Ini Persiapan Wajib sebelum Kamu Trekking

INI persiapan wajib sebelum kamu trekking karena ini kegiatan yang tidak biasa (unusual). Lokasi trekking biasanya juga minim fasilitas.

Trekking merupakan kegiatan outdoor, jalan kaki lebih dari sehari, punya tujuan khusus seperti menjelajahi dan menikmati pemandangan tertentu.

Trekking adalah motif, tujuan, misi, tempat menemukan teman, sebuah perjalanan yang lebih menantang ketimbang hiking karena menguji kemampuan, ketahanan dan kapasitas mental.

Ada banyak cara melakukan perjalanan dan budaya trekking. Bisa berbeda antara daerah satu dengan lain, bahkan negara satu dengan yang lain.

Tapi intinya, trekking itu berjalan kaki menyusuri jalan setapak di daerah hutan belantara yang relatif masih alami. Bukan jalur dan jalan yang sudah dibuat sebelumnya.

Treking bisa melibatkan berbagai medan. Misalnya, jalur lintas alam, jalan tanah, jalur gunung, atau area tanpa jalan di hutan belantara. Bahkan minim fasilitas dan transportasi.

Ini Persiapan Wajib sebelum Kamu Trekking

1. Membuat Rencana Perjalanan: ini perlu bagi para pemula ya. Budayakan merencanakan dan mengatur manajemen perjalanan.

2. Cari Informasi Tempat yang akan Dituju: bagi pemula, ini perlu ya, sehingga bisa mempersiapkan kebutuhan logistik, administrasi dan peralatan lainnya.

3. Wajib Melakukan Latihan Fisik: karena fisik prima adalah kunci. Kamu akan menjelajah alam bebas, dengan berbagai medan berat dan sulit.

4. Persiapkan Perlengkapan Sebaik Mungkin: dengan menyusun daftar sesuai dengan kebutuhannya, cukup dan tidak bikin ribet.

5. Ajaklah Teman yang Berpengalaman: ini sangat membantu kamu yang pemula. Syukur-syukur, dia pernah menempuh rute trekking yang sama.

Perlengkapan trekking antara lain: jaket, jas hujan (ponco), obat pribadi, tas punggung, sepatu trekking, air minum, makanan, dan lain-lain yang menunjang.

Trekking sendiri bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik pemula atau siapapun yang terbiasa melakukan kegitan di luar ruangan (outdoor activity).

Trekking dapat dilakukan oleh segala usia, mulai anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia) selama mendapat pendampingan dari orang yang sudah berpengalaman dan kompeten. (*)

Tinggalkan Balasan