Transportasi di Polandia

PRATIWI W Wahyuni adalah teman admin mo-trans yang sekarang tinggal di Polandia. Gara-garanya, karena mendapat beasiswa setelah lulus dari Stikom Surabaya dan Magister Manajemen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dia termasuk perempuan yang beruntung karena mampu melanjutkan pendidikan di Polandia.

Kebetulan admin mo-trans pernah mengajarinya menulis, dan kini dia memang termasuk aktif menulis dan menjadi perwakilan PPI di Polandia. Sudah banyak tulisannya, termasuk mengenai transportasi di Polandia yang di-share di grup komunitas, yang kami ikuti : backpacker dunia.

Perkenalkan kami mahasiswa yang kuliah di Polandia, mau menjelaskan mengenai sistem transportasi di Polandia. Foto yang ada di halaman blog ini, di belakang saya dan teman-teman itu, adalah bus favorit mahasiswa : Polskibus.

Saya lihat-lihat di banyak grup traveller, jarang sekali yang main ke Polandia. Jadi saya coba jelaskan bagaimana cara menjelajah Polandia menggunakan jalur darat dan udara. Sistem transportasi di Polandia ini sudah terintegrasi dan teratur.

Transportasi di Polandia ada beberapa macam yaitu dalam kota, luar kota, dan ke luar negara. Semua sistem transportasi di Eropa hampir sama. Semua tiket dapat dibeli on the spot, tetapi saya sarankan untuk tetap beli online jauh-jauh hari, untuk memastikan ketersediaan kursi dan menghindari kenaikan harga.

Harga transportasi di Polandia dibagi menjadi dua, yaitu harga normal dan harga diskon (reduced ticket). Harga diskon ada bermacam-macam, contohnya untuk orang tua dan untuk pelajar full-time study.

Yang bisa mendapatkan diskon pelajar sebanyak 51% adalah semua pelajar dengan batas umur 26 tahun, dan pelajar S3 dengan batas umur 35 tahun. Bila ingin membeli tiket dengan status pelajar, cukup bilang “ulgowy bilet” (dibaca: ul-go-wi-bi-let). Setahu saya, yang tidak ada diskon pelajar cuma Polskibus dan Modlin Bus.

Aplikasi transportasi yang wajib digunakan saat di Polandia adalah “Jakdojade.” Aplikasi ini lengkap dengan map (seperti Google Maps) lengkap disupport dengan GPS. Saya sarankan jangan menggunakan Google Map karena tidak update, lebih baik gunakan “Jadkojade.”

Transportasi dalam Kota
Tiket transport dalam kota bisa dibeli di vending machine dan di toko-toko. Beberapa transportasi juga menyediakan vending machine di dalamnya. Satu tiket bisa untuk tram, metro, dan bus dalam kota semua sekaligus.

Tiket bisa dibeli berdasarkan kebutuhan, contohnya 20 menit, 40 menit, 1 hari, dan lain-lain. Jadi, selama penggunaan itu usahakan jangan lebih menitnya, karena nanti kena denda banyak kalau ketahuan petugas.

1. Metro : Hanya Warsaw yang mempunyai Metro.
2. Tram : Ini adalah transportasi yang populer karena paling cepat setelah Metro. Semua kota besar terdapat tram. Transportasi ini menghubungkan beberapa daerah di dalam kota. Biasanya, relnya melintasi jalan, sehingga pengendara mobil harus berhati-hati bila berjalan beriringan dengan tram.

3. Bus : Hampir semua kota di Polandia terdapat bus. Jalur bus ini biasanya lebih banyak dari pada tram. Bus biasanya menjadi pengganti tram bila ada daerah yang tidak dilewati jalur tram.
4. Taksi : Pasti semua tidak asing dengan taksi.

Transportasi antarKota
Transportasi untuk luar kota bisa menggunakan Bus, Kereta, atau Pesawat. Kecepatan bus dan kereta tidak sama. Terkadang lebih cepat bus, dan terkadang lebih cepat kereta.

1. Bus : Bus antar kota, bahkan antar negara bisa dipesan lewat internet, atau on the spot. Atau kalau lancar berbahasa Polandia, bisa langsung pesan On The Spot di terminal dan memilih sendiri bus yang diinginkan. Bus ada bermacam-macam, ada bus lokal, dan ada juga bus dari brand negara tetangga.

Bus lokal yang terkenal di kalangan mahasiswa adalah Polskibus, bisa dicek di sini. Bus ini menghubungkan beberapa kota di Polandia, dan bahkan sampai kenegara tetangga seperti Latvia, Jerman, Ceko, dan sebagainya. Ecolines juga bisa menjadi pilihan.

2. Kereta : Kereta di Polandia dibagi menjadi dua :
Pertama : InterRegio. Ini adalah kereta yang menghubungkan kota di dalam provinsi. Tiket kereta InterRegio bisa dibeli sini. Kedua : Intercity. Ini adalah kereta yang menghubungkan semua kota di Polandia.

Kereta Intercity dibagi menjadi 3 macam berdasarkan kecepatannya, yaitu TLK, IC, dan EIP. Meski kecepatan berbeda-beda, tetapi harga tetap sama. Tiket bisa dibeli di sini.

3. Pesawat : Ada beberapa Airlines dari Polandia, tetapi yang termurah menurut saya adalah milik luar Polandia seperti Ryan Air. Terkadang harga dari Wrocław ke Warsaw lebih murah pesawat dari pada kereta atau bus.

Airport Transfer
1. Airport di Warsaw ada dua, yaitu Chopin (WAW) dan Modlin (WMI). Untuk pesawat-pesawat mahal, biasanya landing di Chopin, termasuk Wizz Air. Untuk ke Centrum (tengah kota).

Transport dari dan ke Chopin International Airport (WAW) menggunakan Metro nomor S2 atau Bus nomor 175 selama 45 menit.

Ryan Air biasanya landing di Modlin. Untuk ke Centrum (tengah kota), transport dari dan ke Modlin (WMI) menggunakan modlinbus, bisa dipesan di website ini.

2. Kraków : Untuk ke tengah kota dari dan ke Airport bisa menggunakan bus dengan nomor 292 atau 208 selama 45 menit.
3. Wrocław. Untuk ke tengah kota dari dan ke Airport bisa menggunakan bus dengan nomor 406 selama 1 jam.

Dan masih banyak lagi, semua bisa dicek di aplikasi “Jakdojade.”

Transportasi ke Luar Negara
Transportasi ke luar Polandia yang menjadi pilihan mahasiswa-mahasiswa di sini adalah Ryan Air, Ecolines, dan Polskibus. Eurolines juga bagus tetapi agak mahal. Untuk pencarian pesawat jarak jauh yang murah bisa dicek atau beli di sini (bahasa Inggris) atau di sini (bahasa Polandia).

Sekian penjelasan dari saya. Bila ada yang tidak dimengerti atau lagi kesasar, boleh hubungi saya.. Saya juga menerima tambahan informasi dari teman-teman, mohon koreksinya. Terima Kasih

Teman backpacker lain, Agnetha Evelyta menuturkan liburannya, selama dua hari di Krakow, bersama 4 teman cewek. Hasilnya, semua sepakat, Krakow adalah salah satu kota yg paling cantik di Eropa dengan kastil-kastilnyanya yang luar biasa

“Plus kalo suka dengan sejarah, seperti perang dunia, harus banget ke sini, bisa melipir ke camp konsentrasi di Auschwitz-Birkenau. Naik polskibus dari Berlin ke Krakow (bus malem), nyaman dan tepat waktu. Will definitely explore Krakow and Warsaw in my next trip,” katanya.

Sementara itu, Chris Henry menanyakan, kalau dirinya dari munich hendak ke Bukowina/zakopane, enaknya darimana, yang murah naik Megabus ke Berlin dan berlanjut dengan Polskibus untuk ke Zakopane. “Mungkin ada alternatif lain,” ujarnya.

Pratiwi menjawab, biasanya untuk rute schengen, kami pakai ryanair karna sering promo, nanti landing di Krakow. Megabus lanjut polskibus juga bisa, tapi nanti lama di jalan. Tapi kalau punya banyak waktu, nggak masalah naik bus.

Untuk menuka valas, Pratiwi menyarankan lebih baik menukarnya setiba di Polandia, supaya jatuhnya lebih murah. “Bisa cari di Google kata kunci “Kantor”. Itu artinya tempat money exchange,” paparnya. (*)

Tinggalkan Balasan