Cara Menuju Gili Trawangan dari Pelabuhan Padang Bai

PELABUHAN Padang Bai menjadi titik keberangkatan dan kedatangan kapal feri dan kapal cepat (fast/speed boat). Lokasinya di Bali bagian timur, persisnya di Manggis, Karangasem, kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Denpasar.

Pelabuhan Padang Bai sekaligus menjadi hub, atau titik transfer moda transportasi laut di Bali, seperti kalau ingin menuju Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Pelabuhan Padang Bai juga menjadi pilihan jika ingin menuju pulau-pulau kecil di kawasan Lombok, seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Sebelum melihat pilihan transportasinya, sebaiknya pahami dulu biar tidak salah persepsi dan keliru berkomunikasi dengan warga setempat tentang ferry boat dan fast/speed boat.

Turis asing seringkali keliru persepsi sehingga salah bicara atau menyebut ketika memesan (order) kapal. Ferry boat itu kapal feri, yang mengangkut tidak hanya penumpang orang, tapi juga kendaraan seperti mobil, motor, bahkan bus, turk dan kargo.

Warga setempat lebih suka menyebutnya, slow boat, jadi kapal angkut yang jalannya lambat atau pelan. Sebaliknya, sesuai dengan namanya, fast/speed boat, kapal ukuran medium, tidak terlalu kecil, yang khusus mengangkut orang saja dengan sedikit bawaan. Kapal ini melaju lebih cepat ketimbang kapal feri.

Gili Trawangan merupakan destinasi populer. Tempat ini memiliki pelabuhan kecil sebagai titik transit fast boat dan perahu. Kamu dapat mengunjungi Gili Trawangan dari Pulau Lombok dan Bali, baik menggunakan jasa fast boat atau kapal biasa milik warga lokal Bangsal.

Dari Gili Trawangan ini selanjutnya dapat menjelajahi Gili Air dan Gili Meno dengan menggunakan kapal tradisional, sedangkan transfer dari Gili Trawangan menuju Bali biasanya menggunakan jasa fast boat.

Fast boat berangkat dari Gili Trawangan pukul 09.30 dan 16:00 setiap hari. Gili Trawangan hanya memiliki satu pelabuhan sehingga kalau ke sana, tidak perlu takut tersesat. Sangat mudah menemukannya.

Secara umum, menurut admin mo-trans, kalau posisi sedang di Bali dan ingin ke Gili Trawangan dapat menggunakan beberapa opsi, yakni naik kapal cepat (fast boat), charter kapal cepat pribadi, naik kapal umum (feri) yang murah, atau naik pesawat atau helikopter.

Kamu dapat memilih titik keberangkatan fast boat di Pelabuhan Serangan, Pantai Sanur, atau Pelabuhan Padang Bai. Untuk bahasan kali ini, berangkat dari Padang Bai-Gili Trawangan, yang berjarak 61,8 km, dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan fast boat 5 mesin 500 PK (PaardenKracht).

Salah satu provider fast boat yang populer di Padang Bai adalah Eka Jaya Fast Boat. Pilihan lainnya, Blue Water Express Fast Boat, Gili Getaway Fast Boat. Secara umum, jadwal keberangkatan kapal cepat di Pelabuhan Padang Bai, berangkat setiap hari dari pukul 09.00 dan 09.30 waktu setempat.

Selain kapal cepat, ada pilihan kapal feri. Rute feri Padang Bai-Gili Trawangan dioperasikan tiga perusahaan feri, yaitu Bluewater Express mengoperasikan penyeberangan sampai 7 kali per minggu, Bali Eka Jaya 4 kali per minggu dan Jasa Marlin Fast Boat tersedia sampai 4 kali per hari.

Ada kombinasi 39 pelayaran per minggu di penyeberangan Padang Bai-Gili Trawangan. Silakan bandingan saja, baik harga dan servisnya, menyesuaikan dengan budget dan waktu bepergian.

1. Padang Bai Port to Gili Trawangan Port
2. Fast Boat Ticket between Bali (Padang Bai Port), Gili Islands and Lombok by Eka Jaya
3. Fast Boat Ticket between Padang Bai Port and Gili Islands by Golden Queen
4. Gili Trawangan to Padang Bai
5. Tiket Fast Boat antara Bali (Pelabuhan Padang Bai), Kepulauan Gili, dan Lombok

Tinggalkan Balasan