Cara Menuju Bukit Watu Bengkah Kediri

CARA menuju Bukit Watu Bengkah Kediri bisa menjadi pilihan kegiatan outdoor atau alam terbuka. Tentu saja itu buat kamu yang suka mendaki. Apakah Bukit Watu Bengkah Kediri tinggi? Bolehlah mencoba trek Bukit Watu Bengkah di dalam kawasan Gunung Klotok, Kota Kediri.

Banyak warga setempat memanfatkan lokasi wisata ini karena jalur pendakiannya tidak sulit. Gunung Klotok yang sudah tidak aktf ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dengan Gunung Wilis.  Bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tertidur, Kata Klotok berasal dari kata kolo dan tok. Kolo berarti ‘bahaya’ dan tok artinya, ‘saja’.

Kalau digabung maknanya : gunung yang berbahaya. Gunung Klotok yang tingginya 536 mdpl ini menjadi pembatas antara wilayah Kota Kediri dengan Kabupaten Kediri. Di bagian lerengnya ada tiga goa, yakni Goa Selomangkleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Lalu, dua bukit lagi di sekitaran Gunung Klotok, yaitu Puncak Klop dan Gunung Maskumabang.

Masing-masing, termasuk Watu Bengkah, punya keindahan yang tak jauh berbeda yakni bisa menikmati indahnya Kota Kediri dari ketinggian.  Tapi kebanyakan para pendaki memilih berkemah di Puncak Watu Bengkah dan Puncak Klop.Cara menuju Watu Bengkah, bisa dari Alun-alun Kota Kediri. Jaraknya kurang lebih 11 km, dapat ditempuh dalam waktu 20-40 menit perjalanan dengan kendaraan roda empat.

Dari Kota Kediri, bisa melewati Jl KH Wachid Hasyim, Jl Perintis Kemerdekaan, atau melalui Jl Kertosono-Kediri/Jl Kertosono-Tulungagung. Perjalanan ini mengarah ke barat ya gaes. Kalau sudah tiba di perempatan antara Jl Mastrip dan Jl Veteran serta Jl DI Sahardjo dan Jl Suparjan Mangunwijaya, berarti kamu tidak jauh dari Watu Bengkah.

Tinggal lurus saja ke arah Kebun Bunga Matahari dan Universitas Kadiri. Jalan terus, hingga masuk jalan yang tembus Lembah Tumpang, nanti ada papan petunjuk untuk belok kanan ke arah Watu Bengkah (patokannya kantong air PDAM). Untuk mencapai lokasi ini, disarankan pengunjung memarkir kendaraan (roda dua) di Universitas Kadiri.

Tepatnya, menitipkan motor di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri atau depan kampus. Kalau hendak jalan langsung boleh, tapi akan jauh lebih indah bila memulai perjalanannya saat malam hari atau sore hari. Targetnya, melihat sunrise. Alternatif lain (dalam bahasa sederhana) : akses menuju Gunung Klotok tidak sesulit gunung-gunung lain karena jalannya mulus dan tidak naik turun atau berkelok.

Untuk rutenya, dari pusat Kota Kediri, silakan menuju perempatan lampu merah Desa Sukorame. Di perempatan ini ada papan petunjuk arah menuju wisata Goa Selomangleng. Ikuti jalan saja sampai mentok, sehingga kamu sampai di Wisata Goa Selomangleng dan Pendakian Gunung Klotok Kediri. Kalau bingung, gunakan Google Maps.

Untuk estimasi perjalanan dari lokasi parkiran di depan Universitas Kadiri hingga Pos 1 Proliman, kurang lebih 30-45 menit. Di Pos Proliman ini, nanti ada percabangan jalur menuju Watu Bengkah dan Puncak Klop. Tinggal pilih saja, sesuai selera. Oh ya, sebaiknya mempersiapkan perbekalan, terutama air minum karena tidak ada warung, hanya mata air.

Setelah melewati Pos 1 Proliman, silakan menyusuri jalur sungai yang sedikit menajak sampai menemukan persimpangan yang mengarah ke Gubuk Mbah Katimin dan mengarah ke Puncak Watu Bengkah. Selanjutnya, kamu akan menemukan jalur menanjak dengan struktur tanah warn merah yang licin hingga melewati kebun singkong milik Mbah Katimin.