Backpacker ke Krabi-Hatyai-Songkhla with Syafinas

PERJALANAN atau trip ini menggunakan moda transportasi kereta, bukan pesawat.  Saya akan menceritakan urutan perjalanan saya, budget atau biaya, dan sedikit tips, kalau kalian ke sana.  Saya berangkat dari Penang,  yang relatif sangat dekat dengan Thailand.

Saya memutuskan naik kereta ke daerah Thailand selatan.  Sebelumnya, dari Penang naik komuter jurusan Tasek Gelugor-Padang Besar (RM10.20) dan baru naik kereta dari Padang Besar-Hatyai (RM7/50baht). Jangan lupa membawa paspor ya.

Kereta ke Hatyai tidak begitu mewah. Terkesan kuno, bahkan hanya menggunakan kipas angin. Perjalanan kereta Padang Besar ke Hatyai kurang lebih 1 jam saja. Tiba di Hatyai, saya dan teman saya, mencari minivan untuk membawa kami ke Krabi. Tanya saja kepada para sopir tuk tuk, mereka akan menunjukkan travel agent yang melayani ke Krabi.

Tapi kami bernasib baik karena bertemu dengan sesama orang Malaysia. Si Paman ini membantu kami bertemu seorang sopir tuk tuk, yang ternyata seorang kawannya. Paman ini menjelaskan kepada sopir tuk tuk untuk mengantar kami menawar minivan ke Krabi. Setelah negosiasi, kami dapat harga  400 baht (one way to Krabi).

Untuk ke Krabi sebenarnya ada dua pilihan yang rasional, yakni nai bus atau minivan. Sebaiknya, memang naik minivan saja, karena perjalanan cukup panjang, 4-5 jam. Kalau naik bus memang murah, tapi harus nunggu cukup lama.

Dua tempat di Krabi yang menarik adalah bagian kotanya, dan satu lagi, pantainya, namanya Aonang Beach. Kalau kalian lebih suka dengan perjalanan mengelilingi pulau-pulau kecil di sana, saya sarankan cari penginapan di Aonang. Kami berdua mencari hotel dengan Mesjid Aonang, yang di sekitarnya banyak makanan halal.

Malam hari, kami sempatkan menjelajahi Aonang Night Market, hanya berjarak 30 menit dari hotel kami. Tentu saja, kami naik tuk tuk, biayanya 60 baht. Setiap malam, di dengan Mesjid Aonang ada juga semacam bazar. Ayolah, datang ke sini, semua penjualnya Muslim, dan barangnya murah-murah.

Dari pengalaman perjalanan kami berdua, kamu bisa liburan di Krabi, dan menikmati sejumlah kegiatan, seperti  Island tour/island hopping, Phi phi island, adalah salah satu pulau kecil yang terkenal dekat Krabi. Sayang banget, kami pergi di musim hujan, banyak perjalanan yang harus ditunda karena cuaca.

Kami akhirnya mengambil paket 7 Island Sunset Tour. Paket perjalanan ini sudah termasuk snorkeling, makan malam, penjemputan dan antar dari dan ke hotel, pesta kembang api, melihat phytoplakton dan asuransi. Harga paketnya 850 baht per orang, sudah dengan tiket masuk national park.

5 thoughts on “Backpacker ke Krabi-Hatyai-Songkhla with Syafinas

  1. wah, sangat menarik ceritanya. berpetualang ke negeri tetanga. thailand selatan
    semoga saya bisa ke sana suatu hari nanti

Tinggalkan Balasan