Menghitung Budget Liburan ke Korea ala Ligwina Hananto

ADA yang nanya budget liburan. Saya ceritakan ya budget liburan kali ini seperti apa. I don’t like losing money. So here we go. Budget liburan ada beberapa poin. No 1 TRANSPORTASI.

Perhatikan musim liburan karena ada high season yang bikin tiket lebih mahal. Kalau mau beli dulu, cicilan 0% BOLEH. ASAL lunas sebelum berangkat ya.

Untuk trip Korea ini, si Om kerja, jd cuma beli tiket Tante aja.

Transportasi di kota tujuan tergantung kondisi aja. Besok si Om sudah pake taksi karena bisa reimburse kantor. Tapi weekend ini jalan-jalan kami pake T-Money untuk Metro trainsnya Seoul.

Nah transport lokal dan makan masuk pos kedua: DAILY EXPENSE. Saya punya itinerary harian ke mana aja. Bisa hitung makan + ngopi sehari habis berapa.

Ini hitungannya DAILY EXPENSES. Pos paling gede sih ini karena lagi libur nggak mau mikir ribet.

Kalau kamu rajin, cari nginep Airbnb yang ada dapurnya lalu masak yg simpel. Lebih hemat! Pos yang juga menentukan: ACCOMMODATION. Silakan pilih.

Yang termurah nggak selalu terbaik ya. Kali ini, 2 malam pake hotel membership si Om, diskonnya bisa buat makan, lalu 2 malam lagi hotel nebeng kerjaannya.

Kamu Pro hotel murah atau airline murah nih? Aku Pro dibayarin.

Pos yg jangan ketinggalan: RECREATION. Di Korea ini kami nggak banyak pake. Masuk Istana doang KRW 3.000/org. Tapi kalau ke kota lain mungkin beda ya.

Tokyo ada Disneyland, DisneySea, Observatory, Museums, dll.

Kamu udah tahu ada ongkos rekreasi spt apa di liburan berikut? Pos terakhir. SHOPPING! Si Om pasrah aja kayaknya.

Terus terang aja utk pos shopping kami siapin budgetnya pake KARTU KREDIT.  Gak mau ngabisin cashnya.

Saya kalau liburan banyak shopping. Pingin nyobain macam-macam skin care dan make up. Kadang sepatu. Jarang baju. Si Om beli topi, lagi seneng baseball caps.

Padahal dia mainnya basket..

Gak apa deh. Sepatu basket kan mahal bgt. Jd koleksi topi aja boleeeeh! Belanjaan Tante gak usah lihat ya. So there you go. TRANSPORTATION, ACCOMMODATION, DAILY EXPENSES, RECREATION, SHOPPING.

Itu 5 pos budgeting saat kamu liburan. Ada duitnya silakan berangkat. Ingat semua postingan liburan gak keren kalau dibayar pake ngutang.

Bayarnya pake apa? Sebagian besar dibayarin Mas Bebeb lah. Kan liburan biasanya bawa keluarga. Gw terbiasa nyimpen lebih. Di luar investasi rutin.

Nah ini Dana Hura Hura Tanpa Huru Hara yang bisa dipake pas liburan buat nambah-nambah 5 pos liburan itu.

Mari kita lihat ke mana aja. Btw, untuk sampe ke HK, saya menunggu 7 tahun. Untuk sampe US 13 tahun. Sampe Jepang lebih lama lagi. Eropa belum.

Alasannya? Ya belum nyampe duitnya. Saya pergi kalau ada duitnya. Kalau tidak ada duit ya tidak pergi.

Jangan silau sama medsos orang yah. Semua punya cerita di balik layar.

Btw, saya merasa di Seoul serba mahal. Apa karena kurs yah? Bahkan dibandingkan Tokyo.

Harga 1 meal di Seoul rata2 KRW 7.000. Mirip sih Sukiya di Tokyo JPY 600-700 kan. Nilai rupiahnya kayak makan di Plaza Senayan. TAPI TIAP HARI.

Sumber : Ligwina Hananto (@mrshananto), 16 Februari 2019.

Tinggalkan Balasan