 2022, pengunjung yang telah divaksinasi penuh yang tiba melalui penerbangan khusus VTL. tetap dapat masuk Singapura tanpa perlu melakukan karantina dan hanya melakukan tes COVID-19 PCR pada saat kedatangan.

Aplikasi Vaccinated Travel Pass (VTP) tetap berlaku untuk pengunjung jangka pendek (short-term visitor) dan pemegang Long-Term Pass (Student/Work Pass atau lainnya).

Pendaftaran tetap dilakukan melalui website https://go.gov.sg/vtl-portal

Kategori penumpang tidak membutuhkan VTP: Singapore Citizen/Permanent Resident (SC/PR) adalah yang telah divaksin penuh dan anak-anak berusia 12 tahun atau di bawah 12 tahun dalam tahun kalender.

Untuk ketibaan selain dengan menggunakan penerbangan khusus VTL, maka akan tetap dikenakan peraturan karantina (Stay-Home Notice) selama tujuh hari yang dilakukan di tempat yang ditentukan oleh pemerintah.

Untuk keterangan lebih lanjut: https://www.moh.gov.sg/news-highlights/details/focusing-our-resources-and-refining-our-healthcare-protocols-to-deal-with-the-omicron-wave

Untuk informasi mengenai Vaccinated Travel Lane, bisa di cek di sini https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/requirements-and-process

Untuk tahapan perjalanan bisa di lihat melalui video berikut ini :
https://fb.watch/9VcvAyOpSN/

Bagaimana dengan Malaysia? Jalur perjalanan warga yang sudah divaksin (VTL) telah dibuka kembali mulai 21 Januari 2022 setelah ditutup sementara pada 23 Desember 2021.

Hanya saja, kuota tiket yang dijual mulai 21 Januari 2022 akan dikurangi dari kuota sebelumnya, yakni ada pengurangan 50 persen dari kapasitas bus dan penerbangan.

Bagi penumpang yang telanjur membeli tiket perjalanan setelah 20 Januari 2022 sebelum pengumuman penangguhan penjualan tiket dibuat, mereka boleh meneruskan perjalanan, mengikuti kuota yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pembatasan waktu terkait peningkatan kuota penjualan tiket ini tergantung kepada penilaian risiko yang akan dilakukan dari waktu ke waktu secara terus-menerus oleh Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).

KKM mengingatkan, agar pelaku perjalanan yang menggunakan platform VTL Malaysia-Singapura melaksanakan uji antigen mandiri pada hari kedua, keempat, dan keenam setelah kedatangan. Kemudian untuk uji antigen profesional pada hari ketiga dan kelima setelah kedatangan. (*)

Tinggalkan Balasan