Kisah tentang Radegast Railway Station di Lódz Polandia

KALI ini izinkan saya sedikit bercerita mengenai situs terpenting peninggalan Perang Dunia II di kota tercinta saya Lódz, Polandia. Saya hanya bercerita sedikit agar tidak spoiler.

Auschwitz merupakan kamp konsentrasi terbesar yang terletak di dekat Kraków, Polandia. Sebelum tahanan kaum Yahudi dikirim ke Auschwitz, mereka dikumpulkan terlebih dahulu di kota Lódz, Polandia.

Mereka dikirim dari penjuru Eropa dan the wartheland district dengan naik kereta menuju kota ini dan turun di Radegast Railway Station.

Radegast Railway Station yang merupakan tempat transit ini masih berdiri sampai sekarang untuk mengenang orang-orang yang tidak hanya datang dari penjuru Eropa, tapi juga orang Polandia yang dikirim menuju kematiannya di Auschwitz dan Chelmno On Ner.

Di stasiun ini terdapat sebuah kereta api tua lengkap dengan gerbong kayu kecil yang pernah digunakan untuk mengangkut orang malang tersebut. Satu gerbong diisi seratus orang. Mereka datang dari Austria, Roma, Sinti, Vienna, Prague, Berlin, Luxemburg, Frankfurt, Köln, Emden, Harmburg, dan Düsseldorf.

Sampai tahun 1940, jumlah kaum Yahudi di kota ini tersebar sebanyak 233.000 orang, dan sebagian ditempatkan di Penjara Radogoszcz. Di Radogoszcz banyak yg meninggal karena kelaparan, dibunuh, dan lainlainnya.

Setelah itu kemudian sebanyak 145.000 orang Yahudi dikirimkan ke Death Camp di Chelmno on Ner dan Auschwitz-birkenau untuk dieksekusi.

Semua sejarah ini dapat kita baca langsung di museum di Radegast Railway Station ini. Jangan khawatir, mereka juga menyediakan yang berbahasa Inggris.

Di sini kita juga bisa melihat replika area pada jaman Ghetto. Selain itu, di stasiun ini terdapat satu meja besar yang di atasnya terdapat dokumen asli berisi list para tahanan yang dikirimkan ke kamp kematian.

Saya merinding melihatnya, karena selain berisi nama, buku ini juga berisi checklist. Jadi, saya merinding membayangkan ketika si admin mencentang nama-nam orang yang dikirim ke kematiannya, seperti dewa kematian saja!

Di sebelah stasiun ini terdapat kuburan Yahudi yang sangat besar, seluas 39,6 hektare. Kebayang kan luas banget? Kuburan ini menjadi tempat peristirahatan terakhir tahanan yang meninggal karena kelaparan, penyakit, dan dibunuh.

Maaf, Saya tidak menyertakan gambar kuburannya ya, takut nanti ada Valak.. Sekian cerita dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan karena saya bukan ahli sejarah, dan hanya menulis berdasarkan informasi di site tersebut. Mohon koreksinya.

Stasiun ini beralamatkan di Alei Pamieci Ofiar Litzmannstadt Getto 12, 91-859 Lódz, Polandia. Untuk jam bukanya dapat dilihat di website http://www.muzeumtradycji.pl/. Untuk ke kota Lódz, bisa naik polskibus www.polskibus.com dari Warsawa, ibukota Polandia 10zl selama 2 jam, atau naik kereta LKA satu jam. (Pratiwi Widya Ratyniak)

Tinggalkan Balasan