Cara Mudah Menuju Tumpeng Menoreh

CARA mudah menuju Tumpeng Menoreh adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi, transportasi online, atau sewa mobil.

Kalau mau naik motor juga bisa, karena kadang, di musim penghujan, lokasi tidak mudah dicapai kendaraan roda empat. Beberapa titik medannya berisiko.

Lokasi Tumpeng Menoreh di lereng bukit Menoreh, tepatnya di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Ketinggiannya kurang lebih 950 mdpl.

Perjalanan menuju Tumpeng Menoreh (versi akses dari Magelang), cukup ekstrem. Ada beberapa rute yang bisa dipilih. Bisa dari Suroloyo, lewat Pasar Jagalan, atau melalui Desa Ngargoretno, Salaman.

Lebih bagusnya untuk rute di atas menggunakan kendaraan 4×4 atau naik ojek yang disopiri anak kampung setempat yang sudah tersertifikasi.

Jarak Tumpeng Menoreh dari Titik Nol Jogja kurang lebih 40-an km. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam hingga 2 jam perjalanan, tergantung kepadatan lalu lintas.

Secara umum, yang biasa ditempuh, jika kendaraannya mau sampai sini (atas), paling aman lewat Samigaluh (Kulonprogo). Masuknya dari Kebun Teh Nglinggo.

Alamat Tumpeng Menoreh ini (dalam versi Yogyakarta), masuk daerah Sumbersari, Pagerharjo Samigaluh, Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55673.

Jalan menuju atas sudah beraspal, tidak terlalu curam, tapi cukup menantang bagi yang membawa mobil karena akan repot kalau papasan dengan mobil dari arah berlawanan.

Jadi, sebelum menuju Tumpeng Menoreh, pastikan kondisi kendaraan fit karena akan ada sejumlah medan sempit, berkelok dan menanjak cukup tajam. Jika naik motor, sebaiknya hindari motor matic.

Tinggalkan Balasan