Cerita Seru Saya Trip Tiga Negara di Amerika Selatan

Pagi hari kami dijemput bus, lanjut perjalanan menuju land border Argentina-Chille. Pemeriksaan di sini agak lama, terutama saat masuk lewat imigrasi Chille.  Semua penumpang harus turun dan diperiksa barang bawaannya. Tidak boleh membawa buah dan makana berbasis tumbuhan dan hewani.

Setelah itu, kami menuju Torres del Paine National Park ke beberapa View Point, antara lain : Lago Sarmiento de Gamboa, Laguna Armaga (melihat kawanan Guanacos), Lago Pehoe, Salto Grande Falls, Mirrador de Los Cuernos del Paine dan Lake Nordenskjold (trekking selama 1 jam). Selesai tur kami di drop di perbatasan Chille, dijemput shuttle bus menuju Puerto Natales. Sebagian ikut kembali ke El Calafate.

Day 17 = Sore sebelumnya, kami melakukan perjalanan dari Puerto Natales-Punta Arenas by Bus Sur (3 jam dengan tiket 11 dolar AS. Malamnya, overnight flight from Punta Arena ke Santiago by Latam. Lalu, terbang dari Santiago ke Sydney dan overnight di Sydney, Australia. Day 18 = terbang dari Sydney ke Jakarta (transit Changi, Singapura) karena menggunakan Singapore Airlines (SQ).

Catatan : selama menjelajahi Amerika Selatan ini sebagian besar saya menginap di hostel, baik kamar dorm maupun private. Total biaya penginapan selama 11 malam Rp 3,7 jutaan. Jadi, kalau rata-rata per malam sekitar Rp 330.000. Untuk total biayanya silakan dijumlahkan sendiri.

Tip : Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa trip ke Amsel tidak bisa dibilang murah, namun trip saya tidak bisa menjadi patokan. Masih dapat ditekan lagi biayanya di transportasi dan tur. Kuncinya adalah ketersediaan waktu yang fleksibel dan cukup (lama).

Kalau teman-teman memiliki waktu yang fleksible sangat memungkinkan mendapatkan tiket yang lebih murah dari trip saya. Misalnya, ambil jalur Eropa/Amerika yang lumayan sering ada promo atau penyusunan Itinerary-nya bisa lebih fleksibel sehingga bisa menghemat transportasi yang lain, misalnya dari Ushuaia ke El Calafate ganti naik bus bisa lebih hemat, yaitu 48 dolar AS, tapi durasi lebih lama (di atas 30 jam).

Atau kalaupun mau tetap naik pesawat bisa memilih pas tanggal yang harganya murah. Hal ini tidak bisa dilakukan kalau waktu kita terbatas atau tidak fleksibel. Pilihan destinasinya disesuaikan dengan minat masing-masing. Misalnya, tidak mau naik feri 30 jam, bisa diganti naik bus dari Punta Arenas ke Ushuaia selama 17 jam, biaya hanya 50 dolar AS tanpa,mampir ke Puerto Williams, jadi tak perlu bayar crossing boat yang mahal).

Untuk rute atau Itinerary bisa utak-atik sendiri sesuai kebutuhan, misalnya dari Puerto Natales langsung ke El Calafate naik bus, baru kemudian ke Ushuaia, dan sebagainya.  Tur yang saya ini tidak harus semua diambil, lebih diseleksi saja sesuai minat. Demikian sharing story saya. Semoga bermanfaat. (*)