Kunjungi Tujuh Negara Eropa dalam 14 Hari

KUNJUNGI tujuh negara Eropa dalam 14 hari sangat memungkinkan tapi bisa dibayangkan berapa lama di satu tempat. Bahkan, butuh fisik prima bagi para backpacker untuk melakukannya. Tapi, teman admin mo-trans ini mampu mewujudkannya.

“Ya, saya mau share tentang transportasi antarnegara ketika Europe trip (perjalanan Eropa). Selama 14 hari, saya berhasil menikmati 7 negara (Prancis, Belgia, Swiss, Austria, Rep Ceko, Jerman, Netherland/Belanda). Setidaknya, dengan 4 kali menggunakan moda transportasi bus (Flixbus) dan 2 kali dengan kereta,” katanya.

Kunjungi Tujuh Negara Eropa dalam 14 Hari

A. Jakarta-Prancis: Etihad transit Abu Dhabi 3 jam.
Servis di pesawat Etihad cukup baik. Pramugari tak berhenti menawarkan minuman selama flight. Penumpang mendapat 2 kali makan berat dan sekali snack. Rasa makanan sih tergantung selera ya, tapi saya lebih suka makanannya SQ. Take off landingnya smooth banget..thanks to pilot.

B. Prancis-Belgia: TGV Thalys
Kereta cukup nyaman, dengan kursi besar dan empuk. Pesan online di aplikasi trainline, harga tiket €29 per orang (include reserved seat). Namun ketika hari H, tepatnya 15 menit sebelum keberangkatan, saya tidak melihat kode kereta saya di papan informasi departure St Gare du Nord.

Setelah tanya petugas yang berdiri deket peron, saya baru tahu kalau kereta saya dicancel dan dibilang saya boleh naik kereta berikutnya, dan duduk di tempat mana saja yang kosong. Dengan lari-lari dan rebutan dengan penumpang lain yang senasib dengan saya, akhirnya berhasil juga memperoleh kursi kosong. Cuma aneh saja, perusahaan sebesar Thalys, mosok nggak bisa kasi info by email, biar traveller ini gak bengong bingung gitu.

C. Belgia-Swiss: FlixBus
Beli online di app Flixbus seharga €32,9 per orang. Tidak bisa reserved seat. Berangkat dari Stasiun Brussel Nord pukul 20.30 menuju Lucerne, Swiss, dan sampai pukul 05.30 keesokan harinya di Terminal Lucerne Inseli, yang jaraknya selemparan batu dari Lucerne HBF. Bus sempat delay hingga pukul 21.15, dengan pemberitahuan melalui aplikasi.

Terminal Flixbus di Brussel Nord ini lebih mirip halte perhentian tanpa atap atau tulisan penanda apapun. Tidak ada petugas yang stand by. Hanya saya, sesama penumpang lain dan Tuhan saja yang tahu letak tepatnya bus berhenti. Sambil menunggu bus datang saya menunggu di ruang tunggu Eurolines bus yg tak jauh dari situ. Saat bus datang, penumpang rebutan seat.

D. Swiss-Austria: FlixBus
Beli online di app Flixbus seharga €21,99 per orang, dengan tambahan reserved seat seharga €1,5 per seat. Berangkat dari Stasiun Bus Zurich HBF pukul 23.00 menuju Salzburg South sampai pukul 05.45. Stasiun flixbus Zurich berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun kereta Zurich, berada di area lapangan parkir luas.

Ruang tunggu beratap namun terbuka tanpa heater. Di seberangnya terdapat Starbucks, namun hanya buka sampai jam 21.00. Bus datang tepat waktu, dan saat naik lebih teratur karena sudah reserved seat sebelumnya. Tiba di Salzburg South esok paginya. Ternyata perhentian bus ini berada di area cukup jauh dengan kota.

Tinggalkan Balasan