Cara Menuju Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

CARA menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Ada transportasi umum tapi harus oper-oper.

Oper-oper itu maksudnya berganti-ganti kendaraan. Misalnya, kamu naik bus dari Terminal Giwangan yang jurusan Wonosari.

Nanti turun dekat pertigaan, yang arah Playen. Bisa naik ojek. Lokasi air terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi air terjun Sri Gethuk di samping Sungai Oyo, berjarak 35-40 km dari Titik Nol Yogyakarta. Bisa ditempuh dengan kendaraan kurang lebih 90-120 menit.

Google Maps akan menawari kamu dua pilihan rute menuju lokasi air terjun Sri Gethuk. Anggap saja, perjalanan dimulai dari Titik Nol Yogyakarta.

Rute pertama: Titik Nol Yogyakarta-Kebun Binatang Gembira Loka-Jl Wonosari-Pintu gerbang masuk kab Gunungkidul PATUK-Jl Patuk Pengkok-Jl Jatimulyo (belok di Tugu Semar Pengkok).

Kamu mengarah ke Balai Dusun Ngrancahan-Jl Dusun Maladan (arah SD 1 Jatimulyo), belok kiri arah Sendang Banyu Urip-Balai Desa Jatimulyo.

Terus ke arah Pasar Dodogan-belok kiri masuk Jl Playen Dlingo arah Lembah Walet Dodogan-Street View Jembatan Dodogan-Wisata Alam Gunung Gede Getas Gk-belok kanan, terus saja mengarah ke Bleberan cemetery. Nah, dari sini sudah dekat air terjun Sri Gethuk.

Susuri Jl Air Terjun Sri Gethuk hingga menemukan Parkir Mobil Air Terjun Srigethuk. Bila medannya belum berubah, dari area parkir ada 2 pilihan:

1. Jalan kaki ke lokasi air terjun Sri Gethuk sejauh 500-an meter.
2. Naik rakit khusus ke lokasi air terjun Sri Gethuk, sekitar 15 menit perjalanan.

Rute kedua: Titik Nol Yogyakarta-Pojok Beteng Wetang-Jl Kolonel Sugiyono-Jl Sisingamaraja (mengarah Pasar Telo Karangkajen)-Perempatan Wojo.

Dari Perempatan Wojo mengarah ke Jl Imogiri Barat-Stadion Sultan Agung-Pasar Barongan, lalu belok kiri ke Jl Bakulan (arah Patung Kuda Sultan Agung – Imogiri.

Dari sini, ikuti jalan yang panjang dan berliku, menanjak, dan berbelok, mengarah ke Jl Patuk Dlingo-melewati Kantor Kelurahan Temuwuh.

Jalan saja terus menuju arah Dodogan Cultural Tourism-Bunderan Dodogan-sebelum bertemu pertigaan. Ambil kanan ke Jl Imogiri Dodogan, dan rutenya akan sama dengan rute pertama.

Kalau kamu memilih rute lewat Imogiri, maka akan banyak bertemu petunjuk arah ke sejumlah destinasi. Contoh saja: Makam Raja-Raja Imogiri, Bukit Bego, Watu Goyang, Pasar Kaki Langin Jogja, Jurang Tembelan Kanigoro dan lainnya.

Kalau memilih rute lewat Jl Wonosari, akan bertemu antara lain Pasar Kebon Empring Bintaran, Bukit Bintang, Pos PJR Pathuk, Lembah Kebokuning Camping Site, Tugu Semar Pengkok, Air Terjun Randusari.

Air terjun Sri Gethuk yang tingginya 25 meter menawarkan keindahan alam, permainan flying fox sepanjang 350 meter, dan bermain rakit di Sungai Oyo.

Sangat disarankan mengenakan alas kaki yang tepat agar tidak terpeleset di bebatuan. Airnya air terjun mengalir di sela bebaturan, bahkan ada kolam dangkal di sebuah batu besar.

Retribusi Masuk Air Terjun Sri Gethuk
– Tiket Masuk: Rp 15.000/orang
– Biaya menyeberang Sungai Oyo: Rp 10.000/orang
– Sewa Pelampung: Rp 5.000 sd Rp 10.000
– Main Flying Fox: Rp 35.000/orang
– Biaya Body Rafting: Rp 30.000/orang
– Parkir Motor: Rp 2.000
– Parkir Mobil: Rp 5.000

Keterangan:
– Jam operasional: 08.00–16.00
– Penjemputan terakhir (rakit) pukul 16.30
– Harga tiket dan retribusi lainnya bisa berubah sewaktu-waktu

Tinggalkan Balasan