Ini Syarat Vaccinated Travel Lane (VTL) untuk Masuk Singapura

SINGAPURA resmi meluncuran Vaccinated Travel Lane (VTL). Aplikasi untuk perjalanan melalui jalur VTL ini akan dimulai 22 November 2021, dan wisatawan yang telah divaksinasi penuh dari Indonesia dapat berkunjung ke Singapura tanpa karantina mulai dari 29 November 2021.

Hal ini merupakan bagian dari strategi Singapura yang secara bertahap membuka pintu kembali sehingga para wisatawan yang telah divaksinasi dapat mengunjungi Singapura, baik untuk berlibur atau berbisnis.

Untuk memasuki Singapura di bawah skema VTL, wisatawan harus memberikan bukti vaksinasi lengkap, wajib menjalani tes PCR yang diperlukan dan melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes PCR diumumkan.

Sebelum keberangkatan ke Singapura, para wisatawan berada di satu atau lebih dari negara yang masuk daftar VTL, dalam 14 hari terakhir, dan hanya menggunakan penerbangan khusus VTL (VTL flights) ke Singapura dari Jakarta.

Aplikasi dan informasi terkait mengenai VTL dapat diakses pada situs https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/requirements-and-process. Semua wisatawan yang memasuki Singapura harus mematuhi persyaratan VTL yang berlaku, yaitu:

1) Travel History
Wisatawan VTL harus tetap berada di satu atau lebih negara VTL dalam 14 hari terakhir berturut-turut sebelum keberangkatan ke Singapura.

2) Testing
Semua wisatawan harus mengikuti dua kali (2) tes PCR COVID-19 berikut ini (kecuali anak-anak berusia 2 tahun ke bawah tidak diwajibkan untuk menjalani tes ini).

a) Pre-Departure Test menunjukan hasil negatif PCR atau Antigen Rapid Test/ART dalam waktu 2 hari sebelum berangkat ke Singapura.

b) On Arrival test di Changi Airport dan tetap melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes dikonfirmasi negatif.

3) Vaccination
Semua wisatawan VTL harus telah divaksinasi lengkap dua dosis sesuai standar dari WHO Emergency Use Listing (EUL) yang bisa di cek di link:  https://safetravel.ica.gov.sg/health/vtsg.

a. Menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindung (untuk yang divaksinasi di Indonesia), aplikasi TraceTogether atau HealthHub (untuk yang divaksinasi di Singapura), atau bukti vaksinasi lain yang dapat diterima yang tercantum di situs web SafeTravel (bagi yang tidak termasuk dalam kategori di atas)

b. Anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang tidak divaksinasi pada tahun kalender saat ini dapat memasuki Singapura dengan VTL, tetapi mereka harus mematuhi semua ketentuan VTL lainnya dan didampingi oleh wisatawan VTL yang divaksinasi lengkap.

4) Designated VTL Flights
Wisatawan yang bepergian ke Singapura harus dengan penerbangan VTL yang ditunjuk. Ataupun mereka dapat transit melalui negara VTL lain untuk mengambil penerbangan VTL yang ditunjuk ke Singapura.Mohon di cek kembali dengan maskapai penerbangan mengenai jadwal penerbangan pesawat VTL. Cek di sini: https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/faq#Flight.

5) Other Requirements
a) Harus mengajukan Vaccinated Travel Pass (VTP) paling tidak 7-30 hari sebelum tanggal keberangkatan yang bisa di akses di link ini: https://safetravel.ica.gov.sg/arriving/overview.

b) Wajib memiliki Asuransi Perjalanan untuk perawatan medis terkait Covid 19 di Singapura dengan perlindungan minimal SGD 30.000 dari perusahaan asuransi yang berbasis di Singapura atau luar negeri. Cek di sini: https://safetravel.ica.gov.sg/health/travelinsurance.

c) Warga Negara Non-Singapura (SC)/Penduduk Permanen (PR) perlu mengajukan Visa Perjalanan Bervaksinasi (VTP). Aplikasi VTP akan dimulai 22 November 2021. Mereka juga harus membeli asuransi perjalanan dengan pertanggungan minimum S$ 30.000 untuk biaya perawatan dan rawat inap terkait COVID-19 di Singapura sebelum melakukan perjalanan.

d) SC dan PR yang kembali yang telah divaksinasi lengkap tidak perlu mengajukan VTP.

e) SC dan PR yang tidak divaksinasi, serta Pemegang Tiket Jangka Panjang (LTPH) yang telah menerima persetujuan masuk, masih dapat melakukan perjalanan ke Singapura dengan penerbangan yang tidak ditentukan VTL. Namun, mereka akan dikenakan SHN dan persyaratan pengujian.

f) Wisatawan dapat melakukan isolasi mandiri sambal menunggu hasil PCR Test di fasilitas di Residential Accommodation misalnya tempat tinggal sendiri/Apartemen atau di Non Residential Accommodation seperti hotel atau serviced apartment yang dapat mengakomodasi tamu yang melakukan isolasi mandiri dan dalam pengaturan VTL. Ini adalah daftar hotel yang menerima wisatawan VTL yang dikelola oleh Singapore Hotel Association. Cek di sini: https://www.sha.org.sg/vaccinated-travel-lane.

g) Harus melakukan pendaftaran dan pembayaran di muka untuk on Arrival Test COVID-19 di Changi Airport melalui link ini. Cek di sini: https://safetravel.changiairport.com/arrivalswabtest/en.html#/

h) Harus melakukan pengisian SG Arrival Card dan Health Declaration 3 hari sebelum keberangkatan secara online melalui link ini: https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/

i) Wisatawan harus mengunduh dan mendaftar di aplikasi TraceTogether yang bisa di download di Google Apps atau Play Store.

Untuk informasi lebih detail bisa di lihat di link ini:  https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/travel-checklist

1 thought on “Ini Syarat Vaccinated Travel Lane (VTL) untuk Masuk Singapura

  1. Nda sesederhana itu sih mau pake VTL ke SIN. Basically begini +- skema masuk dr Jakarta ke Singapore dengan program VTL: (Syarat utama harus sudah di vaksin full (2x) atau 1x utk yg johnson n johnson, dan sementara ini QR sertifikat vaksinnya kudu terbitan SIN atau negara tempat pesawat VTL ini berangkat. Jadi tidak bisa vaksin di US apply VTP buat VTL ex CGK, vv)

    1. Apply VTP (request tgl yg inginkan, nanti dikasih leeway 6 hari di sekitar tgl itu. Tp kalau VTP nya ditolak ya nda bisa brangkat. VTP ini ada quota hariannya)
    2. Pswt dr CGK ke SIN harus SQ953 yg jam 8:25AM yg ada logo VTL nya. Penerbangan SQ lainnya dan maskapai lain tidak termasuk. Ikut penerbangan lain, ya karantina nyampe SIN nya.
    2. Beli asuransi yg bisa cover s/d 30rb USD (make sure cover covid. Dan medical expenses di spore)
    3. Per websitenya SQ sblm brkt dr jkt boleh pcr atau antigen
    4. Sampe spore tes PCR lagi biaya 160 dolar
    5. Kl negatif bisa stay di spore s/d 30 hari
    6.sblm pulang PCR lagi di sin $160.
    7. Karantina di Jakarta. Per hari ini karantina 3 hari di jkt. Bisa berubah2 tergantung kebijakan pemerintah indonesia

Tinggalkan Balasan