Cara Menuju Hutan Pinus Kalilo di Kaligesing

CARA menuju Hutan Pinus Kalilo di Kaligesing bisa dengan mobil atau motor. Hanya saja tetap perlu hati-hati karena jalanan menikung dan menanjak.

Lokasi Hutan Pinus Kalilo di kaki Gunung Menoreh, tepatnya masuk Dusun Kalilo, Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kalau dari pusat kota Purworejo atau Terminal Bus Purworejo, kurang lebih berjarak 25-an kam. Untu mencapainya, pastikan kondisi kendaraan prima tertuma rem dan ban.

Rute menuju menuju Hutan Pinus Kalilo di Kaligesing banyak turunan, tanjakan, dan kelokan. Rute ini sangat renta licin jika masuk musin penghujan.

Cara Menuju Hutan Pinus Kalilo di Kaligesing

Terminal Bus Purworejo
>> Jarak Terminal Bus Purworejo ke Hutan Pinus Kalilo, kurang lebih 25-an km. Kendaraan akan mengarah ke Perempatan Raya Purworejo. Dari sini, pilihannya: lurus atau belok kanan.

Kamu akan menyusuri Jl Raya Purworejo Kutoarjo (Jl Nasional III)-SMPN 33 Purworejo-Jl Banyu Urip Purworejo, sebelum belok kiri di dekat Tugu Purworejo.

Jalan terus, hingga mentok, berputar (arah kanan) di bundaran Alun Alun Kota Purworejo. Masuk Jl A Yani, tiba di perempatan, ambil kir ke arah Jl KHA Dahlan-Jl Pemuda-Jl WR Supratman-Jembatan Bogowonto.

Tetap di Jl WR Supratman, belok kana di Pertigaan Tambak-belok kiri di Perempatan Cangkrep. Kendaraan mengarah ke Jl Raya Kaligesing, hingga melewati Jembatan Cangkreplor.

Ikuti Jl Raya Kaligesing, melalui penanda Spot Foto Menoreh Purworejo atau Spot Photo Mbulak Silagar, SDN Pipir, Kantor Desa Pipir. Jalanan mulai berkelok, melewati Polsek Kaligesing, Puskesmas Rawat Inap Kaligesing.

Terus hingga bertemu pertigaan. Kamu akan belok kanan, mengarah ke Jl Kaligoro (arah Jembatan PALPITU). Kembali jalan penuh tikungan. Jika bertemu Jl Donorejo, berarti, lokasi Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo sudah dekat.

Untuk rute dari Perempatan Raya Purworejo, bila kamu diarahkan Google Maps, belok kanan, maka masuk Jl Soekarno Hatta. Jalanan menuju arah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Tjokronegoro.

Nanti belok kiri kalau sudah bertemu Simpang Bosco. Susuri Jl Nasional III (Jl Purworejo Jogja), dan menyeberang (belok kiri) arah Jembatan Cungkung Borowetan.

Ikuti Jl Jembatan Borowetan arah Makam Cungkung. Kendaraan melaju saja ke Lapangan Boro wetan, hingga masuk Gg Mandungan Majan. Jika bertemu pertigaan, belok kanan masuk Gg Anggrek (arah Berkah Pancing di Jl Semawung).