Ini Perlengkapan Wajib sebelum Trail Running

INI perlengkapan wajib sebelum trail running, sebuah jenis olahraga yang dilakukan di tengah alam terbuka. Jadi, trail running bukanlah olahraga sembarangan.

Trail running dilakukan di lintasan trail atau medan offroad seperti lintasan tanah, pasir, hutan, bebatuan, atau jalur nonaspal lainnya. Cocok bagi yang suka outdoor trip.

Beberapa penyuka trail running justru memilih jalur pendakian gunung sebagai lintasan larinya. Misalnya, mengambil jalur Gunung Gede-Pangrango, Gunung Prau, Gunung Puntang, Gunung Merbabu, dan Gunung Batur.

Kegiatan trail running mulai populer sejak tahun 1990-an. Kini, semakin banyak yang menyukai trail running, karena merasa mendapatkan keceriaan berlari di alam terbuka.

Lantas, apa saja perlengkapan wajib yang harus dipersiapkan sebelum trail running?

Bagi pemula sebaiknya, tentukan dan pilih jalur yang mudah lebih dulu. Persiapkan fisik yang bugar, peralatatn yang memadai untuk trail running, dan perhatikan teknik berlari yang benar.

Ini Perlengkapan Wajib sebelum Trail Running

1. Kenakan Baju Lengan Panjang
Sebaiknya mengenakan baju lengan panjang ketika trail running. Bisa jadi, kedua lengan akan sering bersentuhan dengan ilalang atau rumput liar di tengah hutan.

2. Kenakan Celana Panjang Ketat
Penggunaan celana panjang seperti halnya baju lengan panjang, untuk melindungi kaki dari ranting pohon sampai gigitan serangga di tengah hutan.

Bahkan, kalau memungkinkan, celana panjangnya yang ketat, karena jika longgar, bisa mengurangi akselerasi saat berlari.

3. Gunakan Sepatu Trail Run
Trail Running bukan olahraga sembarangan, jadi perlu menggunakan sepatu khusus yang dapat melindungi kaki dari cedera.

Sepatu trail run biasanya memiliki bantalan yang lebih empuk, material kokoh, cepat kering serta punya outsale dengan bentuk grip yang mampu mencengkeram tanah dengan baik.

4. Bandana
Selama berada di alam, sangat mungkin melintasi area berdebu dan dapat mengganggu pernapasan. Bandana sedikit banyak membantu melindungi saat berlari melintasi area itu.

5. Waist Bag
Penggunaan waist bag (tas pinggang) saat trail running berfungsi untuk menyimpan barang kecil seperti ponsel, dompet, medical kit, dan sebagai. Ini waist bag yang memang untuk teman berlari ya, bukan tas pinggang buat traveling.

6. Perlengkapan Lainnya
Beberapa perlengkapan lainnya yang wajib saat trail running, dapat ditambahkan, seperti topi, kacamata, jam tangan, botol minum, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan