Cara Menuju Baku Olympic Stadium Azerbaijan

BAKU Olympic Stadium adalah stadion termegah di Azerbaijan. Dibangun 6 Juni 2011 sebagai peringatan 100 tahun sepak bola Azerbaijan yang dihadiri oleh Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, Presiden FIFA, Sepp Blatter, Presiden UEFA, Michel Platini, dan tamu penting lainnya.

Baku Olympic Stadium atau Stadion Olimpiade Baku ini berkapasitas 68.700 penonton ini menjadi salah satu tuan rumah yang menyelenggarakan total empat pertandingan di Piala Eropa 2020. Dengan tiga laga di antaranya menjadi venue untuk Grup A.

Stadion ini terletak di timur laut kota Baku (H Aliyev Ave 323, Baku, AZ1040), di jalan yang membentang dari pusat kota ke bandara internasional. Tidak jauh dari Danau Boyukshor, sekitar 11 km Fountains Square. Jadi, cukup mudah menjangkaunya dengan Metro.

Baku Central Railway Station ke stadion, kurang lebih 20 menit dengan Metro, Bandara ke pusat kota, 30 menit dengan airport shuttle. Oh ya, Metro ini, semacam angkot ya, bentuknya mirip jip, dengan identitas warna tertentu.

Baku punya jaringan Metro yang terdiri atas tiga jalur berbeda, menyediakan akses yang baik ke stadion, stasiun kereta api utama, terminal bus, dan tempat-tempat wisata utama di pusat kota. Ini dianggap sebagai salah satu sistem metro termurah di dunia, dilengkapi jaringan bus yang luas.

Stasiun Koroglu adalah titik terdekat dengan stadion ini. Kalau turun di sini, bisa langsung jalan kaki saja. Kamu dapat naik Metro Lines 1 dan 2 untuk menuju Koroglu. Untuk naik Line 1, bisa dari sekitaran Kota Tua dan Baku Boulevard.

Cara tercepat, ya dengan naik taksi. Harganya $5 sampai $7 dengan waktu perjalanan 11 menit. Jarak antara Baku (pusat kota) dengan Baku Olympic Stadium kurang lebih 6 km.

Taksi gaya London adalah pilihan populer di Baku. Siapkan uang tunai untuk membayar perjalanannya. Taksi menggunakan argo (meteran), selalu biasakan tanya meski mungkin bisa saja terjadi nego harga.

Tersedia pula jalur kereta api langsung dari Koroglu dan tiba di Nariman Narimanov yang dioperasikan Baku Metro. Layanan transportasi ini ada setiap 5 menit dan beroperasi setiap hari. Subway dari Koroglu to Nariman Narimanov hanya 6 menit, sudah termasuk dengan pindah rute.

Untuk ke Baku Azerbaijan ini, untuk orang Indonesia, perlu mengajukan permohonan visa dengan biaya US$50 ke Kedutaan Azerbaijan di Jakarta dan melampirkan bukti pemesanan tiket pesawat dan penginapan selama di sana.

Proses ini memakan waktu 3 hingga 15 hari. Jika menggunakan jasa agen tur Azerbaijan, biaya visa hanya US$20. Sayang, belum ada penerbangan langsung Indonesia ke Azerbaijan.

Pilihannya, menggunakan maskapai Turkish Airlines atau Qatar Airways dengan satu kali transit di Istanbul atau Doha. Pilihan lain, perlu dua atau tiga kali transit di Malaysia atau Singapura, Iran dan Rusia.

Banyaknya transit bisa bikin lelah dan ongkos jalan besar. Bisa lebih Rp 20 juta untuk tiket pulang-pergi. Perjalanan menuju Azerbaijan butuh lebih 12 jam, belum termasuk waktu transit.

Semua maskapai akan mendarat di Bandara Internasional Heydar Aliyev. Baku memiliki arti ‘angin’ dalam bahasa Persia. Jadi, waktu terbaik mengunjungi negara ini, saat musim gugur atau musim dingin. Bawalah baju hangat dan tebal.

Jadwal Piala Eropa 2020
Grup A: Olympic Stadium (Azerbaijan)
12 Juni 2021: Wales vs Swiss (20.00)
16 Juni 2021: Turki vs Wales (23.00)
20 Juni 2021: Swiss vs Turki (23.00)
3 Juli 2021: Perempatfinal (Winner 3 vs Winner 1)

Tinggalkan Balasan