Cara Menuju Chinatown di Singapura

Lantas, ada apa saja di kawasan Chinatown? Admin mo-trans mendapat kiriman rilis dari Singapore Tourism Board (STB). Sedikitnya, ada delapan rekomendasi aktivitas untuk mengeksplor Chinatown Singapura. (Informasi ini boleh disimpan dulu selama pandemi Covid-19 sampai pembatasan perjalanan dibuka kembali).

A. Menginap di Hotel Trendi dan Estetik di Chinatown
Chinatown berada di jantung Singapura. Lokasinya sangat strategis dan memiliki fasilitas lengkap yang dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Harga penginapan di Chinatown sangat beragam dan terjangkau.

Banyak pula hotel trendi dengan desain modern estetik dan fasilitas lengkap untuk wisatawan. Jarak rata-rata hotel di Chinatown sangat dekat dengan stasiun MRT. Berikut rekomendasi hotel trendi dan estetik dan strategis di Chinatown Singapura.

1. The Clan Hotel
Hotel di bawah naungan Far East Hospitality ini terkenal akan desainnya yang aesthetic, menggabungkan desain modern dengan unsur tradisional. Salah satu daya tarik dari hotel ini adalah perlengkapan upacara minum teh tradisional yang menjadi fasilitas di setiap kamar.

Saat datang, tamu juga diajak memilih lima camilan impor gratis sesuai selera. Tamu juga dapat menikmati sarapan dari makanan fusion ala lokal, barat, dan China. Hotel ini tepat berada di sebelah Stasiun MRT Telok Ayer, hanya berjarak jalan kaki dua menit.

Alamat: 10 Cross St, Singapura 048417
Nomor telpon: +65 6228 6388
Email: info.tch@fareast.com.sg
Website: https://www.theclanhotel.com.sg/

2. Hotel Mono
Hotel Mono memiliki konsep chic, modern, dan minimalis. Eksterior dan interior hotel didominasi dengan warna putih sehingga memberikan kesan bersih dan terang.

Jarak hotel ke Stasiun MRT Chinatown sangat dekat, jalan kaki satu menit. Kamu dapat menuju pusat belanja Chinatown Point, jalan kaki dua menit. Daerah sekitar hotel ada banyak sekali restoran dan kafe.

Alamat: 18 Mosque Street, Singapore.
Nomor telpon: +65 63260430
Email: reservation@hotelmono.com
Website: https://www.hotelmono.com/

3. The Scarlet Singapore
Hotel ini memukau dengan gedung sudut bergaya arsitektur art deco. Gedung hotel ini merupakan bangunan bersejarah yang masih terawat dengan sangat baik dari 1924.

Jarak hotel ini hanya satu blok dari pusat perbelanjaan dan restoran Ann Siang Road dan hanya butuh berjalan kaki delapan menit ke pusat Chinatown. Kamu bisa menuju stasiun MRT terdekat, yaitu Maxwell, tiga menit jalan kaki dari hotel ini.

Alamat: 33 Erskine Rd, Singapura 069333
Nomor telpon: +65 6511 3333
Email: reservations@thescarlethotels.com

B. Beribadah di Masjid Jamae (Chulia) yang Bersejarah
Masjid Jame (Chulia) adalah masjid bersejarah di Singapura yang dibangun pada 1826. Awalnya, masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan kaum Chulia atau Muslim Tamil akan tempat ibadah.

Arsitektur Masjid Jame (Chulia) sangat unik karena menggabungkan elemen budaya barat dan timur. Arsitektur masjid ini menggabungkan gara Indo-Islam India Selatan, neo klasik ala Eropa, dan ubin ala China.

Sejak abad ke-19, Masjid Jamae masih mempertahankan bentuk aslinya. Hanya ada sedikit perbaikan dan cat ulang. Masjid Jamae Chulia ditetapkan sebagai monumen nasional pada 1974. Wisatawan Muslim dan Non-Muslim diizinkan berkunjung ke masjid ini dengan aturan mengenakan busana sopan dan tertutup, serta membuka alas kaki.

Alamat: 218 South Bridge Rd, Singapura 058767
Website: https://www.masjidjamaechulia.sg/

C. Berkunjung ke Rumah Tradisional Peranakan NUS Baba House
Rumah bersejarah yang dibangun pada 1857 ini merupakan aset sejarah Singapura yang menceritakan budaya peranakan Singapura. Arsitektur dan interior NUS Baba House yang mencerminkan peranakan tradisional, semuanya dalam kondisi masih utuh dan sangat baik.

NUS sendiri merupakan singkatan dari National University of Singapore yang membeli dan memugar rumah ini. Di sini, kamu dapat menemukan lebih dari 2.000 artefak barang antik dan hiasan khas Peranakan. Dari mebel, peralatan rumah tangga, keramik, foto, buku, tekstil, dan lukisan.

Cara berkunjung ke NUS Baba House, kamu perlu mendaftar lebih dulu melalui situs mereka di situs https://peatix.com/group/15343/events.

Alamat 57 Neil Road Singapore 088883
Nomor telpon:(+65) 6227 5731
Email: babahouse@nus.edu.sg
Website: https://babahouse.nus.edu.sg/

D. Belajar Sejarah Imigran China Singapura di Chinatown Heritage Centre
Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Chinatown tanpa mengetahui sejarahnya. Chinatown Heritage Centre adalah tempat yang tepat untuk belajar mengenai sejarah kawasan Chinatown.

Uniknya, museum ini berada di kawasan pertokoan, yang memang dibuat untuk menunjukkan toko orisinal Chinatown pada 1950-an. Di Chinatown Heritage Centre, Anda juga dapat belajar mengenai perjalanan imigran dari China ke Singapura pada akhir abad 19.

Ada fasilitas tur audio dan pameran interaktif di museum ini. Saat ini Chinatown Heritage Centre ditutup dalam rangka perbaikan. Nantikan pembukaan dan simak informasi waktu buka melalui situs resminya.

Alamat: 48 Pagoda Street, Singapore 059207
Nomor telepon: +65 6224 3928
Website: https://www.visitsingapore.com/see-do-singapore/culture-heritage/heritage-discovery/chinatown-heritage-centre/

Tinggalkan Balasan