Naik Bus Umum dari Changi Airport

BUS umum dapat menjadi pilihan moda transportasi murah kalau ingin ke pusat kota Singapura dari Changi Airport. Tiketnya ramah di kantong. Bagi para traveler, cukup merogoh 2 dolar Singapura ya (tunai) atau kalau pakai EZ-link, sekali tapnya kena SGD 1.35 (tergantung jauh dekat), sudah bisa menjelajahi kota Singapura.

Tapi ya, harus sabar kalau naik bus umum. Beruntung banget, karena bus umum bisa melewati Changi Airport. (Admin mo-trans, bermimpi, Suroboyo Bus juga bisa masuk Bandara Juanda). Hati yang sabar dan niat ingin menikmati perjalanan, begitulah kalau naik bus umum di Singapura. Jalannya perlahan, bagaikan angin sepoi-sepoi. Bus umum di Singapura ini, konon, they are the slowest way to get to city. Hehehe.

Kalau dari Changi Airport, kamu bisa naik bus nomor 36 atau 36A. Busnya besar, dengan warna dominan putih dan bagian bawah ungu. Nomor bus tertera di depan (seperti running text gitu). Bus ini berhenti dan menunggu penumpang di basemen Terminal 1, 2, dan 3.

Khusus di Terminal 4, halte bus berada di dekat Car Park 4B (hanya untuk layanan 24, 34, 36, dan 110), dan di dekat SATS Inflight Catering Centre 1 (untuk layanan 27, 53, dan 858). Ingat ya gaes, bus umum berhenti di Terminal 1, 2, 3, dan 4. Layanan bus nomor 24, 34, 36 dam 110 tersedia di semua terminal itu, sebaliknya, nomor 27, 53, dan 858. hanya di Terminal 1 dan 3.

Kembali ke bus nomor 36, kendaraan besar ini melewati sekaligus berhenti di sejumlah jalan, termasuk Marine Parade Road, Somerset Road, dan Orchard Road. Kalau kamu menginap di hotel yang berada di dekat jalan-jalan itu, termasuk tak jauh dari Stasiun MRT Somerset atau Orchard, dapat memilih bus 36 ini dari Changi Airport.

Naiklah dari pintu depan bus, lalu membayar dengan uang pas di kotak dekat tempat duduk pak sopir. Kalau uangmu lebih, sopir tidak menyediakan kembalian. Kamu juga boleh menggunakan kartu EZ-Link. Tinggal tap saja di tempat (card reader) yang telah disediakan. Lokasinya mudah terlihat setelah kamu naik busnya.

Kalau admin mo-trans memang suka naik bus umum kalau di luar negeri, karena bisa langsung membaur dengan warga lokal. Bahkan, suatu kali, pernah ya, dibayari oleh orang Singapura, karena tidak bawa uang pas. Kamu harus percaya, pasti ada orang baik di semua tempat. Orang baik akan bertemu dengan orang baik.

Berapa lama durasi perjalanan dengan moda transportasi bus umum ini?
Waktu perjalanan : kurang lebih 1 jam 32 menit untuk jarak tempuh 23,8 km. Contohnya untuk rute Changi Airport ke Stasiun MRT Somerset.
Biaya : SGD 1.84 ($1.34) via Ez-link atau SGD 2.50 ($1.80) secara bayar tunai.
Layanan bus : pukul 06.08–22:52 (hari kerja), 06.07–22.52 (Sabtu), 06.06–22.53 (Minggu).
Waktu kedatangan bus : perkiraan 8–9 menit (06.30–08.30), 8–11 menit (08.31–16.59), 8–10 menit (17.00–19.00), 8–12 menit (setelah pukul 19.00).
Jalanan yang dilewati bus 36 : PTB2 Basement – Airport Blvd – ECP – Marine Parade Rd – Amber Rd – Mountbatten Rd – Tg Katong Rd Sth – ECP – Temasek Blvd – Raffles Blvd – Temasek Ave – Raffles Ave – Stamford Rd – Orchard Rd – Penang Rd – Somerset Rd – Grange Rd – Orchard Blvd – Tomlinson Rd – Tanglin Rd – Orchard Rd – Bras Basah Rd – Temasek Blvd – Temasek Ave – Raffles Blvd – Republic Blvd – ECP – Tg Katong Rd Sth – Mountbatten Rd – Amber Rd – Marine Parade Rd – Siglap Rd – Siglap Link – ECP – Airport Blvd – PTB3 Basement – PTB1 Basement – PTB2 Basement.

Catatan :

  • Bus dengan akhiran ‘T’ tidak melewati PTB2 Basement (Changi Airport PTB2).
  • Pengunjung yang hendak ke T4 Cres (Changi Airport PTB4) bisa naik bus tanpa akhiran ‘T’, atau transfer ke layanan 24, 34 atau 110 di Lantai Bawah Tanah PTB2 (Changi Airport PTB2).
  • Bus 36A beroperasi dari PTB2 Basement (Changi Airport PTB2) ke Tomlinson Rd (The Regent Singapore).
  • Perjalanan dari Bandara Changi PTB2 setelah pukul 22.53 akan beroperasi dengan nama 36A.

Bus nomor 36 ini, boleh jadi, termasuk yang paling mudah aksesnya bagi traveler. Berangkat dari semua terminal di Changi Airport, melayani hingga daerah Suntec, atau Dhoby Ghaut. Jadi, bisa membawa kamu kembali Changi Airport dari semua halte. Hanya sayangnya, bus 36 ini tidak menyediakan area bagasi khusus. Maklum, namanya bus umum.

Detail Halte Perhentian Bus 36 : Changi Airport-Regent Singapore
Changi Airport PTB2 – Cias – AFT EC Sea Sports Club – Lagoon View – Laguna PK – Victoria School – Mandarin GDNS – Neptune CT – Chu Katong Con – BLK 57 – Tao Nan School – Parkwa Parade – Amber GDN – One Amber – Suntec Tower Three – OPP Suntec Convention CTR – Pan Pacific Hotel – OPP The Ritz Carlton – Seating Gallery – The Esplanade – Capitol Building – SMU – YMCA – Dhoby Ghaut Station – Winsland HSE – Somerset Station – National Youth Council – OPP Orchard Station – OPP Four Seasons Hotel – The Regent Singapore.

Detail Halte Perhentian Bus 36 : Regent Singapore-Changi Airport
The Regent Singapore – AFT Tomlinson Road – Delfi Orchard – Royal Thai Embassy – Tang Plaza – OPP Mandarin Orchard – Concorde Hotel Singapore – Dhoby Ghaut Station – NTUC Income Ctr – Raffles Hotel – Suntec Convention Center – OPP Millenia Tower – Tanjung Katong Road STH P/G – OPP Amber GDN – OPP Parkway Parade – OPP BLK 72 – Chij Katong Con (PR) – OPP BLK 57 – St Patrick’s Sec SCH – OPP Neptune CT – OPP Mandarin GDNS – OPP Mandarin GDN – Airport Police Station – BEF Changi Airport PTB3 – Changi Airport PTB3 – Changi Airport PTB1 – Changi Airport PTB2.

Kesimpulan sedikit : secara sederhana, bus umum murah, berhenti di hampir semua jalan, yang dekat dengan penginapan, termasuk stasiun MRT. Kekurangannya, bus umum tidak beroperasi full 24 jam, dan bukan pilihan yang pas kalau kamu membawa banyak koper, tas atau barang lainnya.

Admin mo-trans, memberikan tip cara naik dan turun di dan dari bus umum Singapura karena bus umum hanya berhenti di halte tertentu. Tidak sembarang halte, bahkan kadang tidak berhenti di halte sebelahnya. Jadi, tolong, benar-benar perhatikan halte mana saja, tempat bus yang hendak kamu naiki itu, berhenti.

Silakan lihat peta jalur bus di halte. Jalan-jalan mana saja yang dilewati ada kok, terpampang jelas. Perkiraan waktu bus datang tertera pula di situ. Tentukan tujuan dan cari nomor bus yang sesuai. Lambaikan tangan kamu seperti melambai ke pacarmu, untuk menyetop bus di halte itu.

Naik bus lewat dari pintu depan, pintu di sebelah sopir. Pintu bagian tengah khusus untuk keluar.  Antrelah dengan tertib, ikuti jalur atau tanda yang telah disediakan. Ojok nyerobot seperti di Indonesia. Sopir akan sabar menunggu hingga semua penumpang masuk. Kalau ingin, pencet tombol bus stop (warna merah). Bus akan stop di halte terdekat.

Turun dari bus bisa dari pintu belakang (situasi normal, atau kalau dalam keadaan sangat ramai, sopir membolehkan dari pintu depan. Sebelum turun, tap Ez-link. Kalau tidak, kamu akan dikenai tarif terjauh.  Di dalam bus, ada kursi khusus untuk penumpang lanjut usia atau ibu hamil (reserved seat). Sebaiknya, tidak duduk di situ seperti kebiasaan di Indonesia yang seenak wudelnya sendiri.

Di dalam bus, tidak ada tanda dilarang makan/minum. Sebaiknya tidak melakukan ketimbang kena denda dan menghormati penumpang lain. Jangan seperti di Indonesia ya, ngerokok klempas klempus di kendaraan umum.

Untuk cek jadwal bus dan harganya, bisa menggunakan Transit Link E-Guide.

Tinggalkan Balasan