Rute Fantastis ke Bromo lewat Tumpang, Malang

RUTE ke Gunung Bromo dari jalur ini boleh dibilang kurang populer. Padahal, inilah jalur paling dekat jika diakses dari kota Malang. Sekitar 1,5 jam saja untuk sampai ke Lautan Pasir Berbisik. Memang sayang, tapi apa boleh buat, karena fasilitas di jalur ini, diakui, masih sangat minim.

Belum banyak dukungan penginapan atau guest house, dan sejenisnya. Jalanannya sangat menanjak dan minim fasilitas penerangan. Oh ya, sangat tidak dianjurkan menggunakan motor matik untuk melewati jalur ini, karena turunannya cukup curam. Banyak kejadian rem blong.

Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengimbau tidak mengendarai motor matik melewati jalur mulai dari Coban Trisula hingga ke Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang hingga ke Gunung Bromo.

Imbauan itu dalam bentuk spanduk dan dapat ditemui sepanjang perjalanan ke Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo. “Sering terjadi kecelakaan antara Coban Trisulo sampai Bromo,” kata Sarif, Rabu (30/5/2018).

Imbauan dalam bentuk papan pengumuman, banner, spanduk dan pengumuman langsung di pintu masuk dan pos jaga. Tahun 2018, TNBTS menambah 3 shelter istirahat untuk pengendara berhenti atau beristirahat bagi pengendara yang mengalami masalah.

Secara sederhana rutenya adalah : Malang-Tumpang-Gubugklakah-Ngadas-Jemplang-Gunung Bromo, dengan jarak kurang lebih 53 km. Jalur tanjakannya cukup terjal. Namun, perjalanan tak mudah itu terbayarkan dengan suguhan alam yang fantastis, cantik dan memukau.

Gubugklakah adalah desa kecil yang merupakan daerah penghasil apel. Masuk area ini, pemandangan perkebunan apel mengantarkan perjalanan menuju Ngadas yang semakin berkelok, menanjak, dan memasuki hutan. Suasana sejuk dan hamparan hijau pegunungan menggantikan pemandangan perkebunan apel.

Semakin dekat Desa Ngadas, kembali terlihat kebun-kebun dengan permukaan berbukit. Beberapa orang sengaja mampir di air terjun Coban Pelangi yang tak kalah indah setelah melewati Ngadas. Dari sini lalu bertemu dengan pertigaan Jemplang, yang menjadi penentu arah langkah.

Lurus menuju Desa Ranu Pani (titik awal pendakian Gunung Semeru), dan kalau ke kiri menuju Bromo. Dari Ngadas menuju Pananjakan memakan waktu sekitar satu jam. Jalannya melewati rute padang savanna terlebih dulu baru kemudian menuju pasir berbisik dan kawah Bromo.

Rute Bromo dari Tumpang ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk mereka yang ingin mendaki Gunung Semeru atau yang suka off road. Jalur ini merupakan salah satu pintu masuk mengakses Desa Ranupani di kaki gunung itu. Untuk lebih safe, gunakan jasa sewa jip hardtop dari Tumpang.

Meski sangat mungkin kamu mengeluarkan budget lebih besar jika lewat rute ini, perjalanan ke Gunung Bromo dari Ranupani, dapat menjadi menarik dan penuh tantangan. Di Ranupani, ada Pos Pendakian dan dua buah danau (ranu) yang sangat indah, yakni Ranu Pani dan Ranu Regulo disebelah bawah.

Kalau kelaparan di sini, sudah ada beberapa warung dan penginapan yang sangat sederhana. Desa Ranupani masuk wilayah Kabupaten Lumajang, bisa juga ditempuh dari kota Lumajang. Jadi, kamu yang ke Bromo lewat jalur Sukapura, dapat bertemu di sini.

Sebaiknya, ambil waktu pagi hari menuju pos jalan pintas di ujung Desa Ranupani menuju Gunung Bromo. Boleh jalan kaki kalau kuat, atau menyewa jip dari Desa Ranupani atau di Desa Jemplang, dengan tarif Rp 500.000 (harga mungkin sudah berubah). Durasi perjalanan 2 jam, atau jika memilih berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 4 jam (12 km).

Berjalan kaki menuju Gunung Bromo sangat berbahaya bila dilakukan sore atau malam hari. Jalanan gelap, tidak terlihat dan konon banyak anjing liar (ajag) yang dapat menyerang. Kalau berani ya nggak apap-apa. Tinggal bawa tongkat dan gunakan jurus ‘Pengemis memukul anjing dengan tongkat’.

Tiba di batas akhir Desa Ranupani, ada pos istirahat di atas bukit. Kamu dapat melihat pemandangan yang sangat indah ke bawah bukit, terlihat jalur yang menuju Gunung Bromo. Dari sini, meluncur turun. Hati-hati, bukitnya sangat curam dan sempit.

Bukit ini memanjang, mengelilingi kompleks Gunung Bromo, dengan ketinggian antara 200-600 meter, dan bergaris tengah 8-10 km, membentuk kaldera. Beberapa gunung di dalam Kaldera antara lain Bromo (2.392 meter), Batok (2.470 meter), Kursi (2,581 meter), Watangan (2.662 meter), dan Widodaren (2.650 meter).

Di bawah bukit, berupa padang rumput cukup tinggi, luas dan memanjang menuju ke Gunung Bromo. Setelah melewati lautan pasir, tinggal mencapai sisi timur Gunung Bromo. Jalur sempit dan berliku-liku, naik turun serta bisa longsor sehingga perlu berhati-hati.

Di sini, seharusnya, kamu sudah tiba di area Gunung Bromo. Tinggal memilih mau naik ke puncak dan melihat kawah atau tidak. Untuk naik atau menuruni Puncak Bromo, lewat tangga dari semen. Atau, jalan-jalan dengan menyewa kuda, melihat pura.

Rute Bromo via Tumpang ini, berarti kamu menempuh jalur Desa Ngadas–Jemplang–Bantengan, yang berada tepat di atas dan selatan Kaldera Bromo  dan merupakan tapal batas Kabupaten Malang dan Lumajang. Tiga kilometer ke selatan dari Jemplang adalah Bantengan merupakan perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang.

Jalan aspal mulus selebar 3,5 meter, cukup sempit untuk bersimpangan dengan kendaraan lain, apalagi dengan truk membawa hasil bumi. Sebaiknya, memacu kendaraan tidak lebih dari 30 km per jam. Ada tikungan 90 derajat, jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan terjun bebas ke Kaldera Bromo sedalam 300 meter.

Untuk ke Bromo lewat Tumpang, kamu bisa menyewa jip dari Malang, atau dari Tumpang, bahkan dari Batu. Perkiraan dari Tumpang (Rp 900.000/2 lokasi, Rp 1,1 juta/4 lokasi), dari Malang (Rp 1,6 juta/2 lokasi, Rp 1,7 juta/4 lokasi), dan dari Batu (Rp 1,8 juta/2 lokasi, Rp 1,9 juta/4 lokasi).

Contoh Itinerary Tur Bromo dari Malang
Pukul 01.00 : Kami akan menjemput anda di lokasi penginapan/hotel di Malang
Pukul 03.30 : Sampai Puncak Penanjakan dan menikmati sunrise Bromo
Pukul 06.00 : Turun dari Penanjakan 1 menuju kawah Bromo. sesampai di area parkir Bromo, anda bisa jalan kaki atau naik kuda untuk menuju kawah Bromo
Pukul 08.00 : Setelah selesai dari Kawah Bromo, rute perjalanan menuju Pasir berbisik
Pukul 09.00 : Menikmati indahnya pemandangan Sava/Bukit Teletubbies
Pukul 11.00 : Kunjungan ke air terjun Coban Pelangi (Additional)
Pukul 12.30 : Sampai di Malang, dan tur selesai

Perkiraan Harga Tur Bromo
Penjemputan di Kota Malang : Rp 1.200.000
Penjemputan di Kota Batu : Rp 1.350.000

Keterangan :

  • Jika mengunjungi air terjun Coban Pelangi, ada tambahan biaya Rp 50.000
  • Jika mengunnjungi Air Terjun Madakaripura ada tambahan biaya Rp 300.000
  • Harga sudah termasuk Jip, Driver, BBM, Parkir
  • Harga tidak termasuk Tiket, Makan, Pengeluaran pribadi
  • Kapasitas Jeep: 6 Penumpang
  • Harga hanya ancar-ancar, bisa berubah, atau silakan nego langsung dengan pengelola paket wisata yang kamu pilih.

Tinggalkan Balasan