Cara Menuju Pantai Batu Karas di Pangandaran

PANTAI Batu Karas masuk wilayah Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, kurang lebih 40 km dari Pangandaran. Jadi, tidak jauh banget dari Pantai Pangandaran dan wisata alam Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis. Mudah sekali ditempuh dengan kendaraan pribadi, sekitar 45 menit hingga 60 menit, tergantung situasi jalanan.

Kalau di google maps, coba saja ketik alamatnya : Jl Pantai Indah, Sanghiangkalang, Batukaras, Cijulang, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394, Indonesia. Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru. Warga setempat sering menyebut Pantai Batu Karas sebagai paduan antara objek wisata Pantai Pangandaran dan Batu Hiu.

Kamu boleh melakukan aktivitas berenang, berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar, bahkan memancing di Batu Payung, sebelah barat pantai dan dapat diakses menggunakan perahu sewaan. Gelombang lautnya bersahabat. Sangat cocok untuk liburan keluarga. Anak-anak dapat bermain di tepian pantai atau sekadar jalan atau berjemur untuk menghitamkan kulit.

Meski dekat dengan Jakarta, Pantai Batu Karas memang tidak seterkenal Pantai Pangandaran. Mungkin hanya populer di kalangan komunitas surfing sebagai arena berselancar yang nyaman untuk para pemula. Jadi, tidak perlu ke Bali atau Nias. Kalau tidak mau surfing, cobalah bermain banana boat.

Untuk menuju Pantai Batu Karas, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewaan, kalau banyak ya naik bus. Kamu dapat mencapainya dari arah Pangandaran. Dari tempat ini, silakan menuju Cijulang. Tidak terlalu sulit mencapai lokasi, tersedia banyak petunjuk arah.

Kalau terpaksanya menggunakan moda transportasi umum, maka Anda harus tiba dahulu di terminal Pangandaran. Dari terminal, silakan gunakan minibus tujuan Cijulang. Dari Cijulang, ganti ojek pangkalan ke arah pantai. Kurang lebih Rp 30.000. Mungkin lebih murah bila dengan ojek online ya gaes.

Rute alternatif menuju Pantai Batu Karas : Keluar tol Cileunyi ➡ Garut Kota ➡ Jalan Garut, Tasikmalaya ➡ belok kanan ke Sukaraja ➡ Salopa ➡ Cikatomas, belok kiri dari SPBU ke arah Curug Dengdeng ➡ Tawang lurus ➡ Cimerak (masjid) ➡ belok kiri, terus ke Green Canyon/Batu Karas.

Kalau naik pesawat dan turun di Bandara Husein Sastranegara, silakan naik ojek, 900 meter ke perempatan Jl Pajajaran-Jl Abdul Rachman Saleh-Jl Aruna. Lalu, naik angkot 06 jurusan Ciroyom-Cicaheum, turun di Terminal Cicaheum. Terus naik bus Budiman rute Bandung-Pangandaran, dan turun di Terminal Pangandaran. Dari sini oper bus jurusa Cijulan dan turun di Terminal Cijulang. Tinggal naik ojek lagi ke pantainya.

Kalau turun di Bandara Kertajati, naik ojek dulu ke pertigaan Kertajati, lalu naik angkot jurusan Jatitujuh-Kadipaten (Elf), melanjutkan dengan Elf juga jurusan Cikijing, lalu naik bus jurusa Tasikmalaya dan turun di Terminal Galuh. Dari terminal ini, silakan ambil bus jurusan Cijulang, dan dari Terminal Cijulang, ganti ojek menuju pantai.

Informasi alternatif, Bus Budiman melayani Tasikmalaya-Bandara Kertajati (PP). Jadwal keberangkatan menuju Kertajati dari Tasikmalaya : 05.00, 08.00, dan 10.00 WIB. Jadwal Kertajati-Tasikmalaya : 13.30, 16.00, dan 20.00 WIB. Hotline : 0265 345 797. Harga tiket Rp 130.000.

Untuk kamu yang turun di Stasiun Kiaracondong, Bandung, silakan oper (melanjutkan) dengan kereta jurusan Kiaracondong-Banjar (Kahurian/Kutojaya Selatan/Pasundan/Serayu), dan turun di Stasiun Banjar. Naik ojek ke Simpang Hegarsari, mencegat bus jurusan Cijulang dan dari Terminal Cipulang melanjutkan ke Pantau Batu Karas dengan ojek.

Harga Tiket Pantai Batu Karas
Pejalan Kaki (1 orang) Rp 2.000
Bawa Sepeda Motor Rp 6.250
Mobil : mulai Rp 14.700
Keterangan : harga valid per Mei 2019, bisa berubah sewaktu-waktu.

Tinggalkan Balasan