Jelajahi George Town Penang dengan Sepeda

GEORGE Town merupakan kawasan kota tua, yang menyandang status sebagai situs warisan dunia Unesco sekaligus ibukota Penang, Malaysia. Suasananya kotanya memang menawan, dekat pelabuhan, berarsitektur eksotik, campuran Melayu, China, dan Eropa, dengan umur hampir 500 tahun. Bangunannya terawat, bahkan beberapa mnjadi tempat penginapan, toko dan kafe.

Seorang kapten dari Inggris kali pertama datang 1769, lantas George Town menjadi persinggahan banyak kapal dari banyak kawasan. Nama kota ini mengambil dari nama Raja Inggris George III. Kini, pengunjung atau traveler tidak hanya melihat dan merasakan, tapi bisa menjelajahi kota tua ini.

Tidak hanya dengan bus gratis warna kuning dengan tulisan Unesco, atau berjalan kaki, kamu dapat menjelajahi George Town, dengan cara naik sepeda. Ini maksudnya sepeda onthel alias sepeda angin, atau kayuh. Kamu dapat menyewa sepeda berwarna biru, yang disebut LinkBike, untuk berkeliling.

LinkBike merupakan hasil inisiatif pihak swasta yang mendapat dukungan negara Malaysia, supaya George Town menjadi kota yang lebih ramah bersepeda. Fast Rent Bike (PG) Sdn Bhd adalah perusahaan yang mengoperasikan LinkBike, dengan memasang stasiun dok sewaan sepeda secara elektronik.

Saat admin mo-trans menulis ini, LinkBike sudah mencakup 25 lokasi di seluruh Pulau Penang, dari Selat Quay di utara hingga Queensbay di selatan. “Sepedaan 2 Ringgit, seharian, di George Town dengan LinkBike. Instal aplikasinya, tapi daftarnya harus pakai kartu kredit. Lalu, scan sepedanya dan mainkan,” tutur Yudhi Yd, seorang teman dari backpacker dunia.

Benar memang, harus mendaftar terlebih dahulu di situs websitenya dan membayar lewat kartu kredit. Untuk mengambil sepeda dari stasiun docking, pindai Kode QR pada aplikasi LinkBike dengan ponsel, atau menggunakan kartu LinkBike. Sepeda dapat diambil dari stasiun docking dan dikendarai ke mana saja, selama di Pulau Penang. Kalau sudah selesai, kembalikan ke stasiun docking yang sama atau berbeda.

LinkBike menawarkan tarif penyewaan sepeda dengan skema menarik. Hanya RM2 untuk periode 24 jam, RM3 selama 48 jam, RM4 selama 72 jam, RM10 selama 7 hari, RM20 selama 1 bulan dan setahun penuh, hanya dengan RM30. Lebih murah menyewa LinkBike ketimbang membeli sepeda sendiri.

Kamu yang tidak paham teknologi dan tak punya kartu kredit dapat menggunakan metode pembayaran alternatif yang disebut kartu LinkBike. Tak perlu harus menginstal aplikasi mobiline juga. Tinggal daftar saja di Kantor LinkBike atau Light Cafe di Jalan Padang Kota Lama untuk mendapatkan kartu itu.

Biayanya? RM150 hingga RM100 untuk setoran (deposit) yang nantinya dapat dikembalikan, RM20 (kredit) dan RM30 (biaya keanggotaan satu tahun). Sebelumnya, pengguna sepeda harus mengunduh aplikasi LinkBike dari Google Play atau App Store sebelum mereka dapat memindai QR Code untuk melepaskan sepeda.

Fast Rent Bike (PG) Sdn Bhd
Alamat : Pusat Bayaran Setempat
Jalan Padang Kota Lama,
10200, Georgetown,
Pulau Pinang

Operating Hours:
Senin – Jumat : 08:30 – 17:30
Sabtu : 08:30 – 13:30
Libur umum/nasional dan Minggu : Tutup
Hotline : +60165129292

Tinggalkan Balasan