Cara Menuju Cappadocia untuk Menikmati Atraksi Naik Balon Udara

Tidak aneh, paket tur standar di Cappadocia, rata-rata menawarkan tur sehari penuh. Hanya perlu dicermati, ada tiga jenis tur utama dengan kode warna : MERAH, HIJAU, dan BIRU. Yang membedakan adalah kenyamanan layanan di antara mereka itu.

“Kami memesan tur MERAH dan HIJAU dengan dua operator terpisah, dan wow, ada perbedaan besar dalam layanan di antara keduanya,” kata teman backpacker itu kepada admin mo-trans.

Sang teman memesan paket perjalanan, Cappadocia Exclusive Travel. Pemandu yang bertugas fasih berbahasa Inggris dan memiliki wawasan luar biasa. Grup turnya kecil, tidak banyak orang. Hanya di berdua ditambah satu turis lain. Jadi, sangat nyaman dan dapat menikmati tempat-tempat yang dikunjungi.

A. Red Tour : mencakup tanah utara Cappadocia, tempat wisata utama yang paling sering dikaitkan dengan Cappadocia. Biasanya pemandangan lansekap yang menakjubkan.
Usual Price: €25-45
Tour Duration: 7 hours

B. Green Tour : mencakup area yang lebih luas di barat daya Goreme dengan pilihan perhentian beragam. Peserta dibawa dekat ke (dan bahkan di bawah) situs, termasuk turun ke kota bawah tanah dan mendaki di sepanjang Lembah Ihlara.
Usual Price: €30-55
Tour Duration: 9 hours

C. Blue Tour : membawa peserta berkeliling area selatan Goreme termasuk Soganli, dengan perhentia di Mustafapasa Greek Village, Keslik Monastery, Sobessos, Soganli Valley, Kaymakli Underground City
Usual Price: €45-55
Tour Duration: 8 hours

Sebagian besar tur bersama ini mulai berangkat pukul 09.00-10.00, sehingga peserta punya cukup waktu untuk naik Hot Air Balloon Tour, dan langsung kembali hotel. Ada 25 operator balon dengan ratusan balon, jadi tidak perlu khawatir tidak kebagian.

Kalau ditanya mau pesan operator yang mana? Jawabannya tidak akan tepat semua. Kenapa? Karena jangkauan operator ini sangat luas, dan mereka tidak tidak menjual barang yang sama. Beberapa menawarkan tur 60 menit, lainnya 90 menit. Operator lain sebatar terbang balon saja, yang lainnya menyediakan makanan gratis, atau sarapan prasmanan.

Jadi, sebelum memesan paket tur balonnya, sebaiknya pastikan, kita mendapatkan fasilitas apa saja. Soal rate (harga) naik balon, secara umum : naik balon 60 menit (€120-170), 90 menit (€200-250). Teman backpacker admin mo-trans, merekomendasikan Royal Balloon.

Operatori ini menawarkan terbang dengan balon selama 60 menit, dengan harga €140, sudah termasuk : jemput antar ke penginapan ( hotel), 60 menit naik balon, open breakfast buffet, minuman dan buah setelah terbang, dan sertifikat serta medali sebagai ‘penghargaan’ ikut tur.

Contoh Itinerary Cappadocia 3D/2N
1. Perkiraan biaya kemungkinan bisa berbeda untuk setiap orang.
2. Tergantung musim, peak season atau bukan.
3. Pick up time for hot-air balloon : pukul 04.30 (musim panas) dan pukul 07.00 (musim dingin). Targetnya memang lihat matahari terbit (sunrise).

Day 1 : ARRIVAL + RED TOUR
07:50am – Arrival in Cappadocia
08:30am – Shuttle to Hotel, €8
09:10am – Hotel check-in or baggage drop
09:30am – Begin Red Tour, €45
05:30pm – Sunset viewing (time changes depending on season)
07:00pm – Dinner, 25TL
09:00pm – Back at hotel

Day 2 : HOT AIR BALLOON + GREEN TOUR
05:00am – Wake up
06:00am – Hot Air Balloon Tour, €160
09:30am – Begin Green Tour, €55
08:00pm – Dinner, 25TL
09:30pm – Back to Hotel

Day 3 : FREE TIME, DEPARTURE
09:00am – Wake up
11:00am – Check out, leave bags
12:00nn – Lunch, 25TL
02:00pm – Walk around Goreme, souvenir shopping
04:30pm – Leave for airport, €8
05:40pm – Arrival at airport
07:35pm – Flight

Keterangan : waktu tentatif, silakan ubah sendiri, menyesuaikan jadwal penerbangan, baik kedatangan dan keberangkatan.

Sekadar mengingatkan, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Tak masalah mengenakan celana pendek demi kenyamanan, kecuali saat kamu mengunjungi masjid.

a. Di Turki, sebagian besar warganya mengenakan pakaian ‘smart casual’, gaun musim panas berlengan atau atasan berlengan dan rok untuk wanita, kemeja lengan pendek dan celana panjang untuk pria. Alas kaki bisa berupa sepatu atau sendal.

b. Untuk kamu dengan budget terbatas, kebab sedikit banyak dapat menutup rasa lapar. Makanan ini murah dan populer di Cappadocia.
c. Coba cari makan malam di tempat atau rumah warga, biar harganya lebih murah.
d. Mau kasih tips, terserah. Kalau merasa layanan kurang bagus, ya tidak usah. Kalau suka, bisa kasih tips (uang) untuk pemandu (guide) : TRY 20-30 (20-30 Lira Turki) atau $2.6-3.9.

Horseback Riding di Cappadocia
Red Valley Hiking and Underground City Tour
Half Day Morning Jeep Safari Tour dengan Makan Siang di Cappadocia
Green Tour with Trekking in Ihlara Valley
Hot Air Balloon Flight in Cappadocia

Tinggalkan Balasan