Wisatawan Asing Menginap Lebih Lama di Indonesia

Di Indonesia, 12 sumber pemesanan hotel teratas pada tahun 2023 berdasarkan total pendapatan yang dihasilkan oleh pengguna platform SiteMinder adalah:

1. Booking.com
2. Agoda
3. Expedia Group
4. Situs web hotel (direct bookings/pemesanan langsung)
5. Traveloka
6. Hotelbeds
7. Luxury Escapes
8. Tiket.com
9. Trip.com
10. DidaTravel
11. MG Bedbank
12. Global distribution systems

Bradley menambahkan, meskipun data menyoroti bahwa tren pariwisata tradisional telah kembali ke Indonesia dalam berbagai hal, namun penting untuk diketahui bahwa perilaku pengunjung juga telah berubah. “Untuk properti lokal, hal ini mungkin dapat dilihat dengan jelas dari cara wisatawan memesan kamar di tahun 2023,” paparnya.

Pemesanan melalui situs web hotel naik ke posisi tertinggi sebagai revenue-generating channel bagi hotel-hotel lokal tahun lalu, yang menunjukkan bahwa para pengunjung merasa lebih nyaman untuk memesan penginapan melalui situs web lokal.

Berkembangnya Luxury Escapes juga menunjukkan keinginan di antara banyak wisatawan untuk mendapatkan penawaran paket dalam kondisi ekonomi saat ini. “Seiring dengan beragamnya jenis dan preferensi tamu, para pengusaha perhotelan harus tetap dinamis dalam menjalankan bisnisnya dan semakin strategis dalam hal pemasaran dan penjualan kamar secara online,” pungkasnya.

Laporan SiteMinder’s Hotel Booking Trends tersedia di sini. Para pelaku bisnis perhotelan lokal juga diundang untuk menghadiri webinar pada 27 Februari 2024, di mana temuan-temuan dari laporan ini akan dibahas secara mendalam. Para pengusaha perhotelan dapat mendaftar di sini. (*)

Tinggalkan Balasan