Cara Menuju Cappadocia untuk Menikmati Atraksi Naik Balon Udara

MAU menikmati atraksi balon udara di Cappadocia, Turki? Bagaimana cara menuju ke tempat itu? Admin mo-trans mencoba untuk memberikan sejumlah pilihan. Destinasi ini memang menarik banyak orang. Hampir 2 juta orang mengunjungi Cappadocia setiap tahunnya.

Cappadocia (Kapadokia) bolehlah disebut salah satu karunia alam buat Turki. Kota kecil ini berada di kawasan Anatolia timur, di dataran tinggi yang dikelilingi bentang alam unik. Cappadocia merupakan tempat romantis, cocok buat bulan madu (honeymoon).

Atraksi primadonanya hot air balloon, paling paling laris di Cappadocia. Naiknya di Goreme National Park. Kamu dapat melihat keindahan Cappadocia dari atas udara saat matahari terbit. Ada pula Gerome Open Museum, bisa menyusuri komplek gereja kuno (dipahat di perbukitan) dan biara yang eksis sejak abad 3 dan 4.

Sebagai catatan, bagi kamu yang naik pesawat, meski Cappadocia dapat diakses dengan bus dan kereta api, cara tercepat dan termudah, tetaplah dengan naik pesawat. Cappadocia memiliki dua bandara : Kayseri Erkilet Airport (ASR) di Kayseri dan Nevsehir Kapadokya Airport (NAV) di Gülsehir.

Dari Istanbul, Turkish Airlines melayani rute untuk dua bandara itu dari Istanbul Atatürk Airport dan Sabiha Gökçen Airport. Pegasus Airlines hanya terbang dari Sabiha Gökçen. Perkiraan biaya $25 sekali jalan atau $50 roundtrip (PP). Kadang ada promo murah kalau terbang langsung pulang pergi (PP) itu.

Beberapa perusahaan melayani antarpenumpang yang mendarat di bandara ek tujuan akhir Goreme dan kota-kota lain di Cappadocia. Sayangnya, kamu harus booking dulu. Kalau tidak, ya nggak bisa naiklah, kecuali ada kursi yang kosong. Asumsikan saja tidak bisa, jadi cek lagi, biar nyaman, untuk bookingnya.

Cappadocia Exclusive Travel menawarkan biaya booking €10, untuk rute dari Kayseri Airport ke Goreme. Kalau dari Nevsehir Ariport, €8. Pengelola Helios Transfer, dari Kayseri Airport, €10 dan dari Nevsehir Ariport, €8. Pengelola Heritage Travel, dari Kayseri Airport, €15, dan Nevsehir Ariport, €10.

Setelah booking atau sebelum booking, komunikasikan nomor penerbangan kamu atau skedul kedatangan di bandara, sehingga pengelola yang menjemput kamu, siap menunggu. Ya, mungkin, sambil bawa tanda tertentu, biar mudah dikenali.

Untuk teman-teman backpacker, biaya taksi di Goreme itu mahal. Jadi, alangkah baiknya naik berombongan, share cost gitu. Tidak usah malu, kalau tidak ada satu rumpun bangsa, boleh mendekati backpacker lain. Lumayan to bisa hemat biaya. Tarif taksi dari Bandara Nevsehir itu TRY 140 atau $18-19, dan dari Kayseri itu TRY180 atau $23-24.

Kembali ke laptop, untuk menuju Cappadocia ini, setidaknya dapat berangkat dari 7 (tujuh) titik atau kota. Masing-masing rute ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, dalam hal moda transportasinya ya gaes. Jadi, saran admin mo-trans, sesuaikan dengan budget dan jumlah rombongannya. Kecuali kalau jalan sendiri, mah bebas saja.

Disclaimer : perkiraan biaya yang ada di sini, kemungkinan salah atau tidak sesuai dengan di lapangan. Ya, meski admin mo-trans mengutip dari sebuah sumber yang sahih. Kalau boleh, silakan, perkiraan biaya di sini, ditambah sendiri 5-20%. Kalau kelebihan, ya anggaplah buat alokasi beli oleh-oleh keluarga atau admin mo-trans, hehehe.

1. Istanbul-Cappadocia
Jarak Istanbul ke Cappadocia ini kurang lebih 567 km (sesuai peta ya), tapi kalau diukur dengan panjang jalan, ya sekitar 735 km. Kamu bisa menyewa mobil dan mengendarai sendiri dari Istanbul ke Cappadocia, perkiraan 8 jam 31 menit sampai tujuan.

Cara termurah menuju Cappadocia dari Istanbul adalah dengan naik bus. Biayanya kurang lebih $15 – $23, dengan durasi perjalanan 10 jam 27 menit. Ada bus malam, yang berangkat pukul 23.45 dan tiba di Goreme pukul 08.30.

Tapi, kalau kamu tergesa-gesa, cara tercepat dari Istanbul ke Cappadocia, pilihannya adalah pesawat terbang. Biaya kurang lebih $60 – $120, dengan durasi perjalanan 2 jam 45 menit. Perhitungan waktu termasuk transfer penerbangan ya.

Kalau mau menikmati perjalanan, dan kebetulan punya waktu lebih longgar, kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi dari Istanbul ke Cappadocia. Misalnya, kombinasi kereta api dan bus. Waktu perjalanan bisa sampai 10 jam, dengan perkiraan biaya $12 – $25.

Rute naik kereta api dari Istanbul ke Cappadocia, kamu harus ambil kereta cepat Istanbul-Ankara (Pendik high speed train (HST) station), lalu oper dengan kereta rute Ankara-Kayseri (Guney Kurtalan Express/Vangolu Express/Dogu Express). Kereta api berangkat sebelum tengah hari dari Ankara.

Untuk kamu yang akhirnya memilih opsi pesawat terbang, ada penerbangan dari Istanbul Ataturk Airport menuju Nevsehir Airport. Ini penerbangan langsung ya, lama perjalanannya cuman 1 jam 30 menit.

Tinggalkan Balasan