Naik Bus dari Genting Highland ke Petaling, Kuala Lumpur

RESMINYA bernama Resort World Genting, tapi orang mengenalnya sebagai Genting Highland. Di sinilah, Malaysia membangun ‘Kota Hiburan’ layaknya Las Vegas di Amerika sana. Daya tariknya bukan hanya kasino. Ya, karena, seperti saya gaes, tidak harus berjudi.

Ada bagian lain yang menarik untuk dinikmati seperti bermain roller coaster, cable car, atau mengunjungi kelenteng. Yang paling berkesan, pernah mampir di area tempat pembelian tiket bus, yang di situ ada orang jualan kwe tiauw enak. Penjualnya laki-laki. Entah masih ada atau tidak.

Oh ya gaes, kembali ke topik, dari konter tiket itu, pengujung dapat membeli tiket ke sejumlah tujuan. Salah satunya, seperti saya waktu itu : Genting Highland ke LCCT. Ah, sudah lama sekali.

Lantas bagaimana dengan tujuan lainnya. Kalau punya budget besar, silakan saja, carter mobil, pesan Grab Car, atau naik taksi dari Genting Highland. Kalau tidak, ya, pilihan transportasinya adalah bus.

Ada Go Genting Express Bus atau Genting Express Bus Service, sebuah shuttle bus khusus yang dikelola oleh Resorts World Tours Sdn Bhd. Bus ini melayani tamu, dengan rute Kuala Lumpur dan Resorts World Genting (Genting Highland).

Bus warna merah itu beroperasi setiap hari, memiliki sejumlah titik perhentian (menaikkan penumpang) di Kuala Lumpur dan membawanya ke Awana Transportation Hub. Dari sini, pengunjung dapat ke Awana SkyWay (Cable Car) atau Genting Skyway (jika Awana SkyWay sedang dalam jadwal pemeliharaan).

Dari dua skyway itulah, baru berlanjut ek Resorts Wordl Genting. Untuk rute sebaliknya, pengunjung dari Awana Transportation Hub bisa naik bus ini ke Pudu Sentral, KL Sentral, Gombak LRT Station, One Utama dan ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS).

Harga tiket Go Genting Express Bus (Sekali Jalan/orang)

  • Awana Transportation Hub-Pudu Sentral : RM 4,60 (Dewasa), RM 3,50 (Anak)
  • Awana Transportation Hub-KL Sentral : RM 4,30 (Dewasa), RM 3,20 (Anak)
  • Awana Transportation Hub-Gombak LRT : RM 3,40 (Dewasa), RM 2,60 (Anak)
  • Awana Transportation Hub-One Utama : RM 4,60 (Dewasa), RM 3,50 (Anak)
  • Awana Transportation Hub-Terminal Bersepadu Selatan : RM 5,50 (Dewasa), RM 4,10 (Anak)

Harga Tiket Awana SkyWay (Cable Car) Dewasa dan Anak

  • Standard Gondola : RM 8 (One Way), RM 16 (Return)
  • Glass Floor Gondola : RM 40 (One Way), RM 80 (Return)

Keterangan :

  • Go Genting Express Bus dan Awana SkyWay tidak dapat dibeli secara daring (online).
  • KL Sentral di Ground Floor of KL Sentral, di dekat ekskalator, Tel: +603 2279 8989/8990.
  • One Utama : Lot BT3, Bus Terminal (Dataran Open Air Car Park, One Utama Shopping Centre) No.1 Lebuh Bandar Utama, Bandar Utama, 47800 Petaling Jaya, Tel: +603 7725 8211 or +603 6253 1927.
  • Puduraya : di Konter No 43, Ground Floor, Puduraya Bus Station, Kuala Lumpur, Tel : +603 2072 6863
  • Pasarakyat : di Konter 57 & 58 Mezzanine Floor, Pasarakyat, No. 8 Jalan Melati Off Jalan Imbi/Tun Razak, Kuala Lumpur. Tel: +603 2148 4300/2148 6300
  • Terminal Putra LRT : Terminal Putra LRT Gombak, Tel: +6012 2369 611.

Bagaimana kalau saya hanya ingin ke Petaling dari Genting Highland? Jawabannya sudah jelas, naik Go Genting Express Bus ini. Kamu bisa memilih naik bus ke KL Sentral lebih dulu, dari KL Sentral melanjutkan perjalanan dengan LRT Kelana Jaya dan berhenti di Pasar Seni. Kalau di peta, LRT itu yang jalurnya berwarna merah.

Kamu juga bisa ambil kemudian turun di Pudu Raya, dekat terminal. Dari sini, tinggal jalan kaki ke Petaling. Lebih murah dan sehat. Kurang lebih 300 meter sudah di Petaling Street.

Tapi seperti, admin mo-trans bilang di atas, kalau kamu berombongan dan budgetnya besar, bisa ambil Grab Car. Nah, tetaplah berhenti di tempat turun bus Go Genting itu, dan pesan Grab Car dari situ. Tidak perlu naik ke platform LRT.

Jarak KL Sentral ke Petaling sebenarnya tidak terlalu jauh, kurang lebih 4 km. Jadi, kalau kamu dan rombongan naik mobil, jika tidak macet, yang sekitar 7 menitan.

Sebaliknya, kalau kamu ingin naik bus dari KL Sentral ke Genting, bisa naik Go Genting Express Bus yang berangkat setiap satu jam sekali. Cek lagi alamat yang ada di atas. Harga tiketnya termasuk naik Genting Skyway, RM 10,70 untuk dewasa dan RM 9,60 untuk anak. Itu sekali jalan ya.

Dari informasi terakhir yang admin terima, sejak 8 Februari 2017, ada rute baru dari Kuala Lumpur ke Genting Highlands. Bus berangkat dari Jalan Pekeliling, KL Sentral, KLIA/KLIA2, 1 Utama dan Pudu Sentral. Bahkan, bisa dipesan secara online.

Rute-rute itu antara lain :
1. 1 Utama Bus Terminal to Lower Genting Skyway Station
Lower Genting Skyway Station to 1 Utama Bus Terminal
*Fare inclusive of Bus ticket only (One way: RM 4.60- Adult, RM 3.50- Child)
2. Pudu Sentral (Puduraya) to Lower Genting Skyway Station
Lower Genting Skyway Station to Pudu Sentral (Puduraya)
*Fare inclusive of Bus ticket only (One way: RM 4.60- Adult, RM 3.50- Child)
3. Jalan Pekeliling Kuala Lumpur to Genting Highlands ( Awana Bus Terminal)
Genting Highlands ( Awana Bus Terminal) to Jalan Pekeliling Kuala Lumpur
*Fare inclusive of Bus ticket only (One way: RM 10.00- Adult, RM 10.00- Child)
4. KLIA or KLIA2 to Genting Highlands (Mushroom Farm Bus Terminal)
Genting Highlands (Mushroom Farm Bus Terminal) to KLIA or KLIA2
*Fare inclusive of Bus ticket only (One way: RM 35.00- Adult, RM 35.00- Child)
5. KL Sentral to Genting Highlands (Lower Genting Skyway Station)
*Fare inclusive of Bus ticket only (One way: RM 4.30- Adult, RM 3.50- Child)

Tinggalkan Balasan