Menjelajah Polandia lewat Darat dan Udara

POLANDIA berada di Benua Eropa bagian tengah. Secara geografis berbatasan langsung dengan Jerman (barat), Rep Cheko dan Slowakia (selatan), Rusia dan Lituania (timur) serta Belarusia dan Ukraina (barat).

Ibukota Polandia adalah Warsawa. Jerman pernah menginvasi negara ini 1 September 1939, lalu Uni Soviet pada 17 September 1939.

Invasi dua negara ini menyebabkan Polandia terbagi menjadi dua zona. Pertama, yang dikuasai Nazi Jerman, kedua, milik Republik Sosialis Soviet.

Setelah Perang Dunia (PD) II, Republik Rakyat Polandia berdiri sebagai negara satelit di bawah pengaruh Uni Soviet. Baru 1989, melalui gerakan solidaritas rakyat, Polandia mengubah sistem pemerintahan menjadi negara republik yang demokratis.

Polandia menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer, dengan kepala negara seorang Presiden dan kepala pemerintahannya, Perdana Menteri.

Presiden Polandia dipilih melalui pemilihan langsung, dengan masa jabatan 5 tahun (dapat dipilih kembali hingga 2 periode).

Sebaliknya, Perdana Menteri Polandia ditunjuk oleh Presiden atas persetujuan Sejm, semacam Majelis Rendah Parlemen Polandia. Biasanya, Perdana Menteri Polandia sekaligus pemimpin koalisi terbesar di Sejm itu.

Kembali ke topik menjelajah Polandia, admin mo-trans atas seizin Pratiwi Widya Ratyniak, anggota Backpacker Dunia, membeberkan pilihan moda transportasi di negara itu saat ini.

Perempuan mungil ini sudah hampir empat tahun tinggal di Polandia. Inilah penuturan Pratiwi selengkapnya kepada mo-trans.

Saya jarang sekali melihat orang Indonesia mengunjungi Polandia. Jadi, saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menjelajah Polandia menggunakan jalur darat dan udara.

Tinggalkan Balasan