Rute Paling Populer ke Bromo lewat Probolinggo

BOLEH dibilang gaes, inilah jalur paling populer. Jalur Probolinggo relatif landai, aksesnya mudah, aman dan banyak sekali guest house yang murah meriah. Di kawasan Cemoro Lawang, kamu dapat menemukan penginapan dengan harga Rp 100.000-an.

Seperti halnya rute Senduro, Lumajang yang dapat ditempuh dari Malang selatan lewat Dampit, jalur Probolinggo juga bisa. Hanya memang, butuh waktu lebih lama, kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Jadi, admin mo-trans, menyarankan, jalur Probolinggo lebih efektif dari Surabaya.

Ada dua pilihan tempat ‘transit’ sebelum ke Gunung Bromo : Desa Sukapura dan Desa Ngadisari (Cemoro Lawang). Sebagian besar lebih memilih Cemoro Lawang karena lebih dekat (hanya 4 km dari Bromo), dibandingkan Sukapura yang berjarak kurang lebih 13 km.

Ngadisari, bersama dengan dua desa lainnya, yaitu Wonotoro dan Jetak, merupakan kawasan lereng perbukitan Cemoro Lawang, desa terdekat dengan Gunung Bromo. Cemoro Lawang berada di ketinggian 2200 mdpl. Dari ujung desa Cemoro Lawang, kamu bisa menikmati pemandangan indah Gunung Bromo dan Gunung Batok yang diselimuti oleh kabut di pagi hari.

Cara menuju Cemoro Lawang (Surabaya – Tongas (Probolinggo) – Sukapura – Cemoro Lawang – Bromo), kamu bisa naik bus mini atau bison dari Terminal Bayuangga, menuju selatan ke Kecamatan Sukapura, dan selanjutnya ke Desa Ngadisari (Cemoro Lawang).

Akses mudah meski jalan berkelok. Sesampainya di Cemoro Lawang, bisa menginap di Hotel (ada beberapa Hotel kelas Melati ) dan Homestay. Harganya mulai Rp 100.000, dengan warung makan yang cukup banyak pilihan, dengan harga sangat terjangkau.

Beberapa pilihan aktivitas di Jalur Cemoro Lawang
Jalur Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Cemoro Lawang, biasa dilalui oleh banyak pengunjung dengan berjalan kaki atau menunggang kuda (sekitar 3 jam). Kalau kamu mengunjungi pagi hari, dapat melihat matahari terbit, jika dilakukan di siang hari, pengunjung akan dapat dengan jelas melihat gunung Bromo dengan semua aktifitasnya.

Cobalah pula, rute lautan pasir di sekitar gunung Tengger : Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Gunung Watangan – Cemoro Lawang. Rute ini pasti disukai yang suka tantangan. Jalurnya riskan dan tidak mudah dilalui.  Harus melewati dua jurang dan membutuhkan waktu 4 jam.

Lewat rute ini, kamu bisa menikmati panorama yang indah dari Segoro Wedi Lor (Lautan Pasir sisi Utara), yang sebenarnya merupakan kawasan kawah aktif dari Gunung Watangan ini dan masih jarang dikunjungi, sehingga kondisinya masih alami dan perawan.

Ada pula, rute Cemoro Lawang – Penanjakan – Cemoro Lawang. Jalur ini meliputi jalan di sekitar puncak Penanjakan. Butuh waktu 5 jam perjalanan. Spot paling menarik adalah kaldera Tengger dan pemandangan eksotis lainnya.

Lalu, rute Cemoro Lawang – Gunung Bromo – Watangan – Goa Lava – Cemoro Lawang. Ini rute terbaik untuk belajar goa lava, bisa ditemukan di wilayah goa atau daerah Sumur Pitu. Banyak goa terbentuk dari Gunung Kursi yang mengalami proses pendinginan. Butuh sekitar 4-5 jam perjalanan.

Biasanya pemilik penginapan suka menawarkan tur ke Bromo dengan jip.  Bahkan, sopir bison atau bus mini, merangkap marketing salah satu pemilik jasa jip. (Oh ya, hati-hati, kadang sopir bison menawarkan harga sewa, bukan tiket per orang). Tapi, kamu bisa juga jalan kaki, kalau memang suka hiking, karena jarak dari Cemoro Lawan ke Bromo, tidak terlalu jauh.

Untuk Sewa Jip Bromo dari Sukapura atau Cemoro Lawang , ada dua penawaran.
1. Penjemputan di Terminal Sukapura, dan jip mengantar menuju 4 lokasi wisata, Sunrise di Penanjakan (View Point 1), Kawah Gunung Bromo, Padang Savana Teletubbies di Bromo, Pasir Berbisik Gunung Bromo. Setelah itu, mengantar ke Desa Sukapura.

2. Penjemputan Terminal Sukapura, mengantar menuju 2 lokasi, View Point 1 gunung Penanjakan untuk menikmati Sunrise, kemudian Kawah Gunung Bromo. Setelah itu jip mengantar kembali ke Desa Sukapura.

Contoh Harga Sewa Jip dari Sukapura atau Cemoro Lawang
Sukapura ➜ Penanjakan 1 dan Kawah Bromo (Rp 600.000)
Sukapura ➜ Penanjakan 2/Mentigen dan Kawah Bromo (Rp 550.000)
Sukapura ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies (Rp 650.000)
Cemoro Lawang ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo (Rp 600.000)
Cemoro Lawang ➜ Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies (Rp 650.000)

Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Surabaya (Juanda) : Rp 1.650.000
Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Malang : Rp 1.550.000

Keterangan :

  • Harga hanya ancar-ancar, setiap pemilik jasa punya aturan sendiri. Silakan nego dengan mereka.
  • Harga dapat berubah-ubah, tergantung cuaca dan musim kunjungan.
  • Rata-rata kapasitas jip maksimum 6 orang.
  • Umumnya, harga sudah termasuk sewa 1 jip, driver, BBM, dan tidak termasuk tiket masuk, makan, pengeluaran pribadi dan asuransi pribadi.

Contoh Rincian Perjalanan:
Pukul 03.00 : menjemput di lokasi penginapan atau di parkiran jip
Pukul 03.45 : Sampai Puncak Penanjakan dan menikmati sunrise Bromo
Pukul 06.00 : Turun dari Penanjakan 1 menuju kawah Bromo. sesampai di area parkir Bromo, bisa jalan kaki atau naik kuda untuk menuju kawah Bromo
Pukul 08.00 : Setelah selesai dari Kawah Bromo, rute perjalanan menuju Pasir Berbisik
Pukul 09.00 : Menikmati indahnya pemandangan Savana/Bukit Teletubbies
Pukul 10.00 : Sampai di meeting point

8 thoughts on “Rute Paling Populer ke Bromo lewat Probolinggo

    1. Kalau asumsi lancar ya, kurang lebih 3-4 jam sudah sampai cemoro lawang bro. Tapi tolong dicek ya, rutenya dulu. 1. Bandara Juanda-Terminal Bungurasih, 2. Terminal Bungurasih-Terminal Bayuangga Probolinggo, 3. Naik minivan dari dekat terminal Bayuangga-Cemoro Lawang. Yang 1 : apa naik taksi, atau bus bandara?, 2. Kalau ini banyak pilihan, tapi coba pilih Bus Lorena ya, 3. Kalau nggak ngetem, bisa cepatlah.

  1. Bermanfaat sekali mas infonya. Kami berencana ke Bromo awal tahun depan.
    Tiba di Juanda siang jam 12.00 an.
    Sebaiknya rute dan transportasi bagaimana ya yg aman, nyaman dan murah.
    Rencana nginap di cemoro lawang.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Dari Bandara Juanda, bisa naik bus Damri ke Terminal Bungurasi. Jangan khawatir, busnya masuk terminal. Dari terminal ini, naik bus yang jurusan ke Terminal Probolinggo. Dari sini, silakan cari minivan (mobil elf, orang lokal menyebutnya bison) yang bisa mengantar ke Cemoro Lawang. Hanya saja hati-hati ya, kadang mereka main pukul harga. Bukan hitungan kepala tapi hitungan sekali berangkat. Kalau sekali berangkat, katakanlah Rp 500.000, kalau yang naik satu orang, yang harus bayar segitu. Jadi, saran saya, tunggu sampai kendaraan penuh, biar lebih murah. Semoga lancar perjalanannya, happy traveling.

  2. Mohon info nya mas, untuk jeep dan hotel di cemoro lawang pada libur akhir tahun apakah banyak tersedia jika langsung sewa disana tanpa booking jauh2 hari? terimakasih

    1. Sebenarnya, banyak tempat menginap dan sewa jip, hanya saja, kalau go show, tanpa booking, takutnya, tidak kebagian. Kita kan gak tahu, bagaimana kondisi riil di lapangan. Saya sarankan, booking saja. Kalaupun tanpa booking dan bisa dapat, khawatirnya, harganya sudah tidak normal lagi.

Tinggalkan Balasan