Cara Menuju Dermaga Nusa Lembongan dari Pelabuhan Sanur

NUSA Lembongan merupakan tempat terbaik untuk menuntaskan dahaga jalan kaki. Kalau jalan berkeliling tidak akan lebih dari 5 km bolak balik. Sepanjang mata memandang terlihat vila, hotel, resto dan spot destinasi menarik.

Pulau cantik Nusa Lembongan masuk wilayah Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Bisa dicapai dengan kapal cepat atau fast boat dari Pelabuhan Sanur. Tinggal pilih mau turun di dermaga Pantai Mushroom Bay atau Jungut Batu.

Durasi perjalanan dari Pelabuhan Sanur ke dua dermaga itu sama, yakni 30-an menit dengan fast boat. Orang lebih suka turun di Dermaga Jungut Batu, karena ini adalah dermaga utama di Nusa Lembongan.

Selain ramai aktivitas khas pelabuhan, di Jungut Batu, kamu dapat menyaksikan keindahan sunset atau hutan mangrove dan budidaya rumput lautnya. Tur mengelilingi hutan mangrove dengan perahu sampan menjadi aktivitas liburan menarik di Jungut Batu.

Sebaliknya, Dermaga Mushroom Bay atau dikenal dengan nama Teluk Jamur, nuansa alamnya nyaman. Air lautnya tenang serta berpasir putih, cocok untuk bersantai, berjemur dan berenang. Pesonanya semakin kuat karena berada di antara dua tebing.

Setiap provider fast boat punya tujuan dermaga berbeda-beda sebagai tempat berlabuh di Pulau Nusa Lembongan Klungkung. Sebaiknya, dan tidak ada salahnya, tanyakan lebih detail kepada agen tur atau provider kapal cepat itu.

Kalau nanti salah turun, tinggal ambil kendaraan penghubung. Jarak antara Dermaga Jungut Batu dan Mushroom Bay tidak jauh. Hanya 15-20 menit berkendara. Pulau Nusa Lembongan itu kecil, dengan panjang maksimal 4,6 km dan lebar maksimal 1,5 km.

Di setiap dermaga, ada layanan sewa sepeda motor dan sewa mobil, jasa layanan snorkeling dan diving, termasuk resto dan berbagai jenis penginapan. Tinggal pilih sesuai dengan budget kamu saja.

Contoh Layanan Kapal Cepat dari Sanur ke Nusa Lembongan
1. Arthamas Express Speedboat (09.15-09.45): Rp 259.000
2. Tanis Lembongan Express High Speed Ferry (08.30-09.00): Rp 135.000
3. Golden Queen Fast Boat Speedboat (08.30-09.00): Rp 230.000
4. Sugriwa Express Speedboat (09.00-09.30): Rp 230.000

Catatan:
a. Harga tiket paling rendah dari Bali ke Lembongan kurang lebih Rp 100.000 untuk sekali jalan. Tentu saja, durasi perjalanan bisa lebih dari 30 menit ya.
b. Kapal berangkat menyesuaikan kondisi cuaca, bisa saja tiba-tiba ditunda keberangkatannya terutama kalau lagi musim hujan.
c. Gelombang air laut sering tidak terduga, bawa obat-obatan kalau mudah mabuk laut.
d. Kalau sedang ramai (peak season), silakan booking (pesan) jauh hari karena biasanya jumlah tiket terbatas dan terjual dengan cepat.

1. Sanur Beach Port to Lembongan Pier
2. Sanur Beach Port to Nusa Lembongan
3. Nusa Lembongan Snorkeling & Mangrove Day Tour
4. Full Day Tour Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan
5. Half Day Tour Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Tinggalkan Balasan