Cara Menuju Pattaya dari Don Mueang Airport

PATTAYA merupakan salah satu kota resor pantai terbesar di Asia dan kota kedua paling banyak dikunjungi di Thailand setelah Bangkok. Kotanya terbagi menjadi tiga area utama, yaitu Naklua, Pantai Pattaya dan Jomtien.

Perkembangan kota Pattaya ini sangat pesat, terlebih di daerah Jomtien-Sattahip yang penuh dengan atraksi wisata yang tersebar di kanan-kiri Jalan Sukhumvit-Moo, Na Jomtien.

Kota ini sebetulnya punya bandara sendiri. Namanya U-Tapao Airport. Lokasinya di Sattahip, 30 km dari Pattaya. Sayangnya, konektivitasnya terbatas ke beberapa tujuan.

Sebagian besar traveler atau backpacker mendarat di Suvarnabhumi Airport atau Don Mueang Airport. Jarak Pattaya dengan Suvarnabhumi Airport kurang lebih 120 km 160 km atau 90 menit perjalanan.

Jarak Pattaya dengan Don Mueang Airport lebih jauh lagi. Kurang lebih 160-an km, dengan asumsi perjalanan menggunakan Rute 7. Kalau tidak macet bisa 1 jam 54 menit atau 2 jam.

1. Cara termurah ke Pattaya, dengan naik moda transportasi Airport Shuttle. Murah, sekitar Rp 60.000-an tapi perjalanan bisa mencapai 3 jam 45 menit sampai 4 jam. Kenapa?

Tidak ada direct bus ke Pattaya. Kamu harus menempuh dua langkah. Pertama, naik Airport Shuttle dari Don Mueang Airport ke Suvarnabhumi Airport. Bus tersedia satu setiap satu jam sekali. Tak perlu khawatir : gratis.

Kamu akan turun di terminal bus Suvarnabhumi Airport. Jalan sedikit, 4-5 menit (300 meter) untuk langkah kedua : naik bus jurusan Suvarnabhumi ke Pattaya. Kalau yang ini tidak gratis. Bisa juga naik taksi, kalau mau.

2. Cara termurah lainnya juga naik bus tapi bukan Airport Shuttle. Dari Don Mueang Airport kamu ambil bus jurusan ke Mo Chit Station (Terminal Utara di Bangkok). Bus A1 (warna oranye) di Level 1, dekat Exit Door 6, tersedia setiap 30-40 menit sekali.

Kalau tidak salah, skedul bus, yang pertama berangkat pukul 04.30 dan bus terakhir berangkat pukul 22.00 waktu setempat. (Tolong dicek, mungkin sekarang, bisa sampai pukul 00.00). Durasi perjalanan dari Mo Chit ke Pattaya kurang lebih 2 jam 30 menit, tergantung situasi lalulintas gaes.

Don Mueang Airport-Mo Chit : naiknya Bus A1, harga tiket 30 Baht. Dari Mo Chit, tinggal cari bus jurusan Pattaya, ada di area Mo Chit New Van Terminal. Minivan berangkat setiap 30 minutes. Harga tiket 119 Baht. Total Don Mueang-Pattaya : 149 Baht.

Ojok sampek keliru gaes. Hati-hati, jangan sampai ketiduran. Tempat turun kamu bukan di Stasiun Mo Chit, tempat BTS beroperasi ya. Kamu turun di halte berikutnya yang disebut Stasiun Bus Mo Chit (Mo Chit Bus Station).

Di sini, kamu akan menemukan bus Pattaya. Memang namanya agak mirip, tapi ada jarak 2 km di antara kedua halte. Lumayan to nek mlaku. Sikilmu isok mlicet. (Kamu bakalan capek jalan).

Catatan kecil lainnya, Bus A1 ini kadangkala harus lewat jalan tol (Toll Express Way) kalau pas jam-jam sibuk. Yang penting lagi, bus ini tidak cocok buat kamu yang bawa tas besar-besar. Kalau bawa ransel atau koper besar, sebaiknya beli dua tiket tempat duduk gaes.

Kalau budget kamu berlebih, ingin nyaman, atau bersama beberapa orang, barangkali boleh pakai opsi naik moda transportasi taksi. Lebih cepat, dari Don Mueang Airport ke Pattaya, mungkin 120 menit. Biaya kurang lebih 1.500 Baht.

Taksinya menggunakan argo kok gaes. Kalau tidak mau menjalankan taximeter, ya, tidak usah naik. Taksi di Bandara Don Mueang tidak memiliki tarif flat untuk Pattaya, sebaliknya, berdasarkan jarak.

Jadi, hitungannya dari tarif akhir dari perjalanan, yang tentu, tergantung pada tujuan kamu di Pattaya. Siapkan uang lebih 50 Baht untuk biaya tambahan bandara, karena langsung ditambahkan ke total tarif kamu.

Catatan kecil, selalu simpan ya gaes,  tiket taksi kamu, buat jaga-jaga kalau harus komplain atau terjadi sesuatu. Bawa peta atau alamat tertulis dari tempat menginap di Pattaya, biar tidak salah rute.

Kalau sopirnya baik, dia akan memberikan gambaran besarnya biaya perjalanan langsung naik taksi dari Don Mueang Airport ke Pattaya. Ancar-ancar atau perkiraan. Tapi, semua tergantung taximeternya. Happy traveling gaes. (*)

Tinggalkan Balasan