Cara Menuju Hong Kong Disneyland

HONG KONG Disneyland Resort (di Lantau Island) hanya berjarak 30-45 menit perjalanan dari stasiun MTR terdekat. Untuk ukuran negara seperti Hongkong, cara menuju destinasi ini tidak terlalu jauh dan relatif mudah. Hong Kong Disneyland Park telah dibuka kembali tapi dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Semua pengunjung harus menjalani pemeriksaan suhu dan memakai masker wajah.

Kalau kamu merasa Jepang, atau Amerika terlalu jauh, Hong Kong Disneyland dapat menjadi pilihan, terutama bagi warga Indonesia. Mohon dicatat dan dicek kembali, selama pandemi Covid-19, Hong Kong Disneyland ditutup setiap Selasa dan Kamis (kecuali hari libur dan hari yang ditentukan) hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kamu yang berminat mengunjungi Hong Kong Disneyland harus membuat reservasi mulai 7 hari sebelum kedatangan. Bagi member Magic Access Platinum dapat memesan mulai 9 hari sebelum kedatangan, sementara anggota Gold dan Silver dapat memesan mulai 8 hari sebelum kedatangan.

Untuk kamu yang hendak menuju Hong Kong Disneyland dan menggunakan moda transportasi MTR, naiklah dari Stasiun Sunny Bay Station dan turun di Disneyland Resort Line. Kereta beroperasi setiap hari setiap beberapa menit antara Stasiun Sunny Bay dan Hong Kong Disneyland Resort, dari pagi hingga larut malam.

Hong Kong Disneyland Resort hanya berjarak sekitar 30 menit dengan kereta api dari Stasiun Hong Kong International Airport (oper dari Stasiun Tsing Yi ke Stasiun Bay Station), 30 menit saja dari Stasiun Kowloon dan dari Stasiun Hong Kong. (Kalau punya uang lebih bisa juga dengan taksi).

Sebenarnya, ada bus lokal (R33 dan R42) dan lintas negara yang siap dari dan ke Hong Kong Disneyland Resort. Ada 3 rute bus resmi yang beroperasi setiap hari, yaitu Long Win Bus and Citybus, yang melayani perjalanan ke dan dari Hong Kong Disneyland Resort.

Rute bus lintas negara beroperasi tiap hari antara Tiongkok Daratan dan Hong Kong Disneyland Resort. Cek lagi ya gaes, layanan bus dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kunjungi situs web resmi KMB Bus atau Citybus.

Selain itu, kamu dapat mengambil rute bus ‘A’ atau ‘E’ ke Lantau Link Toll Plaza dan berpindah dengan Rute R8, yang melayani setiap hari ke Hong Kong Disneyland. Rute: R8 via Inspiration Lake mulai pukl 06:00 hingga 00:05. Tarifnya, HK$7 ke Lantau Link Toll Plaza, dan HK$3 dari Inspiration Lake ke Transportasi Publik Interchange Disneyland Resort (PTI).

Kalau punya budget lebih, tersedia tiga layanan taksi yang melayani transportasi ke dan dari Hong Kong Disneyland Resort. Area layanan taksi dibedakan dengan warna. Taksi perkotaan (merah), taksi New Territories (hijau), taksi Lantau (biru). Lokasi menurunkan dan menaikkan penumpang taksi di Hong Kong Disneyland Resort, terletak di Transportasi Publik Interchange (PTI) Disneyland.

Bahkan, kabar terbaru, Star Ferry mulai berlayar dari Tsim Sha Tsui di Kowloon ke Dermaga Feri Hong Kong Disneyland, di sebelah Hong Kong Disneyland Hotel. Sayangnya, hanya melayani dua kali sehari (berangkat setiap pukul 11.00), dan sepertinya kurang fleksibel dengan banyak acara menarik di Hong Kong Disneyland.

Jadi, cara tercepat dan termudah untuk mencapai Hong Kong Disneyland, tetap menggunakan sistem MTR Hong Kong. Kalau kamu kebetulan tidak memiliki Kartu Octopus, tak perlu khawatir. Kamu dapat membeli tiket untuk sekali perjalanan. Datangi mesin tiket dan pilih “Hong Kong Disneyland” sebagai stasiun tujuan.

Khusus buat kamu yang menginap di area murah seperti Tsim Sha Tsui, setidaknya harus ganti tiga kali kereta yang berbeda, sebelum mencapai Disneyland, dengan durasi waktu sekitar 45 menit.

  • Naik kereta MTR Tsuen Wan menuju Tsuen Wan
  • Turun di Stasiun Lai King
  • Transfer (oper) ke jalur Tung Chung. Kereta harus menuju Tung Chung.
  • Turun di Stasiun Sunny Bay.
  • Transfer ke Disneyland Resort Line.

a. Opsi Lain melalui Express Rail Link
Bagian Hong Kong sepanjang 26 km pada Express Rail Link Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong menghubungkan perbatasan Hong Kong/Shenzhen dengan West Kowloon di Hong Kong. Dari Stasiun West Kowloon, kamu bisa menuju Hong Kong Disneyland Resort secara nyaman melalui MTR atau layanan Shuttle Hotel Hong Kong Disneyland.

b. Opsi Lain melalui Express Rail Link
Hong Kong Disneyland Resort kini lebih mudah dijangkau ketimbang sebelumnya karena Bagian Hong Kong pada Express Rail Link Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong, yang menghubungkan kota ini dengan jaringan kereta api ekspres nasional Tiongkok. Kamu yang menuju Hong Kong Disneyland bisa memanfaatkan serangkaian opsi transportasi setelah tiba di West Kowloon Station, dari kota mana saja.

Kalau dengan MTR (Mass Transit Railway) – Kowloon Station

  • Kamu bisa naik MTR ke Hong Kong Disneyland saat tiba di West Kowloon Station.
  • Di Hall Kedatangan, belok kanan setelah pintu putar di area Bea Cukai untuk menuju Hong Kong Disneyland Magic Gateway
  • Ikuti papan petunjuk dan jalanlah menuju Elements (kompleks mal perbelanjaan besar di Kowloon) melalui footbridge
  • Di Elements, berjalanlah lurus lalu terus ikuti papan petunjuk menuju “Kowloon Station”
  • Setelah tiba di Kowloon MTR Station, ikuti papan petunjuk berwarna oranye menuju Tung Chung Line lalu naik kereta yang menuju arah Tung Chung
  • Pindahlah kereta di Stasiun Sunny Bay lalu naik kereta Disneyland Resort Line di platform sebaliknya
  • Di Stasiun Hong Kong Disneyland Resort, keluar dari stasiun lalu ikuti papan petunjuk menuju Taman atau Layanan Shuttle Hotel

Kalau dengan Layanan Shuttle Hong Kong Disneyland Hotel

  • Begitu tiba melalui Express Rail Link dan memiliki reservasi yang sudah terkonfirmasi ke Hong Kong Disneyland Hotel, kamu bisa menikmati Layanan Shuttle Hotel gratis pada tanggal check in dan check out
  • Untuk memesan tempat duduk di layanan shuttle, kunjungi Hong Kong Disneyland Magic Gateway di Hall Kedatangan
  • Di Hall Kedatangan, belok kanan setelah pintu putar di area Bea Cukai untuk menuju Hong Kong Disneyland Magic Gateway
  • Di Hong Kong Disneyland Magic Gateway, kamu bisa check-in ke hotel dan memesan tempat duduk di Layanan Shuttle Hong Kong Disneyland Hotel
  • Cast Member di Hong Kong Disneyland Magic Gateway akan menunjukkan arah menuju
  • Layanan Shuttle Hong Kong Disneyland setelah tempat duduk terkonfirmasi
  • Tempat duduk di layanan shuttle tergantung ketersediaan

Tempat Membeli Tiket Hong Kong Disneyland
Tiket tersedia di Pintu Masuk Utama taman. Harga tiket 1 hari (valid per Februari 2019), dewasa (HK $ 619), anak-anak usia 3-11 tahun (HK $ 458), orang lanjut usia 65 tahun ke atas HK $ 100.

Dengan harga tiket itu, kamu dapat menjelajahi 7 negeri seperti Adventureland, Grizzly Gulch, Mystic Point, Toy Story Land, Fantasyland, Tomorrowland dan Main Street, AS, yang dipenuhi dengan keindahan, kegembiraan, dan karakter Disney seperti Mickey Mouse.

Begitu masuk, kamu dapat menikmati semua wahana dan atraksi tanpa biaya tambahan kecuali arcade dan Frontierland Shooting Gallery di Disneyland dan area Boardwalk Games di Disney’s California Adventure. Anak-anak di bawah usia 3 tahun benar-benar free masuk Disneyland dan Disney California Adventure sementara usia 3-9 bisa dapat diskon untuk berbagai jenis tiket masuk.

Oh ya, kamu boleh membawa makanan dan minuman dari luar untuk dikonsumsi sendiri, asalkan tidak memerlukan pemanas, pemanasan ulang, pemrosesan, pendinginan atau pengatur suhu dan tidak memiliki bau yang menyengat seperti durian.

Waktu terbaik mengunjungi Hong Kong Disneyland adalah saat cuaca relatif kering dan suhunya nyaman. Biasanya antara November hingga April. (*)

Tinggalkan Balasan