Cara Menuju Banda Neira dari Surabaya

CARA menuju Banda Neira dari Surabaya, paling mudah dengan naik KM Nggapulu. Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Kapal Nggapulu adalah salah satu kapal milik perusahaan nasional (Pelni), yang melayani rute dari Jakarta hingga Papua (termasuk Kaimana dan Fakfak).

Dalam perjalanannya, pulang dan pergi, Kapal Nggapulu mampir ke Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal ini juga melayani pelayaran ke kawasan Maluku, seperti Tual, Dobo dan Ambon.

Rute Lengkap Kapal Pelni KM Nggapulu: Jakarta (Tanjung Priok)–Surabaya (Tanjung Perak)–Makassar–Baubau (Buton)–Ambon–Banda Neira–Tual Kei–Dobo (Kepulauan Aru)–Kaimana–Fakfak (PP).

Cara Beli Tiket Kapal Online di Website Pelni
1. Isi kolom Tujuan Perjalanan.
2. Isi jumlah penumpang sesuai kategori (dewasa, anak-anak, atau bayi).
3. Isi tanggal keberangkatan.
4. Pilih Kelas Kapal yang diinginkan.
5. Lanjut klik Cari Pelayaran.
6. Sistem akan otomatis menampilkan daftar pelayaran yang tersedia, lengkap dengan harga.

Pembayaran bisa lewat Tunai Modern Channel (gerai ritel), dengan kode bayar finpay, transfer Virtual Account melalui bank yang terdaftar, atau uang elektronik yang terdaftar.

Banda Neira atau Banda Naira sendiri merupakan pulau di Kepulauan Banda, dan menjadi pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia.

Harga tiket Kapal Nggapulu dari Surabaya ke Banda Neira mulai harga Rp 500.000-an (selalu cek ya), dengan lama perjalanan 3 hari 10 jam di luar transit langsung sampai pelabuhan Banda Neira.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Banda Neira, sebaiknya pada akhir September hingga awal Desember. Pada bulan-bulan itu, ombak di sana cukup tenang.

Soal waktu ini, masih ada perdebatan di antara para traveler. Musim ombak itu terjadi saat Juni, Juli, Agustus, jadi liburan ke Banda Neira, bagusnya Oktober dan November.

Seorang traveler, Wiwik merekomendasi September hingga awal Desember. “Tapi saya ke sana Mei, bagus juga kok. Cuman ombaknya agak tinggi dan gerimis malam harinya,” paparnya.

Catatan kecil, tidak ada pesawat langsung dari Surabaya yang mendarat di Banda Neira. Kamu harus mencapai Bandara Ambon lebih dulu, lalu oper dengan kapal laut atau pesawat perintis ke Banda Neira. (*)

Tinggalkan Balasan