Kota Surabaya Punya Aplikasi Terintegrasi ‘TransportasiKu’

KOTA Surabaya punya aplikasi untuk mencari (golek) bus (bis). Namanya, GOBIS. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis lewat ponsel Android.

Aplikasi ini berguna untuk mengetahui posisi terakhir moda transportasi Suroboyo Bus dan bus tingkat yang sedang beroperasi.

Aplikasi GOBIS yang dapat diunduh di Google Play ini, memuat informasi tentang rute Suroboyo Bus, lengkap dengan peta digital yang real time.

Lalu, perkiraan waktu kedatangan bus tempat penumpang menunggu, serta beberapa informasi lainnya (e-ticketing bus AKDP maupun AKAP, dan angkutan umum mikrolet atau lyn).

“Lewat aplikasi GoBis, penumpang yang menunggu dapat mengetahui posisi terakhir dari bus yang diinginkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad.

Moda transportasi publik, Suroboyo Bus telah melayani warga sejak 2018, dengan hanya menukarkan sampah plastik sebagai tiket.

Hanya saja jadwal kedatangan bus di sejumlah halte tidak dapat dipastikan tergantung arus lalulintas saat itu. Perkiraannya 30-40 menit.

Aplikasi GOBIS dapat mendeteksi posisi bus, Pemkot Surabaya menyediakan aplikasi bernama GOBIS Suroboyo Bus. Dari laman Google Play, aplikasi ini menggunakan koneksi internet (4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi) untuk menampilkan data secara real time.

Menurut Irvan, GOBIS ini sekarang terintegrasi atau menjadi satu dengan sejumlah aplikasi lain seperti GoParkir. Dishub Surabaya menyebutnya, aplikasi integrasi itu bernama ‘TransportasiKu’, diklaim sebagai satu aplikasi untuk semua informasi lalin dan transportasi.

Konsepnya sebagai single application, sehingga pengguna bisa mendapat segala informasi yang diinginkan dengan sekali klik. Irvan mengatakan, pengembangan aplikasi TransportasiKu merupakan hasil masukan warga Kota Surabaya.

“Kami kan punya banyak aplikasi seperti GOBIS untuk Suroboyo Bus, Go-Parkir, e-Dishub, dan lain-lain. Dari berbagai platform itu, kami satukan jadi satu. Semua bisa akses di satu aplikasi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan