Naik Taksi dari Changi Airport

BAGAIMANA caranya ke pusat kota Singapura dari Changi Airport? Admin mo-trans mengasumsikan, pilihan moda transportasi ini untuk warga Indonesia yang berpesiar ke kota Singa itu. Khusus lagi, bagi yang baru menginjakkan kaki di sana. Bukan seperti kamu yang setiap minggu pindah tidur di Apartemen Orchard Road.

Bandara Changi atau admin mo-trans lebih suka menyebutnya Changi Airport, terletak di ujung timur Singapura. Bandara internasional ini termasuk salah satu bandara yang tersibuk di Asia. Ada beberapa opsi bagi yang tiba di bandara ini untuk melanjutkan perjalanan dari bandara ke lokasi pusat atau hotel/penginapan.

Opsi atau pilihan moda transportasi itu tentu saja ada plus minusnya, ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan ya. Relativitasnya itu misalnya dalam soal harga, jam operasi, waktu perjalanan, dan jadwal layanan.

Taksi merupakan pilihan moda transportasi tercepat dan ternyaman dari bandara ke berbagai tempat di Singapura. Sopir taksi akan melayani dan membawa kamu langsung ke hotel, atau tempat lain, dan membantu barang bawaan kamu. Sampai segitunya ya hmmm.

Kamu dapat menemukan layanan taksi bandara ini di setiap gedung ketibaan (Arrival Hall) setiap terminal Changi Airport. Tidak perlu khawatir, sebagian besar menggunakan argo kok, jadi tak perlu tawar menawar. Apalagi, yang bahasa Inggrisnya pas-pasan, nanti malah malu sendiri.

Taksi dari Changi Airport
Perkiraan Waktu Perjalanan : 20 menit (ke City Hall, pusat kotanya Singapura).
Harga : kurang lebih SGD 20-SGD 50 (jarak 19 km, selama jam sibuk, tergantung taksi reguler atau premium).
Pelayanan : 24 jam.

Keterangan :
– Biaya tambahan pelabuhan (port surchage) : SGD 5 (Jumat-Minggu mulai 17.00 – 23.59); dan SGD 3 (sepanjang waktu).
– Biaya tambahan larut malam (late night 00.00-05.59) : 50% dari tarif yang ditampilkan pada argometer.
– Jam sibuk (peak hours 06.00-09.29, Senin-Jumat 18.00-23:59 setiap hari) : 25% dari tarif pada argometer.
– Penumpang harus membayar biaya electronic road pricing (ERP), kalau kita menyebutnya biaya tol.
– Electronic Road Pricing (ERP) berlaku Senin-Jumat, pukul 07.00-19.00 di Kawasan Pusat Bisnis dan pukul 07.30-21.30 di area lain.
– ERP akan beroperasi sampai pukul 01.00 siang selama 5 hari libur nasional (umum), yaitu Tahun Baru, Tahun Baru Cina, Hari Raya Puasa, Deepavali dan Natal.
– ERP tidak beroperasi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Contoh menghitung biaya taksi di Singapura :
Katakanlah jarak paling dekat, yang hanya 1 km atau 2 km di siang hari. Kurang lebih SGD 4 atau SGD 5 tapi untuk jarak yang sama, di malam hari, biayanya menjadi SGD 12 hingga SGD 15. Naik taksi untuk jarak agak jauh, Changi Aiport ke tengah kota (Bugis atau Orchard), kurang lebih SGD 20 hingga SGD 30.

Biaya-biaya itu sangat transparan. Memang kalau dikurskan, jatuhnya cukup besar untuk rupiah. Beginilahan nasib warga di negara berflower. Mata uangnya belum dapat bersaing dengan negara maju. Tapi, tetaplah tenang dan jangan panik, apalagi kalau sudah niatnya liburan, atau jalan-jalan.

Cek Pick Up Taksi dari Changi Airport

Yang pasti : semua taksi di Singapuran menggunakan argometer. Ada beberapa operator taksi, terlihat dari warna cat taksinya. Yang paling murah, taksi warna biru, kuning, atau merah. Selain itu (hitam, abu-abu, putih, krem, hijau) biaya taksinya sedikit lebih mahal. Tapi, meski sama operator, sama warna taksinya, tarif bisa beda tergantung jenis dan tipe kendaraan yang digunakan sopirnya.

Pemerintah Singapura memberlakukan aturan ketat soal jumlah penumpang. Taksi dengan kendaraan sedan hanya boleh diisi maksimal 4 penumpang, lebih dari itu sopir tidak akan pernah mau. Coba sogok saja, hahahah, pasti tetap geleng kepala, takut sama aturan sih. Beda sama kita kan.

Oh ya, bagaimana dengan transportasi online seperti Grab. Wah, belum pernah coba. Tapi dari pengalaman sejumlah teman, Grab sebagai alternatif transportasi di Singapura, harganya tidak beda-beda jauh dengan taksi konvensional. Kecuali, yang naik urunan bayar alias Grab Share, atau Grab dengan 7 kursi.

Biar lebih bangga naik taksi di Singapura, berikut nomor operator taksi. Jangan lupa menambahkan +65 di awal sebelum memasukkan jika tak memegang SIMCARD lokal Singapura. Boleh nyetop di jalan atau pesan lewat penginapan/hotel.

  • CityCab : 6552 1111
  • Comfort Taxi : 6552 1111
  • Dial-A-Cab : 63425222
  • SMRT Taxi : 65558888
  • TransCab : 6555 3333
  • Prime Taxi : 6778 0808
  • Premier Taxis : 63636888

Taxi Fare Calculator
Taxi Singapore
Taxi Fare Finder
Taxi Auto Fare
Go There Maps

Limusin dan Taksi Khusus
Kalau membutuhkan taksi untuk menampung lebih banyak penumpang, silakan ke Ground Transport Concierge, dengan layanan 24 jam dan tersedia di Arrival Hall. Tinggal memilih saja jenis kendaraan dan tujuan. Siap-siap rogoh kocek lebih dalam ya.

Limusin dengan 4 tempat duduk : SGD 55 per keberangkatan dari bandara.
Taksi besar dengan 7 tempat duduk : SGD 60 per keberangkatan dari bandara

Ground Transport Concierge
Terminal 1 : +65 6543 1985
Terminal 2 : +65 6546 1646
Terminal 3 & 4 : +65 6241 3818 (hotline pemesanan utama)

Self-service Ground Transport Concierge

  • Ketika tiba di Changi Airport, kamu memesan menggunakan mesin self-service Ground Transport Concierge, yang tersedia di ketiga terminal. Cukup pilih jenis kendaraan dan tujuan, lakukan pembayaran, dan selesai.
  • Pengemudi akan menjemput di area tunggu. Mesin hanya dapat menerima kartu kredit tertentu saja. Jadi, sebelum memesan, silakan tanya staf jenis kartunya. Kalau tidak punya, boleh kok membayar secara tunai.
  • Baik limusin dan taksi besar akan menjemput penumpang di terminal Changi Airport mana pun.
  • Jadwal layanan: 24 jam, dengan biaya tambahan SGD 15 untuk setiap pemberhentian tambahan.

Tinggalkan Balasan