Cara Menuju Little India di Singapura

LITTLE India merupakan kawasan yang cukup ramai di Singapura. Ini menjadi daya tarik besar bagi wisatawan dari negara lain. Little India memiliki banyak spot destinasi menarik. Ada pusat perbelanjaan seperti Mustafa Centre, atau restoran India, serta kuil India bersejarah berusia lebih dari 150 tahun.

Little India tidak seperti kawasan lain di Singapura. Sebelum bernama Little India pada pada 1980-an, kawasan itu hanya dikenal sebagai Serangoon, salah satu jalan tertua di Singapura. Peta tahun 1828 memperlihatkan kawasan ini sebagai “jalan menuju ke seberang pulau”.

Jalan-jalan di Little India diberi nama berdasarkan nama penduduknya di abad ke-19, seperti Dunlop Street untuk keluarga Eropa, Belilios Lane untuk importir ternak IR Belilios, dan Campbell Lane untuk tentara Inggris Sir Colin Campbell.

Little India merupakan kawasan bersejarah nan ramai, memperlihatkan beragam hal yang khas dari komunitas India Singapura, mulai budaya yang dinamis hingga pengalaman belanja luar biasa.

Perdagangan masa lalu berdampingan dengan bisnis baru: penjual karangan bunga, restoran modern, hotel butik, serta kelompok seni. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, Little India memiliki nuansa bohemian, banyak seniman menganggap Little India bagaikan rumah sendiri.

Cobalah untuk berkunjung selama Deepavali atau Festival Cahaya (biasanya Oktober dan November) dan Pongal atau Festival Panen Raya (pertengahan Januari), sebuah perayaan sangat meriah, yang tidak boleh lepas dari kalender perjalanan kamu.

Lantas, bagaimana cara menuju Little India ini? Admin mo-trans mencoba mengasumsikan, kalau kamu sedang berada di sejumlah tempat paling populer di Singapura, ya seperti Chinatown, Orchard, atau Kampong Glam.

1. Dari Chinatown ke Little India
Jarak dari Chinatown ke Little India kurang lebih 7,6 km dan kamu dapat memilih sejumlah moda transportasi: MRT, Bus atau Cab (taksi). Sesuaikan saja dengan budgetmu. Kalau admin sih, lebih suka dengan MRT.

MRT: berangkat dari Chinatown NE4 (Purple), lalu ambil North East Line (yang arah Punggol). Kamu akan melewati Clarke Quay NE5 (Purple), Dhoby Ghaut NE6 (Purple), sebelum tiba di Little India NE7 (Purple). Harga tiket MRT sekitar $1,40 jika membeli di konter. Durasi perjalanan dari Chinatown ke Little India sekitar 9 menit.

Bus: naik SMRT bus No 851 di Halte Bus New Bridge Road (Chinatown Complex), lalu turun di Little India Station Exit A (Kode Halte Bus: 40011) di Bt Timah Road. Durasi perjalanan 8 menit, tiket bus $1.91. Bus berhenti di halte setiap 10 menit sekali.

Taksi: perkiraan biaya taksi dari Chinatown ke Little India, S$ 9.94, dengan lama perjalanan 13 menit.

2. Dari Orchard ke Little India
Jarak antara Orchard ke Little India tidak jauh, hanya 4,1 km. Kalau naik MRT, silakan dari Orchard NS22 (Red), ambil North South Line (arah Jurong East). Kereta akan melewati Newton NS21 (Red).

Ganti arah ke Downtown Line DT11 (Blue) (ke Expo), sekali berhenti sebelum tiba di Little India DT12 (Blue). Harga tiket $1.40 bila membeli di konter dan perjalanan memakan waktu 15 menit.

Kalau naik bus, silakan gunakan SBS Transit No 65 dari Halte Bus di Lucky Plaza dan turun di Broadway Hotel. Waktu perjalanan 9 menit, dengan harga tiket bus $1,91. Bus tiba di halte setiap 15 menit sekali.

Bagaimana dengan taksi? Perkiraan dari Orchard ke Little India, S$ 7 hingga $9, dengan lama perjalanan 10 menit.

3. Dari Kampong Glam ke Little India
Jarak antara Kampong Glam ke Little India kurang lebih 2,0 km. Kalau admin mo-trans, lebih pilih jalan kaki ketimbang mengeluarkan uang untuk transportasi. Jalan 2 km di Singapura itu enak dan menyenangkan.

Tapi kalau takut kaki gempor, bisa naik MRT, start dari Bugis (DT14) (Blue), yang menuju Downtown Line (rute ke arah Bukit Panjang). Kereta akan berhenti dulu di Rochor (DT13)(Blue) sebelum mencapai Little India (DT12)(Blue). Harga tiket $1,40 di konter dan lama perjalanan 6 menit.

Tinggalkan Balasan