Ini Contoh Itinerary Perjalanan 5 Hari ke Jepang

Entrance Fee Koishikawa Korakuen Gardensebesar JPY 300. Sebenarnya Koishikawa korakuen Garden lumayan cantik, tapi sayangnya saya datang di saat yang kurang tepat, karena belum peak autumn. Sebagian besar daunnya masih hijau.

Ketika hampir pukul 15.00, perjalanan saya lanjutkan ke Ikebukuro. Cara menuju Ikebukuro (Tokyo Metropolitan Theatre). Dari Korakuen Station, naik subway “Marunouchi Line” to Ikebukuro Station, lalu keluar exit Tokyo Metropolitan Theatre. Design architecture building yang cukup menarik.

Entrance fee-nya gratis, exhibition-nya umumnya berbayar. Tapi, saat saya kesana ada pertunjukan melukis dari pelukis lokal dan itu gratis, bisa ditonton saat itu juga. Saya hanya sebentar di sini, lalu keluar explore area Ikebukuro yang merupakan salah satu kota besar di wilayah Tokyo. Lalu melanjutkan perjalanan ke Roppongi.

Cara Menuju Roppongi (Roppongi Hills City View Observatory dan Mori Art Museum)
Dari Ikebukuro Station naik subway Marunouchi Line ke Ginza Station atau Kasumigaseki Station, lalu transfer Hibiya Line menuju ke Roppongi Station, lalu keluar exit Roppongi Hills. Saya sampai pukul 16.30. Kebetulan saya sudah booking tiket via klook (Rp 180.000, cukup murah, karena normalnya pembelian on the spot JPY 1800).

Saya langsung ke Roppongi Hills City View Observatory via jalur khusus (by-pass antrean manual yang cukup panjang). Sampai di atas, tepat waktu sebelum sunset (pukul 17.00), sehingga saya masih sempat mengambil foto Tokyo Tower sebelum sunset dan setelah langit gelap. Tiket sudah termasuk entrance fee ke Mori Art Museum yang terletak di gedung yang sama.

Cara Menuju Tokyo Tower
Karena sudah pukul 19.00, saya melanjutkan perjalanan ke Tokyo Tower. Dari Roppongi Station naik subway “Hibiya Line” menuju Kamiyocho Station, lalu cari exit kearah Tokyo Tower dan dilanjutkan jalan kaki sekitar 500 meter ke Tokyo Tower. Tiba di dekat Tokyo Tower, saya sempatkan mengambil beberapa foto Tokyo Tower di malam hari dari beberapa lokasi di sekitar Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Akihabara.

Cara Menuju Akihabara
Dari Kamiyocho Station naik subway “Hibiya Line” menuju Akihabara Station. Sampai di Akhihabara pukul 20.30. Cukup menyenangkan mengeksplor Akihabara. Bayangan saya, Akihabara identik dengan toko elektronik & AKB 48, ternyata banyak juga yang bisa dilihat di sini.

Ada cosplayer. Toko-toko yang menjual manga, anime figure, game arena, pachinko dan sebagainya. Ada juga beberapa orang yang mengendarai gokar sambil mengenakan kostum Super Mario Bros. Selama 90 menit saya habiskan di Akihabara sebelum kembali ke Asakusa.

Cara Menuju Asakusa (Sensoji Temple)
Dari Akihabara Station naik subway Hibiya Line menuju Ueno Station, lalu transfer “Ginza Line” menuju Asakusa Station, dan dilanjut jalan kaki ke Sensoji Temple yang tidak sempat saya kunjungi malam sebelumnya. Sensoji Temple terlihat cantik di malam hari, dan kebetulan lumayan agak sepi meski tetap ramai pengunjung meski sudah lewat pukul 22.30. Setelah puas mengambil beberapa foto di Sensoji Temple, saya berjalan kaki ke Hotel 3000 Asakusa Honten untuk beristirahat.

Hari 3: Minggu, 27 Oktober 2019
Nyaris melewat breakfast karena bangun kesiangan, tapi bisa sarapan sebelum ke Zojoji Temple. Cara menuju Zojoji Temple, dari Hotel 3000 Asakusa Honten, jalan kaki ke Asakusa Station, lalu naik subway Asakusa Line ke Daimon Station, kemudian jalan kaki 15 menit menuju Zojoji Temple.