Cara Menuju Taman Laut Nasional Wakatobi

CARA menuju Taman Laut Nasional Wakatobi ada beberapa. Tapi yang pasti, pilihan itu merupakan kombinasi moda transportasi udara, laut dan darat.

Kenapa? Karena Wakatobi merupakan sebuah taman laut nasional di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Cara menuju Taman Laut Nasional Wakatobi, mau tidak mau menyesuaikan dengan lokasinya.

Wakatobi yang luasnya 1,39 juta hektare, adalah kawasan membentuk pulau karang penghalang, berbentuk lingkaran yang biasa disebut atol.

Tamannya berisi keanekaragaman hayati laut, yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Nama Wakatobi merupakan singkatan dari nama-nama pulau utama di sana, yaitu Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko, sedangkan ibu kota Kabupaten Wakatobi adalah Pulau Wangi-Wangi.

Pilihan moda transportasi udara menuju taman laut nasional Wakatobi, kalau berangkat dari Jakarta, bisa turun di Kendari atau Makassar. Baru lanjut dengan pesawat lagi ke Bandara Matohara, Wakatobi.

Hingga Februari 2023, masih simpang siur mengenai fasilitas penerbangan ke Wakatobi, dari titik keberangkatan Kendari atau Makassar. Info terakhir menyebutkan, penerbangan pesawat dari dan ke Kabupaten Wakatobi akhirnya aktif kembali setelah berhenti sejak 8 Juli 2022.

Rute dibuka kembali oleh maskapai Wings Air yang melayani penerbangan Makassar–Wakatobi (PP). Versi Wings Air, rencana pengoperasian kembali rute Wakatobi, mulai 10 Desember 2022 sampai 25 Maret 2023.

Detail rute penerbangan itu meliputi Baubau–Makassar, Makassar–Baubau, Wakatobi–Kendari, Kendari–Wakatobi, Wakatobi–Baubau, dan Baubau–Wakatobi.

Setidaknya itu yang diteken Direktur Utama Lion Group, Captain Daniel Putut Kuncoro Adi sejak 21 November 2022.

Tinggalkan Balasan