Ini Lho Fitur Baru KA Eksekutif Argo Parahyangan

KERETA API (KA) Argo Parahyangan, dengan rangkaian kereta eksekutif, sejak 27 Februari 2018, menawarkan fitur baru. Mau tahu? Kursi dan meja lipat dengan motif baru, foot rest model baru, headset socket untuk mendengarkan audio pada tayangan di televisi KA, dan masih banyak lagi.

KA Argo Parahyangan (atau dikenal sebagaiGOPAR) adalah kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan jurusan Bandung (BD) – Jakarta (GMR). Kereta api ini merupakan hasil peleburan KA Argo Gede dan Parahyangan, yang telah dihentikan pengoperasiannya.

KA Argo Parahyangan pertama kali dioperasikan pada Selasa, 27 April 2010 pada pukul 05.30 di Stasiun Bandung dan pukul 05.45 di Stasiun Gambir. Sekarang, beroperasi setiap hari, pergi-pulang. Perjalanan Jakarta-Bandung sepanjang ±166 km menelusuri alam pegunungan Priangan barat ditempuh rata-rata 3 jam sampai 3 jam 15 menit.

Seorang warganet mengomentari hadirnya fitur baru ini, Kawai Desune menyebutkan, kereta yang seperti terlihat di gambar itu, cocoknya buat jarak jauh, biar tidak membosankan atau pegel dalam perjalanan.

Menurutnya, untuk Jakarta-Bandung, yang berdurasi cuma 3 jam, tidak terlalu urgent, jika PT KAI memberikan fasilitas baru. Jadi fungsinya bisa lebih maksimal untuk kereta jarak jauh. Memang, inovasi itu harus mikir efektivitasnya.

“Jangan cuma penumpang Argo Parahyangan saja yang dimanjakan. Coba kereta-kereta di daerah Sumatera dibenahi juga,” katanya.

Warganet lain, Widy Wardhana Hariatmaja menukas, gerbong dengan fitur baru akan menarik kustomer lebih banyak mengingat persaingan ketat moda transportasi Jakarta-Bandung semenjak munculnya tol Cipularang.

“Kalau menurut saya, semua kereta di Indonesia, wajib pake gerbong dengan fitur baru seperti Argo Parahyangan, apalagi untuk yang eksekutif. Nggak pandang bulu, mau jauh atau dekat, di Jawa atau luar Jawa, biar merata,” tandas Agung Fauzan. (*)

Jadwal KA Argo Parahyangan :

  • Gambir – Bandung: 17.02 – 20.19 (KA 11234)
  • Gambir – Bandung – Kiaracondong: 06.15 – 09.54 – 10.13 (KA 11232)
  • Bandung – Gambir: 20.50 – 00.21 (KA 11163)
  • Kiaracondong – Bandung – Gambir: 12.45 – 13.05 – 16.39 (KA11161)

Tinggalkan Balasan