Sekilas tentang Sistem Transportasi di Korsel

MODA transportasi menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk menjelajah sebuah tempat. Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyediakan beberapa jenis transportasi yang andal dan nyaman karena relatif tepat waktu.

Transportasi yang ada mendapat dukungan teknologi dan fasilitas lain. Lebih detailnya, simak dulu sistem transportasi di Negeri Ginseng itu. Kalau sempat ke sana dapat mempertimbangkan sebelum naik, kan harus menyesuaikan budget.

1. Kereta Bandara ‘Airport Railroad Express (AREX)’
a. Kereta Ekspres (Langsung menuju Stasiun Seoul tanpa berhenti di stasiun lain.
b. Kereta Reguler (Kereta commuter yang terhubung dengan jalur Metro Seoul, dapat digunakan dari dan ke Bandara Incheon, Seoul, dan area sekitar.)
c. Catatan: Tiket Kereta Ekspres AREX bisa dibeli di online travel agent Indonesia.

2. Bus Bandara
Tiket bus bandara biasanya bisa dibeli di gerai yang terletak di luar Gerbang
Kedatangan Lantai 1 di setiap terminal bandara.

3. Kereta Antar Kota
a. Korea Train Express (KTX)
b. Super Rapid Train (SRT)
c. Intercity Train Express (ITX)
d. Saemaeul & Mugunghwa

KTX merupakan kereta ekspres dengan kecepatan kira-kira 305 km/jam. ITX-Saemaeul adalah kereta di bawah KTX yang melayani jalur Gyeongbu, Honam dan Gyeongjeon. Mugunghwa adalah kereta dengan tarif termurah dan berhenti di stasiun kecil yang dilewati KTX atau ITX-Saemaeul. Super Rapid Train (SRT) melayani jalur Gyeongbu dan Honam dari Stasiun Suseo.

Jalur utama kereta api di Korsel ada dua, yaitu Jalur Gyeongbu dan Jalur Honam, tetapi ada juga jalur kereta api lainnya yang mencakup Jalur Jeolla dan Gyeongjeon. Keduanya melayani rute sampai Yeosu dan Changwon di pantai selatan.

Bagi yang berkunjung ke Korsel, ada yang namanya Korail Pass. Ini tiket terusan kereta khusus untuk wisatawan asing. Pemegang kartu ini dapat menaiki semua rute kereta yang dioperasikan oleh KORAIL tanpa batas selama masa berlaku kartu yang dipilih.

Dengan menggunakan Korail Pass, wisatawan dapat menggunakan semua jenis kereta termasuk KTX pada hari yang telah dipilih. Kamu bisa mengakses situs-situs berikut ini untuk tahu tentang reservasi, jadwal dan harga tiket kereta.

a. Situs KORAIL korail.com (tersedia dalam bahasa Korea dan Inggris)
b. Halaman KORAIL PASS letskorail.com (tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan Cina)
c. Situs SR: srail.co.kr (tersedia dalam bahasa Korea, Jepang dan Cina)

4. Bus Kota
Bus kota memiliki nomor atau warna berbeda untuk setiap rute. Pembayaran dapat
menggunakan uang tunai atau kartu tranportasi. Namun, perlu diingat bahwa bus
tidak menyediakan uang kembalian untuk pembayaran tunai.

Untuk berkeliling Korea, selain kereta, bus juga bisa dijadikan moda transportasi pilihan. Terdapat dua jenis bus, yaitu bus ekspress atau Gosok Boseu dan antarkota atau Shioe Boseu (untuk pinggiran kota).

a. Bus Ekspres
Melayani jalur yang lebih panjang dan melaju di jalan bebas hambatan. Bus ini berhenti di tempat peristirahatan namun jarang berhenti di kota lain selain kota tujuan.

Ada dua jenis tarif untuk bus ekspres: Bus Ilban (regular/standar dan Bus Udeung (mewah). Bus Udeung memberikan kenyamanan tambahan, yaitu ukuran kursinya lebih luas. Tersedia bus malam dengan tarif yang sedikit lebih mahal.

Terminal bus ekspres di Kota Seoul, antara lain adalah Terminal Seoul Express Bus (Jalur Gyeongbu/Yeongdong dan Terminal Central City Express (Jalur Honam).

Untuk mengetahui kota-kota yang mendapat layanan jalur Gyeongbu/Yeongdong dan Honam, bisa cek di situs kobus.co.kr/main.do. Tersedia pilihan Bahasa Inggris. Ada fasilitas reservasi tiket, lengkap dengan jenis bus dan harga tiket. Pemesanan bisa dilakukan pula lewat aplikasi di ponsel.

Bisa pula reservasi tiket di exterminal.co.kr, tetapi layanan bahasa yang tersedia hanya bahasa Korea. Untuk murid SMP atau SMA yang menggunakan bus ekspres ekonomi, tersedia potongan harga tiket.

b. Bus Shioe (Dibaca: Sheeway) atau Bus Antarkota
Melayani rute lebih pendek. Biasanya perjalanan menuju suatu kota. Bus berhenti di kota-kota kecil. Jikhaeng (rute langsung) atau Mujeongcha (non-stop) adalah bus yang tidak berhenti di kota-kota lain, langsung menuju kota tujuan.

Terminal bus antarkota di Kota Seoul adalah Terminal Seoul Nambu dan Terminal Sangbong. Terminal yang melayani bus ekspress dan antarkota adalah Jonghap Express Bus Terminal. Untuk reservasi tiket dan mengecek jadwal perjalanan bus antarkota, bisa dicek di website ini.

– nambuterminal.com untuk Seoul Nambu Terminal (bahasa Korea).
– sbtr.co.kr untuk Sangbong Terminal (bahasa Korea).
– bustago.or.kr BUS TAGO (bahasa Korea, Inggris, China dan Jepang).
– t-money.co.kr untuk Intercity Bus Integrated Online Ticket Reservation System (bahasa Korea, Inggris, China dan Jepang).

Catatan: bus malam ekspres atau shioe mematok tiket lebih mahal dibandingkan bus yang melakukan perjalanan siang hari. Jika ingin mendapatkan tiket dengan harga lebih murah, hindari perjalanan malam hari.

c. Bus Dalam Kota Seoul
Ada empat kategori bus di Kota Seoul, masing-masing dengan kode warna sendiri, yaitu hijau, biru, kuning, dan merah. Nomor di badan bus menunjukkan nama distrik di Seoul. Biar penumpang mudah mengidentifikasi titik keberangkatan bus dan tujuan.

Bus hijau: menghubungkan wilayah permukiman, terminal bus, dan jalur kereta bawah tanah. Bus ini beroperasi dalam sebuah distrik, rute pendek dan kecepatan jalannya lambat. Berhenti di sebagian besar stasiun subway.

Tarifnya dengan T-Money/Cashbee: Dewasa (200 won), Remaja (720 won), Anak-anak (450 won). Pembayaran tunai: Dewasa (1.300 won), Remaja (1.000 won), Anak-anak (450 won).

Bus biru: menghubungkan daerah pinggiran kota ke pusat Kota Seoul. Jarak rutenya lebih jauh jauh dan beroperasi pada kecepatan lebih tinggi dibandingkan bus warna lainnya.

Tarif Bus Biru, dengan T-Money/Cashbee: Dewasa (200 won), Remaja (720 won), dan Anak-anak (450 won). Pembayaran tunai: Dewasa (1.300 won), Remaja (1.000 won), Anak-anak (450 won).

Bus kuning: beroperasi di daerah pusat bisnis (daerah pusat kota), menghubungkan kawasan bisnis utama, perbelanjaan dan wisata di Kota Seoul. Rute pemberhentian bus ini di stasiun kereta, tempat perbelanjaan, tempat wisata, dan area bisnis, dan terhubung dengan bus-bus distrik, stasiun subway, dan stasiun kereta api utama.

Tarif Bus Kuning dengan T-Money/Cashbee: Dewasa (1.100 won), Remaja (560 won), Anak-anak (350 won). Pembayaran secara tunai: Dewasa (1.200 won), Remaja (800 won), dan Anak-anak (350 won).

Bus merah: adalah bus ekspress khusus melayani komuter yang melakukan perjalanan antara pusat Kota Seoul dan daerah metropolitan. Bus ini bisa digunakan mengakses daerah seperti Incheon dan Suwon.

Tarif Bus Merah dengan T-Money/Cashbee: Dewasa (2.300 won), Remaja (1.360 won), Anak-anak (1.200 won). Pembayaran tunai: Dewasa (2.400 won), Remaja (1.800 won), dan Anak-anak (1.200 won).

Bus Maeul: melayani komunitas yang lebih kecil di setiap distrik (gu) atau setingkat di bawah kota atau kabupaten. Busnya lebih kecil, berwarna hijau dan rute tempuhnya lebih pendek. Bus ini melayani rute sampai daerah permukiman.

Tarif Bus Merah Maeul dengan T-Money/Cashbee: Dewasa (900 won), Remaja (480 won), Anak-anak (300 won). Pembayaran tunai: Dewasa (1.000 won), Remaja (550 won), dan Anak-anak (300 won).

Catatan: tarif ini valid sebelum pandemi Covid-19 ya. Coba dicek lagi, barangkali sudah ada perubahan.

Kartu Transportasi (T-Money dan Cashbee)
Dapat dibeli dan diisi ulang di convenience store (GS25, 7-Eleven, Buy The Way, dan lainnya). Catatan: T-Money juga tersedia di mesin penjual otomatis di stasiun kereta bawah tanah.

Oh ya, tambahan sedikit, untuk memudahkan jalan-jalan, tidak ada salahnya, memasang Naver Map dan Kakao Map di ponsel agar tidak tersesat. Keduanya merupakan aplikasi penunjuk arah yang dapat digunakan di Korsel, baik untuk menunjukkan jalan menggunakan mobil pribadi atau taksi, maupun untuk menggunakan angkutan umum seperti kereta bawah tanah atau bus.

Saat menggunakan angkutan umum, aplikasi akan menyarankan beberapa rute, lengkap dengan estimasi waktu tempuh dan kedatangan armada, biaya, maupun lokasi transit. Keduanya sudah tersedia di Play Store dan Apple Store.
Catatan: Naver Map menyediakan semua informasi perjalanan dalam bahasa Inggris, sementara Kakao Map masih menggunakan campuran antara bahasa Korea dengan Inggris.

Tinggalkan Balasan