Transportasi dari Parangtritis ke Candi Borobudur

PARANGTRITIS adalah pantai legendaris yang terletak di Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejak awal memang lebih terkenal dibandingkan tetangga sedaerahnya, Pantai Samas, atau tetangga luar daerah seperti Pantai Glagah, Baron, Kukup dan Krakal.

Nama-nama di atas merupakan pantai-pantai awal sebelum penemuan dan lahirnya destinasi baru di sepanjang pesisir laut pantai selatan. Bukan hanya garis pantainya yang panjang, Pantai Parangtritis sangat lekat dengan mitos Ratu Kidul.

Banyak orang Jawa percaya, jangan pergi ke Pantai Parangtritis dengan mengenakan pakaian warna hijau. Pantai Parangtritis diyakini sebagian orang sebagai gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul.

Cerita warga setempat, konon, seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit, bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di kawasan ini. Ketika sedang hening, dia melihat air menetes (tumaritis) dari celah batu karang (parang).

Lantas dia memberi julukan daerah itu, Parangtritis yang berarti air yang menetes dari batu. Pantai ini berjarak 27 km dari pusat Kota Yogyakarta (Jogja). Saat ini, buka 24 jam, dengan harga tiket masuk Rp 10.000.

Akses mencapai Pantai Parangtritis sekarang mudah. Angkutan publik bisa dari Terminal Giwangan langsung ke pantai itu. Bisa juga dengan menyewa mobil atau motor. Banyak persewaan sepeda motor di sekitar Terminal Giwangan. Salah satunya ini.

Rental Motor JELITA STAR Jogja
Alamat: Jl Nasional III, RT026 RW 009
Giwangan, Kecamatan Umbulharjo
Yogyakarta
Kontak: 0822-2191-8933

Seorang teman di Facebook menanyakan, transportasi dari Pantai Parangtritis ke Candi Borobudur, dengan budget murah. Bagi orang Yogya mungkin mudah sekali jawabannya. Beda dengan teman-teman yang tidak terlalu hafal atau baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Pelajar.

Admin mo-trans mencoba memberikan masukan sederhana saja. Kalau asumsinya, naik transportasi umum, maka alur atau rute yang harus ditempuh, kurang lebih seperti di bawah ini:

1. Parangtritis-Terminal Giwangan
2. Terminal Giwangan-Terminal Jombor
3. Terminal Jombor-Terminal Magelang
4. Terminal Magelang-Candi Borobudur

Candi Borobudur sendiri adalah candi Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada abad ke-9. Candi ini merupakan tempat wisata menarik yang berlokasi di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Harga Tiket Candi Borobudur
Tiket Dewasa Lokal: Rp 50.000
Tiket Anak Lokal (3-10 tahun): Rp 25.000
Guide Fee: Rp 100.000
Tiket Rombongan Minimal 20 Orang: Rp 25.000

Kalau melihat situasinya sekarang, kemungkinan besar menggunakan kendaraan semacam angkot (kecil), minibus, atau L-300. (Dengar-dengar, ada rute langsung antara Parangtritis-Borobudur, yang dilayani oleh PO Damri. Mungkin informasi ini bisa dicek lagi).

Kembali ke rute sederhana di atas, setidaknya ada 2 bus reguler yang melayani Terminal Giwangan (dan Jombor) ke Borobudur, yaitu Cemara Tunggal (11 unit) dan Ragil Kuning (5 unit). Biasanya, ada tulisan Jogja–Jombor–Borobudur, di kaca samping bus.

Rute kedua melayani Terminal Giwangan–Terminal Jombor–Terminal Muntilan–Terminal Borobudur, berupa microbus non-AC dengan 27 atau 28 tempat duduk, yang beroperasi pukul 05.00–20.00 WIB. Interval keberangkatan setiap 30-45 menit. Tarif Rp 20.000 (lokal), Rp 30.000 (turis). Waktu tempuh 2 jam.

Begitu tiba di Terminal Giwangan, bus berangkat ke Terminal Jombor lewat Ring Road Barat. Kursinya sempit dan kurang nyaman bagi orang dengan tinggi badan lebih dari 170 cm. Oya, kru bus tidak ada yang dapat berbahasa Inggris.

Bus ini nantinya berhenti di Terminal Borobudur, berjarak 1.400 meter dari pintu masuk Candi Borobudur. Kalau jalan kaki ya sekitar 20 menit, naik ojek Rp 10.000, naik becak Rp 10.000 per 2 orang, atau naik delman (dokar/andong) Rp 20.000 (4 orang).

Kalau kamu memilih berangkat dari Terminal Jombor untuk ke Borobudur, ada bus yang melayaninya. Biasanya sih sama dengan bus yang melayani rute Terminal Giwangan–Borobudur sehingga tidak ada perbedaan rute, armada, jam operasional, dan jadwal keberangkatan.

Jika kemudian memilih naik motor dengan cara menyewa, harga sewa motor di Yogya, antara Rp 60.000 hingga Rp 90.000 per hari. Kamu bisa leluasa berjalan, tinggal pencet Google Maps, lihat papan petunjuk di jalan, atau bertanya kepada warga setempat.

Sebaiknya, sewa motor di Yogya saja. Setelah itu jalan. Kalau jalan normal, 40 km per jam, dari Yogya ke Candi Borobudur sekitar 50 km, 2 jam sampai 3 jam, dengan biaya bensin tidak akan lebih dari Rp 30.000. Kalau sudah tiba di daerah Muntilan, tinggal berbelok beberapa kilo saja ke barat menuju Candi Borobudur.

Oh iya, admin mo-trans sudah cek, ada layanan bus Damri. Hanya saja, titik keberangkatan ada di Malioboro. Bisa juga sih dengan mencermati titik lainnya. Setidaknya, kalau melihat rute operasional bus itu seperti di bawah ini.

Layanan Rute Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA)–Borobudur dan Malioboro–Borobudur.

Rute 1: Malioboro-Taman Satya-Bantul-Pantai Parangtritis-Pantai Baron-Malioboro
Tarif: Rp 20.000
Jam keberangkatan: 04.30-11.30 WIB
Waktu tempuh: 5 jam

Rute 2 : Bandara YIA-Jalan Kyai HM Yunus-Kalirejo-Jalan Sermo Grimulyo-Tebing Gunung Gajah-Goa Kiskendo-Nanggulan-Mendut-Candi Borobudur
Tarif: Rp 20.000
Jam keberangkatan: 05.00-14.00
Waktu tempuh: 2,5 jam

Rute 3: Bandara YIA-Ambar Ketawang-Wirobrajan-Universitas Gadjah Mada-Jalan Affandi-Hartono Mall-Terminal Condong Catur
Tarif: Rp 25.000
Jam keberangkatan: 04.00-15.25 WIB
Waktu tempuh: 2 jam

Rute 4: Bandara YIA-Gamping-Ring Road Barat-Terminal Jombor-Komplek Pemkab Sleman-Sleman City Hall
Tarif: Rp 25.000
Jam keberangkatan: 06.15-17.20 WIB
Waktu tempuh: 1,5 jam

Rute 5: Malioboro-Tebing Breksi-Candi Ratu Boko-Candi Prambanan-Candi Borobudur-Malioboro
Tarif: Rp 20.000
Jam keberangkatan: 05.30-12.30 WIB
Waktu tempuh: 5 jam

Rute 6: Bandara YIA-Purworejo-Jalan Veteran-Jalan Purworejo Salaman-Jalan Diponegoro-Jalan Raya Borobudur-Candi Borobudur
Tarif: Rp 20.000
Jam keberangkatan: 07.00-13.00 WIB
Waktu tempuh: 1,5 jam

Catatan: valid per 14 Januari 2021.

Seorang kawan memberitahu, tidak ada rute khusus dari Malioboro ke Borobudur. Pilihan terdekat, kamu harus jalan kaki ke Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), lalu naik Damri ke Borobudur.

Tidak ada jadwal keberangkatan bus Damri dari Stasiun Yogyakarta ke Borobudur antara pukul 08.00–11.00 WIB. Jadi, mau tidak mau, kalau mengejar waktu, bisa naik Trans Jogja Rute 1A ke Bandara Adisutjipto dulu, lalu naik bus Damri ke Borobudur dari sana, yang berangkat pukul 07.00-21.00 WIB.

Opsi lainnya, kamu naik bus Trans Jogja Rute 3A ke Terminal Giwangan atau Rute 2A ke Terminal Jombor, lalu naik bus reguler ke Borobudur. Demikian pula, kalau dari Stasiun Lempuyangan, dan lainnya, harus ke salah satu dari 4 titik keberangkatan itu : Bandara Adisutjipto, Stasiun Yogyakarta, Terminal Giwangan, atau Terminal Jombor. (*)

Tinggalkan Balasan